Yuk Kenali Kandungan Kalori Alpukat Untuk Pola Diet Sehat!

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandugan nutrisi yang tinggi. Buah yang berasal dari daratan Amerika Latin dan Meksiko ini, dipercaya mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Inilah yang membuat alpukat banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan, serta diolah menjadi berbagai minuman dan makanan. Untuk mengenal manfaat alpukat lebih dalam, yuk intip kandungan nutrisi dan kalori alpukat disini!

 

Mengenal Kandungan Nutrisi Alpukat untuk Menu Diet Sehat

 

  1. Sumber vitamin dan sarat nutrisi

 

Sudah tahukah anda bahwa satu buah alpukat kaya akan nutrisi dan vitamin? Buah alpukat jenis apa saja merupakan sumber vitamin C, E, K, dan B6. Selain itu buah ini juga mengandung kalium, magnesium, lutein, asam folat, beta karoten, asam lemak omega 3, dan sejumlah nutrisi lainnya. Karena sarat akan nutrisi dan vitamin ini, buah alpukat juga sering direkomendasikan sebagai salah satu buah yang sehat dikonsumsi oleh anak anak mulai dari usia MPASI.

 

  1. Lemak sehat untuk jantung

 

Buah alpukat juga dikenal sebagai sumber lemak, karena kandungan lemaknya yang sangat tinggi. Namun lemak yang ada di buah alpukat bukanlah lemak jahat, melainkan lemak tak jenuh (oleic acid) yang menyehatkan. Kandugan oleic acid dalam buah alpukat ini bahkan diyakini mampu menurunkan resiko penyakit jantung, mengurangi inflamasi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

 

  1. Kandungan kalori alpukat

 

Perlu diketahui bahwa dalam satu setengah buah alpukat terdapat 182 kalori, yang sekitar 77 persennya berasal dari lemak sehat. Jadi, anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi buah alpukat sebagai pilihan menu diet sehat sehari hari. Jumlah konsumsi alpukat yang direkomendasikan adalah setengah atau seperempat buah setiap makan, atau tidak lebih dari satu buah alpukat dalam sehari.

 

Nah, untuk mendapatkan manfaat sehat dari konsumsi alpukat, anda sebaiknya tidak menambahkan campuran gula dan susu yang berlebihan. Beberapa pilihan menu diet sehat dengan buah alpukat, diantaranya adalah sandwich isi alpukat dan telur, smoothie alpukat, atau salad buah dengan campuran alpukat. Semua olahan alpukat ini sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Berminat mencoba diet alpukat?

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *