Daftar Perusahaan BUMN Selain Pertamina

Perusahaan BUMN adalah badan usaha yang mana sebagian besar atau seluruh modalnya dimiliki oleh negara, perusahaan BUMN sendiri diatur dalam UU RI No 19 tahun 2003, perusahaan BUMN sendiri tidak hanya bergerak pada satu sector, jika Anda hanya tahu pertamina, maka daftar perusahaan dibawah ini akan menambah pengetahuan Anda mengenai perusahaan BUMN Indonesia.

Perum Antara. Yakni perusahaan BUMN yang bergerak pada bidang informasi dan telekomunikasi, jika Anda pernah mendengar antaranews maka itu adalah salah satu perusahaan BUMN. Perum Bulog. Tidak asing dengan kata bulog bukan yang memang identic dengan beras ini memang bergerak dibidang pangan Indonesia. Perum Damri. Jika Anda sering menggunakan transportasi umum bus damri maka bus tersebut berasal dari perusahaan BUMN perum damri yang bergerak pada bidang transportasi dan pergudangan. Perum Peruri. Perusahaan BUMN yang satu ini mengurusi bidang industri pengolahan. PT Adhi Karya Tbk. Perusahaan BUMN ini bergerak pada bidang konstruksi. PT Angkasa Pura I yakni perusahaan BUMN yang mengurusi pelayanan udara serta mengurusi berbagai bidang bAndar udara. PT ASDP Indonesia Ferry: meskipun sama dengan angkasa pura yang mengurusi bidang transportasi namun PT ASDP Indonesia ferry merupakan pengelola pada pelabuhan penyebrangan untuk kendaraan, barang maupun penumpang, selain itu PT asdp Indonesia ferry juga bergerak pada jasa angkutan penyebrangan.

Selain itu perusahaan Indonesia juga bergerak diberbagai bidang lain seperti PT Asuransi Jiwasraya. Siapa bilang jika PT asuransi hanya dimiliki oleh swasta, karena PT asuransi Jiwasraya merupakan perusahaan BUMN atau badan usaha milik negara yang memang bergerak pada bidang asuransi. PT Bank Negara Indonesia. BNI mungkin menjadi perbankan BUMN yang tak asing lagi, dari namanya saja sudah terlihat bahwa BNI yang bergerak pada jasa keuangan tersebut merupakan institusi bank milik negara. lalu ada PT Aneka TambangĀ  atau yang lebih dikenal dengan PT antam yakni bergerak dibidang pertambangan milik BUMN yang artinya sebagian besar sahamnya memang dimiliki oleh pemerintah yakni sebanyak 65%, sedangkan untuk kegitan yang dilakukan oleh PT Aneka Tambang mencakup penambangan, juga pengelolaan serta pemasaran yang berasal dari sumber daya mineral, dan PT antam sendiri juga memiliki kegiatan eksplorasi. Selanjutnya ada PT balai pustaka yang bergerak pada bidang penerbitan serta percetakan, balai pustaka sendiri berdiri sejak tanggal 22 SePTember 1917balai pustaka sendiri memiliki pengaruh atas majunya penerbitan buku di Indonesia, sejak tahun 1908 sudah banyak buku-buku yang telah diterbitkan baik dalam bahasa daerah maupun bahawa melayu, balai bacaan juga tel,ah ikut serta untuk membangun 2800 bacaan rakyat Selain itu masih banyak lagi perusahaan BUMN yang bergerak diberbagai sector, seperti PT Barata Indonesia, PT Berdikari, PT, Bina Karya, PT Bio Farma PT Dahana, PT Danareksa, PT Garuda Indonesia, PT Indofarma dan masih banyak lagi

 

 

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *