Cara Menanam Kunyit Dalam Pot

Apakah Anda tertarik untuk menanam sesuatu di dalam pot? Anda bisa menanam kunyit dengan mudah dengan menggunakan pot. Rempah yang satu ini sering sekali digunakan untuk masakan. Daripada terus membeli di pasar, tidak ada salahnya untuk mencoba menanam sendiri. Apalagi kunyit bisa ditanam kapan saja sepanjang tahun. Anda bisa menggunakan rimpang kunyit sebagai bibitnya. Bagaimana cara menanam kunyit dalam pot? Pertama, pilihlah pot yang besar sehingga kunyit bisa tumbuh dengan mudah. Biasanya kunyit mampu tumbuh hingga lebih dari satu meter. Tanam rimpang kunyit ke dalam pot yang sudah dipilih.

 

Kemudian, isi pot dengan tanah organik yang lembab. Tempatkan rimpang kunyit sekitar 5 cm di bawah permukaan tanah. Siram pot secara menyeluruh setiap harinya pada sore hari. Jangan lupa pula untuk menempatkan pot di area yang terkena sinar matahari langsung karena kunyit membutuhkan iklim yang hangat untuk dapat tumbuh. Posisi tanaman kunyit pun juga harus diperhatikan agar tidak terkena angin. Tentunya Anda jangan lupa untuk memberikan pupuk cair serba guna atau pupuk kompos.

 

Rimpang kunyit akan bertunas setelah 30 hari. Saat sudah bertunas tentunya Anda masih tetap akan menyiram dan memberikan sinar matahari yang baik. Saat sudah bertunas biasanya akan tumbuh daun pula. Jika ada daun kuring pada tanaman kunyit, sebaiknya pangkas saja secara teratur. Dalam waktu satu bulan lebih, Anda sudah bisa mengambil kunyit dari hasil kebun sendiri.