Cara Mengetahui Password Wifi Di Komputer Yang Terlupakan

Lupa password wifi? Tenang saja, Anda bisa menemukannya kembali. Nyatanya, Anda memiliki beberapa alternative terkait cara mengetahui password wifi di komputer.

Cara yang dijelaskan ini bukan untuk membobol wifi orang. Melainkan hanya menyegarkan kembali ingatan Anda tentang password yang terlupa. Yakni, Anda pernah menggunakannya tetapi lupa menyimpan secara otomatis.

Atau, Anda ingin berbagi password dengan orang lain. Hanya saja, Anda lupa sehingga orang lain tidak bisa menggunakan wifi seperti Anda.

Mengenai caranya, Anda bisa memilih sesuai keinginan. Mulai dari cara manual, melalui CMD atau sampai dengan memanfaatkan router. Jika ini yang Anda cari, luangkan waktu untuk membaca ulasannya di bawah ini.

Cara Manual Untuk Mengetahui Password Wifi

Cara mengetahui password wifi di komputer yang pertama ini sering digunakan oleh seseorang. Selain cukup mudah, seseorang bisa segera menemukannya tanpa perlu menunggu waktu yang lama.

Kuncinya ialah Anda pernah terhubung ke wifi. Jika belum pernah sama sekali, sudah pasti cara ini tidak bisa digunakan. Nah, bagaimana cara Anda menemukannya?

Langkahnya dimulai dengan menekan Start dan memilih control panel. Setelah itu, pilih network and internet. Dan pilih lagi network and sharing center.

Langkah selanjutnya ialah memilih koneksi wifi. Maksudnya ialah nama wifi yang sedang anda gunakan di komputer.

Kemudian langkah lanjutannya ialah menekan nama wifi tersebut. Anda akan menjumpai pop up berisi dengan sejumlah menu. Di sini, Anda tinggal menekan wireless properties. Dan Anda akan dibawa masuk ke menu lanjutan.

Langkah selanjutnya ialah dengan memilih security. Pada bagian ini, ada beberapa menu. Anda hanya perlu mencentang show character yang berada di bawah kolom. Anda tinggal perhatikan kolom Network Security key.

Itulah password yang Anda gunakan dalam komputer. Anda tinggal memasukkan password ke komputer lain. Hasilnya, komputer lain akan terhubung dengan jaringan wifi yang sama dengan Anda.

Cara ini sebenarnya bisa diperpendek langkahnya. Anda bisa menengoknya langsung di situs charis. Situs ini membagikan berbagai informasi terkait sistem komputer. Jadi, Anda bisa menemukan apa saja yang mungkin sedang Anda cari.

Cara Mengetahui Password Wifi dengan CMD

Cara mengetahui password wifi di laptop sebenarnya bisa disederhanakan. Anda hanya perlu menggunakan CMD. CMD sendiri merupakan aplikasi yang dimiliki oleh sistem windows.

CMD ini akan membuat Anda bisa memeriksa apapun. Tentunya dengan mengetikan perintah khusus. Contohnya mematikan sampai memeriksa wifi yang pernah terhubung dengan laptop ataupun komputer.

Pertanyaannya, bagaimana Anda menggunakannya? Caranya dengan mengaktifkan CMD terlebih dahulu. Caranya tercepat ialah dengan menekan Windows + R. Lantas, ketik CMD pada kolom dan tekan enter atau OK.

Pada kotak CMD, Anda hanya perlu mengetik perintah. Khusus untuk memeriksa password wifi, perintah yang diketik adalah netsh wlan show profiles dan tekan enter. Maka, Anda akan segera menjumpai beberapa nama wifi yang pernah Anda gunakan.

Langkah selanjutnya ialah memilih nama wifi yang sedang terhubung. Caranya dengan mengetik perintah netsh wlan show profiles nama wifi key=clear serta tekan enter.

Nama wifi inilah yang perlu dirubah. Anda sesuaikan saja dengan nama wifi yang akan diperiksa. Tentunya nama yang ditemukan dalam CMD dan sedang terhubung dengan komputer Anda.

Jika Anda mengetik perintah dengan benar, hasilnya akan muncul. Silahkan periksa pada baris security setting. Tepatnya, ada sebuah password yang berada di baris Key Index. Itulah password yang telah tersimpan sebelumnya di komputer.

Cara Menemukan Password Wifi Dari Router

Sebagian orang mulai menggunakan layanan jaringan wifi di rumahnya. Router menjadi alat khusus yang wajib disediakan untuk menangkap dan membagi sinyal. Pada router inilah password sebenarnya tersedia.

Kebanyakan, orang yang memasang router ini akan menempelkan password dan SSID pada bagian bawah atau belakang router. Anda cukup memeriksanya pada router. Password ini tertulis dalam sebuah label atau stiker.

Jika tidak tersedia, Anda bisa memeriksanya pada box pembelian. Di box tersebut, cermati nomor yang dilabeli Key. Nomor itulah yang menjadi password Wifi.

Sebagai catatan, cara ini hanya bisa digunakan ketika Anda tidak merubah password pada dashboard admin. Jika Anda sudah mengubahnya, tentu Anda butuh cara lain seperti yang disebutkan sebelumnya.

Atau, Anda perlu reset router. Gunanya untuk memperbarui password. Jadi, Anda hanya perlu melakukannya ketika Anda sudah tidak menemukan cara lain.

Itulah beberapa alternative yang bisa Anda optimalkan. Coba terapkan cara mengetahui password wifi di komputer yang dianggap mudah. Jika belum berhasil, gunakan cara lain sampai berhasil.

Published by