Buat Hidup Lebih Terarah, Yuk Simak 4 Papatah Sunda di Sini

 

Masyarakat hidup dengan aturan atau nasihat yang diberikan oleh orang tua atau para leluhur agar hidup lebih terarah. Setiap daerah tentu memiliki nasihat yang berbeda beda, meskipun tujuan yang diinginkan sangat baik. Hidup di jalan yang baik membuat anda bisa bermasyarakat dan memiliki hubungan sosial yang baik. Oleh karena itu, ada baiknya pula tahu papatah sunda yang masih diturunkan ke generasi penerus hingga saat ini. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Pepeling Sunda yang Membuat Hidup Anda Lebih Bermakna

  1. Diatur Ku Jujur

Hidup ini harus diatur oleh kejujuran, sehingga manusia dapat hidup dengan baik. Melalui rasa jujur yang dibiasakan sejak dini, sikap ini tidak akan mematikan anda. Sering kali jujur itu terasa pahit, tetapi lebih baik terasa sakit daripada dibuai kebohongan. Beberapa orang mengatakan hal bohong untuk menutupi kenyataan pahit, tetapi justru ini lebih buruk daripada kematian. Jadikan kejujuran sebagai transportasi kehidupan, sehingga dapat hadiah dari perilaku ini.

  1. Dilatih Ku Peurih

Hidup tidak selamanya bahagia, sehingga harus dilatih dengan kepedihan atau kesedihan. Anda mungkin akan merasa aneh dengan papatah sunda satu ini, apabila belum memahaminya. Rasa sedih atau pedih menjadi cara yang ampuh untuk mengajarkan rasa tegar dan kuat pada diri seseorang. Begitu pula, rasa ini akan mengajarkan hakikat bahagia yang sesungguhnya kepada anda. melalui proses ini, anda juga akan belajar mengenai perjuangan dalam hidup.

  1. Disipuh Ku Karipuh

Anda tidak akan pernah merasakan hidup mudah, apabila tidak merasakan kesulitan. Hidup harus dibalut dengan kesusahan atau penderitaan, sehingga tercipta pribadi yang kuat dalam menjalani hidup. Kesulitan yang hadir tidak perlu dibenci, karena justru menjadi jalan yang tepat untuk belajar menghadapi kerasnya dunia. Sebagai manusia, hendaknya selalu meminta diberi kekuatan dalam menghadapi kesusahan bukan meminta hidup yang mudah.

  1. Ditungtun ku Santun

Etika dan kesantunan harus beriringan dan dipegang teguh dalam bermasyarakat. Orang yang memiliki sopan santun tentu akan lebih dihargai karena dapat bersikap dengan tepat. Salah satu papatah Sunda ini berasal dari ilmu yang menghasilkan tindakan yang baik dalam berbagai taraf kehidupan. Baik muda maupun tua harus saling memiliki etika dan kesantunan agar tidak terjadi gesekan sosial. Melalui sikap ini, anda juga akan lebih dihargai di masyarakat.

Nasihat yang telah turun temurun tentu memiliki nilai yang baik dan bermaksud baik. begitu pula pepeling atau nasihat yang dijadikan pedoman oleh masyarakat Sunda. Terdapat 4 hal yang dijadikan pegangan hidup bermasyarakat, yaitu hidup harus diatur oleh kejujuran, hidup harus dilatih oleh kepedihan, hidup harus dibalut kesusahan, dan harus dibimbing oleh etika dan kesantunan. Papatah dari tanah Pasundan ini memiliki makna yang sangat dalam, bukan?

Published by