Beberapa Doa Umroh Yang Bisa Melengkapi Kesempurnaan Ibadah

Sebelum melaksanakan umroh, ada baiknya Anda menghafal doa umroh jauh-jauh hari. Doa ini bisa melengkapi ibadah Anda selama berada di Makkah. Dan Anda sangat direkomendasikan sesuai dengan yang diajarkan oleh baginda Rasululloh saw.

Cukup banyak doa yang bisa diucapkan oleh para jamaah. Doa ini bisa mengawal Anda di sana. Malahan bisa menjadi penyempurna dan mendukung kekhusukan selama melaksanakan umroh.

Nah, apa saja doa yang harusnya Anda lantunkan? Kami akan tunjukkan beberapa doa yang biasa dipanjatkan oleh para jamaah. Berikut ulasannya!

Apa Saja Doa Yang Dilantunkan Saat Umroh?

pixabay.com

Biaya umroh tidak semahal biaya haji. Kisaran biayanya ini memungkinkan seseorang untuk melaksanakannya di tiap tahunnya. Apalagi umroh termasuk ibadah sunah yang boleh dilakukan beberapa kali.

Sebagai bagian dari ibadah, Anda tentunya perlu menyempurnakannya. Salah satunya dengan menjalankan setiap rukunnya. Dan di tiap rukun maupun sunnahnya, ada beberapa doa umroh yang baiknya dilantunkan.

Ketika mau bertolak ke Makkah, Anda dianjurkan untuk berdoa. Doa ini mengencangkan niatan ibadah yang sesungguhnya. Yakni megharap keridloan Alloh swt.

Selain doa tersebut, Anda juga dianjurkan untuk berdoa sewaktu memulai beribadah. Yakni dengan doa niat ihram yang merupakan kewajiban. Begitu pula Anda diminta untuk berdoa ketika menggunakan pakaian ihrom.

Dan setiap kali melakukan rukun ihrom, Anda selalu dianjurkan untuk melantunkan doa-doa yang pernah diajarkan Rosululloh saw. Doa ini menjadi pelengkap ibadah, serta bisa menyempurnakan ibadah Anda di Makkah.

Doa Yang Harusnya Dihafal Jamaah Umroh

pixabay.com

Doa ini memang cukup banyak. Anda memang diminta untuk menghafalnya. Biasanya, doa ini sudah diajarkan ketika mengikuti simulasi umroh yang diselenggarakan oleh biro perjalanan umroh. Nah, apa saja doa yang perlu Anda hafal?

  1. Doa Ihrom

Doa ini cukup banyak. Yang paling utama adalah doa yang berhubungan dengan niat. Doanya adalah Labbaika Allohumma Umoratan. Artinya adalah aku menyambut seruanmu Duhai Alloh untuk melaksanakan umroh.

Doa tersebut wajib dilantunkan ketika berada di Miqot. Lantas Anda memakai pakaian ihrom dengan melantunkan doa lainnya. Lafal doanya ialah Allohumma uharrimu sya’ri wabasyari wajasadi wajimii jawaarihi min kulli syai’in haromtahu alal muhrimi abtaghi bidzalika wajhikal karim ya robbal aalamin.

  1. Doa Menjelang dan Selama Thowaf

Setelah membaca doa ihrom, Anda dianjurkan untuk membaca doa kembali. Baik itu selama perjalanan menuju makkah sampai ke makkah untuk thowaf.

Bacaan doa yang dianjurkan adalah kalimat talbiyah yang biasa dilafalkan oleh jamaah haji. Bacaan ini baiknya dilantunkan secara berulang-ulang sebagai tanda Anda berseru pada Alloh swt.

Bacaannya adalah Labbaika allohumma labbaik, Labbaika la syarika labbaik, innal hamda wanni’mata laka wal mulk, la syarika laka. Artinya adalah aku memenuhi seruanmu Ya Alloh. Aku penuhi seruanmu yang tidak ada sekutu bagiMu. Segala puji, nikmat dan kerajaan adalah milikmu dan tidak sekutu bagiMu.

Ketika akan memulai thowaf, Anda dianjurkan untuk melafalkan bismillah Allohu akbar. Lantunan doa ini dibacakan sambil menghadap ke arah hajar aswad.

Dan setiap kali mengelilingi satu putaran, jamaah dianjurkan untuk berdoa. Doanya berbeda-beda setiap kali berputar. Doa ini akan diajarkan ketika mengikuti manasik.

  1. Doa ketika Sai

Apabila mulai sai, Anda dianjurkan untuk memulainya dengan melantunkan kalimat takbir sebanyak 4 kali. Kemudian tahmid, subhanalloh yang sudah dirangkum dalam kalimat doa.

Begitu pula setiap kali berlari, setiap putaran ada doanya tersendiri. Bahkan di beberapa tempat yang ditandai, Anda disunnahkan untuk berdoa. Doanya secara lengkap akan dijabarkan oleh biro perjalanan saat simulasi dilakukan.

  1. Doa Tahalul

Selepas melaksanakan sai, rukun terakhir adalah tahalul. Pada saat memotong rambut dan kuku, Anda juga dianjurkan untuk berdoa. Doanya berisi tentang takbir, tahmid, dan puji-pujian. Kemudian doa meminta ampun atas segala dosa yang telah dilakukan.

Tips Menghafal Doa

Tidak dipungkiri bahwa doanya sangat banyak. Tidak semua doa ini bisa dihafal maupun dilantunkan. Sifatnya sunah kecuali niat ihrom, tapi sangat dianjurkan untuk dibaca untuk melengkapi kesempurnaan ibadah.

Bagi Anda yang ingin menghafalnya, cara pertama adalah hafalkan terlebih dahulu doa yang sangat penting dalam mendukung terlaksananya ibadah secara sah. Dalam hal ini, niat adalah yang utama.

Kemudian yang kedua adalah hafalkan secara urut pada masing-masing rukun. Misalnya hafalkan dulu doa ketika menggunakan pakaian ihrom seperti talbiyah, sholawat dan lain sebagainya. Begitupula doa-doa lain yang ada di dalam masing-masing rukun.

Cara yang ketiga adalah praktekkan saat simulasi. Anda bisa membuatnya sendiri. Misalnya dengan mengkondisikan sesuai kegiatan yang dilakukan.

Intinya, doa ini bisa menyempurnakan umroh Anda. Tentunya melengkapi rukun yang harusnya dilaksanakan. Untuk menghafalnya, hafalkan doa umroh jauh-jauh hari dan sesuaikan dengan kondisinya agar lebih cepat.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *