Contoh Ayat Ayat Alquran Tentang Sabar Dan Bertaqwa

Kesabaran adalah salah satu sifat yang harus dimiliki oleh manusia. Sebagai umat muslim bersifat buru-buru adalah hal yang sebaiknya dianjurkan untuk tidak dilakukan. Akan sangat baik ika dalam menjalankan keseharian sebagai muslim yang beriman untuk melakukan semuanya dengan sabar dan menerima segala cobaan yang terjadi dalam hidup ini dengan lapang dada. Akan ada setiap hikmah dari kesabaran yang dilakukan oleh manusia termasuk anda bisa menjadi orang yang dicintai oleh Allah karena tidak pernah mengeluh dengan segala yang anda alami di dunia ini. Namun faktanya banyak masyarakat modern yang mulai melupakan pedoman untuk selalu bersifat sabar dan justru melkukan banyak hal tanpa pikir panjang dan selalu mengeluh dengan keseharian yang mereka alami dan ini dapat disebut sebagai sifat orang yang tidak pndai bersyukur dan tidak mampu melaksanakan salah satu sifat yang diajarkan dalam Alqur’an  sebagai pedoman hidup bagi umat muslim yang ada di dunia dan jika anda mengalami keadaan yang susah untuk bersyukur maka anda harus mulai mendekatkan diri pada Allah dan memahami kembali beberapa surat yang ada di dalam Alqur’an khususnya yang menjelaskan tentang kesabaran bagi manusia dalam melakukan aktivitas atau kegiatan dan dalam menyikapi berbagai hal yang terjadi di dalam hidup ini sehingga anda tetap menjadi orang tang tawakal dalam berbagai keadaan karena mampu memegang dan memahami ayat ayat alquran tentang sabar.

pixabay.com

Bebearapa Ayat Ayat Alquran Tentang Sabar

Ada banyak surat di dalam alqur’an yang menjelaskan tentang kesabaran. Beberapa Surat di dalam Al-Qur’an menjelaskan tentang kesabaran seperti apa yang harus dimiliki oleh seorang muslim sejati dan beberapa ayat ayat alquran tentang sabar tersebut adalah:

  1. Surah Ar-Ra’d ayat 23 yang menjelaskan tentang kesabaran dalam menjalankan dan mencari ridho Allah baik secara sembunyi-sembunyi atau secara terang-terangan. Seorang muslim yang sabar dalam mendirikan sholat, menjalankan kebaikan dan menafkahkan riski yang didapatkan dari Allah dengan sabar serta secara sembunyi atau terang-terangan menolak kejahatan yang terjadi dalam kehidupan mereka.
  2. Surat AL-imran yang menjelaskan bahwa manusia harus selalu bersabar dan bertaqwa kepada Allah dalam berbagai kondisi bahkan harus selalu bersiap di perbatasan untuk menghadapi musuh yang akan berperang.
  3. Surat Al Bqoroh yang menjelaskan bahwa manusia harus selalu sabar dalam mengahadapi musibah yang datang dalam hidup mereka degan selalu mengucap “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun (sesungguhnya kami milik Allah dan hanya kepada-Nyalah kami kembali)“.dalam keadaan sakit, kelaparan, kekurangan makanan dan terserang wabah penyakit manusia yang beriman kepada Allah SWT akan selalu bersabar dan bertawakal kepada Allah SWT.
  4. Surah Al Furqon adalah salah satu surah dalam Al Qur’an yang menjelaskan keutamaan bersifat sabar bagi seorang musli dimana manusia yang selalu sabar di dunia kelak akan menjadi manusia yang memiliki martabat sangat tinggi di Akhirat.
  5. Surah Thoha adalah surah yang menjelaskan jika Allah hanya akan memberikan risky bagi hambanya yang selalu sabar dan beriman sehingga tidak ada risky bagi muslim yang tidak mau sabar dalam mencari nafkah bagi keluaranya.
pixabay.com

Keutamaan Bersabar Bagi SeoranG Muslim

Dari Surah-surah yang ada di dalam Al-Qur’an dapat menjadi salah satu pedoman dalam menguatkan seorang muslim agar selalu bersifat sabar dan tidak pernah menyalahkan orang lain saat mengalami musibah atau cobaan. Seorang muslim yang mampu memiliki sifat yang sabar adalah orang yang akan selalu mampu mengahdapi kondisi paling buruk dengan keadaan yang tenang dan positif serta tidak akan menyalahkan keadaan karena setiap cobaan yang mereka lalui akan selalu menjadi bahan untuk intropeksi diri agar mampu menjadi seorang muslim yang lebih baik dan pandai bersyukur. Sifat sabar juga akan membawa manusia pada derajat yang sangat tinggi di akhirat dan akan selalu membuat mereka percaya bahwa Allah akan selalu ada dalam keadaan apapun yang mereka alami dan itu adalah poin yang akan membuat manusia memiliki iman dan taqwa yang semaki kuat. Bahkan rezky bagi orang yang sabar sudah sangat di atur dengan baik oleh Allah SWT. Bersifat terburu-buru dalam melakukan sesuatu juga bukan hal yang baik bahkan justru akan membuat banyak kesalahan terjadi da manusia tidak akan mampu mengambil hikmah atau pembelajaran dari setiap peristiwa yang terjadi dan mereka alami di dalam kehidupan ini dan bahkan membuat mereka tidak akan menjadi muslim yang pandai bersyukur. Kesabaran bagi seorang muslim juga di jelaskan di surat an nazi’at.

Seorang muslim yang mampu memiliki sifat yang sabar adalah muslim yang akan selalu percaya bahwa tidak ada hal yang terjadi di dunia dengan sengaja karena semuanya telah di kehendaki oleh Allah SWT dan selalu ada hikmah dalam setiap cobaan. Kesabaran akan membuat manusia mampu menjalani hidup yang jauh lebih baik dan juga tidak akan menjadi orang yang kufur kepada nikmat yang diberikan oleh Allah SWT bahkan banyak surah dan ayat ayat alquran tentang sabar yang ada di dalam Al Qur’an yang menjelaskan tentang kesabaran dan keutamaan bersifat sabar bagi manusia khususnya muslim.

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *