Mangga Gajah

(Mangifera Indica) merupakan buah yang berasal dari perbatasan India dan Myanmar yang sudah menyebar perkembanbiakkannya di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Bahkan, Indonesia termasuk negara yang produksi mangganya paling banyak. Sebab, pohon mangga Indonesia terkenal memiliki buah yang banyak dan pohon yang besar-besar.

Buah mangga banyak disukai ornag karena rasanya yang manis dan asam pada daging buahnya. Mangga merupakan buah yang memiliki jenis cukup banyak. Jenis buah mangga yang cukup populer di Indonesia ada mangga simanalagi, mangga arumanis, mangga indramayu, mangga gedong gincu, mangga alpukat, mangga apel, dan termasuk juga mangga gajah.

Apa Itu Mangga Gajah?

Mangga gajah atau sering juga dikenal dengan sebutan mangga mempelam adalah buah mangga lokal dengan ukuran yang relatif besar dibandingkan dengan jenis mangga lokal lainnya. Mangga gajah umumnya merupakan jenis mangga arumanis yang besar ukurannya. Karena ukurannya yang jumbo itulah mangga ini disebut sebagai mangga gajah.

Mangga jenis ini dapat tumbuh subur di dataran rendah dengan cuaca yang cukup panas. Masa panennya biasanya dimulai dari bulan Agustus hingga November dan biasanya akan berbuah dalam 3 sampai 5 tahun dari pertama kali dari dilakukannya teknik okulasi. Kalau sudah berbuah, aromanya sangat harum, rasanya manis, dan memiliki tekstur yang lembut mirip sekali dengan mangga arumanis.

Jika Anda ingin membudidayakan mangga gajah, Anda bisa mengambil bibitnya dari teknik okulasi, yaitu menempelkan sepotong kulit pohon bermata tunas dari batang atas pada suatu irisan kulit pohon lain dari batang bawah. Penanamannya harus pada suhu sekitar 30 hingga 35 derajat celcius. Media tanam yang direkomendasikan adalah menggunakan tanah humus atau tanah kompos agar hasilnya lebih optimal.

Penyinaran sepanjang hari dengan matahari langsung perlu dilakukan di awal penanamannya. Media tanam yang direkomendasikan adalah menggunakan tanah humus atau tanah kompos. Jika menggunakan pot, direkomensaikan pot berdiameter lebih dari 60 cm. Kalau sudah membesar, tinggi pohonnya sendiri bisa mencapai 500 cm lebih.

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *