Pengertian Warga Negara

Dalam hidup bernegara, tentu sudah sepatutnya setiap orang mengetahui pengertian warga negara itu sendiri. Dimana warga negara adalah orang-orang yang menjadi bagian dari sekelompok penduduk yang menjadi unsur negara. Warga negara memiliki hubungan yang erat dengan Tanah Air dan Undang-Undang Dasar negaranya sekalipun bermukim di luar negeri, selama terikat ketentuan hukum internasional.

 

Mereka yang disebut warga suatu negara bisa dilihat dari garis keturunan, tempat kelahiran serta lainnya yang membuatnya punya kewajiban dan hak penuh sebagai warga negara. Sebelum Indonesia merdeka dan peradaban manusia jauh lebih modern, warga negara kerap disebut sebagai hamba atau kawula negara. Namun istilah ini lambat laun dilupakan karena tidak sesuai dengan syarat warga negara sebagai orang merdeka.

 

Jika dilihat secara Yuridis sesuai pasal 26 ayat (1) UUD 1945 dan Perubahannya, warga negara dibedakan jadi dua golongan yakni warga negara asli alias pribumi dan warga negara asing (vreemdeling). Fakta ini kemudian diperkuat pasal 1 UU No.12 tahun 2006 yang memastikan mengenai pengertian warga negara itu sendiri.

 

Kewajiban Warga Negara

Warga negara pada dasarnya merupakan orang yang sudah diakui oleh negara, tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu tentunya setiap warga negara memiliki kewajiban, berikut beberapa diantaranya!

  • Bela Negara

Setiap warga negara dituntut untuk selalu membela negara, apapun kondisinya. Ya betul sekali, dalam setiap kondisi, warga negara mesti selalu menjadikan negara sebagai sesuatu yang sakral. Khususnya jika negara diserang oleh negara lain, maka warga negara wajib untuk membela, baik secara fisik, finansial, maupun spiritual.

 

  • Taat Kepada Hukum dan Pemerintah

Setiap negara wajib taat kepada hukum yang berlaku dan pemerintah yang sah. Ya, di negara demokrasi seperti Indonesia, maka setiap warga negara wajib menaati hukum dan pemerintah.

 

  • Menghormati Hak Asasi Manusia

Pada dasarnya setiap warga negara hidup dalam ruang keberagaman, sehingga wajib menghormati hak asasi manusia. Termasuk di Indonesia yang berisikan berbagai macam suku, agama, dan pandangan politik, maka setiap warga negara wajib mengedepankan toleransi.

 

 

 

 

 

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *