Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Anti Mainstream

Untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, orang tentu harus bekerja agar nantinya mendapatkan gaji yang sesuai. Sebelum menemukan sebuah pekerjaan yang tepat, tentu kamu harus mengawali proses pencarian pekerjaan dan diikuti dengan proses penerimaan kerja yang tepat. Proses tersebut diawali dengan membuat sebuah surat lamaran pekerjaan yang tepat dan anti mainstream. Untuk itu, jika kamu tertarik untuk mencari sebuah pekerjaan, artikel ini bisa membantu kamu dalam mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.

1. Membuat surat lamaran pekerjaan yang mudah dibaca

Sebelum memasuki tahap penerimaan pekerja baru, tentu kamu harus membuat surat lamaran kerja yang sesuai. Kamu bisa membuat surat lamaran kerja dengan cara tulis tangan maupun diketik dengan menggunakan komputer. Namun, banyak juga yang mengalami kesalahan pada tahap ini. Kesalahan tersebut seperti tulisan tangan yang tidak bisa terbaca dengan jelas. Selain itu, banyak juga yang menggunakan bahasa tidak baku sehingga justru akan membingungkan ketika dibaca. Untuk itu, kamu bisa mencari contoh surat lamaran terlebih dahulu yang banyak beredar di Internet.

2. Menyertakan dokumen pendukung dengan benar

Setelah kamu menyelesaikan membuat surat lamaran pekerjaan, kamu juga harus melengkapinya dengan beberapa dokumen pendukung. Dokumen pendukung tersebut seperti salinan ijazah, salinan transkrip nilai, pas foto terbaru, curriculum vitae, dan juga sertifikat pendukung lainnya. Dengan kelengkapan dokumen pendukung tersebut diharapkan kamu bisa diterima di perusahaan tersebut karena kualifikasi yang dibutuhkan sudah kamu penuhi dengan baik.

pxhere.com

3. Tampilan surat lamaran yang menarik

Surat lamaran pekerjaan biasanya memiliki pola yang sama antara satu pelamar dengan pelamar yang lainnya. Dengan banyaknya pola yang sama tersebut, tentu membuat bagian personalia kurang tertarik untuk membaca dan memproses lamaran tersebut. Untuk itu, kamu harus bisa membuat bagian personalia tertarik untuk membaca surat lamaran kerja milikmu. Kamu bisa membuat surat lamaran kerja yang dilengkapi dengan lembar curriculum vitae lebih inovatif. Lembar curriculum vitae tersebut dapat dibuat dengan desain yang penuh warna dan memikat mata. Pastikan bahwa informasi yang diberikan mudah dicari sehingga tidak menyulitkan bagian personalua dalam membacanya. Kamu juga harus meletakan lembaran curriculum vitae tersebut berada di atas surat lamaran kerja.

4. Pastikan surat lamaran pekerjaan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan

Sebelum kamu membuat sebuah surat lamaran pekerjaan, kamu harus mencari terlebih dahulu poin yang dibutuhkan oleh perusahaan, Seringkali surat lamaran pekerjaan yang dibuat tidak mencantumkan informasi dengan jelas. Untuk itum kamu bisa menegaskan mengenai kemampuan diri kamu terlebih dahulu yang menunjukkan bahwa kamu sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

pxhere.com

5. Pastikan kamu membuat surat lamaran kerja di kertas yang baik dan benar

Membuat surat lamaran kerja tentu membutuhkan sebuah kertas sebagai media untuk menulis. Kamu harus membuat surat lamaran kerja dengan kertas yang putih dan bersih, agar saat dibaca lebih mudah. Hindari kertas yang berwarna kekuningan dan pastikan kertas tersebut tidak terlipat maupun tusak karena terkena air. Tinta yang digunakan dalam menulis juga harus berwarna gelap dan terbaca dengan jelas.

6. Hindari surat lamaran kerja dengan desain aneh

Jika sebelumnya bagian curriculum vitae dibuat dengan penuh inovasi, pada bagian surat lamaran kerja justru dibuat dengan rapi dan formal. Kamu harus menunjukkan kualitas kamu dalam bekerja yang akan tercermin pada saat kamu membuat sebuah surat lamaran kerja. Gunakan bahasa yang baku dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan pada bahasa indonesia.

7. Jangan lupa untuk memberikan tanda tangan

Setelah kamu selesai menulis surat lamaran kerja tersebut, kamu harus memberikan tanda tangan. Tujuannya adalah agar surat lamaran kerja tersebut valid dan sah secara hukum telah kamu buat. Seringkali surat lamaran kerja dicetak dengan sebuah kolom tanda tangan namun lupa untuk ditanda tangani.

pxhere.com

8. Hindari surat lamaran kerja yang hanya menyombongkan diri

Dalam membuat surat lamaran kerja tentu kamu bisa menuliskan mengenai kemampuan yang kamu miliki. Namun kamu juga harus menyadari bahwa kamu adalah pihak yang sedang mengajukan permintaan bergabung dalam sebuah perusahaan. Untuk itu, kamu hanya perlu menuliskan kemampuan yang kamu miliki sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan tersebut.

9. Menyusun surat lamaran kerja yang baik

Seringkali ketika para pencari kerja melakukan kesalahan dalam menyusun surat lamaran kerja. Kesalahan tersebut antara lain seperti susunan yang terlalu acak. Untuk itu, kamu harus perhatikan susunan surat lamaran kerja yang tepat. Susunan yang tepat yaitu diawali dengan pas foto di bagian depan, lalu curriculum vitae, surat lamaran kerja, salinan ijazah terakhir, salinan transkrip nilai, salinan kartu identitas, dan dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan.

10. Gunakan amplop yang benar

Setelah surat lamaran kerja selesai disusun yang benar, selanjutnya adalah meletakan surat lamaran kerja tersebut dalam amplop cokelat. Pastikan bahwa surat lamaran kerja tersebut bisa masuk dengan rapi tanpa ada bagian yang terlipat atau tertinggal. Kamu harus mencantumnkan posisi yang di lamar dan juga alamat perusahaan tersebut berdiri.

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *