Baik Bagi Kesehatan, Yuk Ketahui Manfaat Mengkonsumsi Ikan Tongkol

Indonesia memang dikenal mampu menghasilkan sumber daya alam yang sangat banyak, terutama biota lautnya yang sangat beragam dan menarik untuk dikulik lebih dalam. Di perairan Indonesia terdapat salah satu ikan yang sangat populer ditemui, yaitu ikan tongkol. Ikan yang ternyata masih bersaudara dengan si ikan tuna ini, memiliki kandungan portein dan asam lemak yang melimpah. Yuk ketahui apa saja manfaat ketika mengkonsumsinya.

Beragam Manfaat Mengkonsumsi Tongkol

  1. Menjaga Tekanan Darah Dalam Tubuh

Si saudara tuna ini, ternyata juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi seperti saudaranya. Dimana kandungan ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi adanya tekanan darah dalam tubuh. Selain terkenal dengan omega 3 nya, ikan satu ini juga mengandung kalium yang mampu menurunkan tekanan darah. Ketika tekanan darah terjaga, maka resiko penyakit seperti jantung akan menghindari anda.

  1. Bagus Bagi Kesehatan Mata

Terkenal dengan kaya akan omega 3 nya, daging dari tongkol memang banyak dicari masyarakat. Dikutip dari sumber yang terpercaya, tongkol memiliki kandungan asam lemak omega 3  yang mampu mencegah adanya perkembangan penyakit pada retina mata. Penyakit yang banyak menyerang retina mata adalah kebutaan. Ketika mengkonsumsi daging ikan ini, akan menghindari anda dari kebutaan permanen.

  1. Memelihara Kesehatan Jantung

Ikan tongkol memnag dikenal memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya adalah memelihara kesehatan jantung anda. Ketika mengkonsumsi daging ikan ini, akan ada efek yang cukup signifikan bagi kesehatan jantung yang mengkonsumsinya. Tidak sampai disana, konsumsi tongkol secara teratur diketahui mampu mengurangi adanya resiko terkena penyakit jantung koroner, sebab ada kandungan asam lemak omega 3 yang mencegahnya terjadi.

  1. Baik Bagi Pertumbuhan Anak

Selain terkenal dengan kandungan omega 3 nya, ikan satu ini juga memiliki kandungan protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Ketika mengkonsumsi sebanyak 165 gram saja, sudah ada kurag lebih 80% kebutuhan protein yang terpenuhi. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena mengandung nutrisi baik bagi pertumbuhan, membangun, serta memulihkan tubuh yang terkena penyakit ataupun luka.

Rasa dari tongkol memang terasa sedap jika dikonsumsi. Terutama jika disajikan sengan aneka jensi bumbu, membuat kenikmatannya bertambah berkali kali lipat. Untuk mengolah dagingnya pun cukup mudah dilakukan, sehingga ikan satu ini bisa dijadikan alternatif baik untuk kebutuhan setiap harinya. Rutin mengkonsumsi dagingi kan ini, akan membantu metabolisme tubuh secara keseluruhan.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berbicara mengenai tongkol, biasanya dikenal dengan kandungan protein dan omega 3 nya. Namun perlu diketahui bahwa, ikan ini memiliki kandungan vitamin lebih dari itu, seperti zat besi, vitamin C, mangan, dan selenioum yang mampu memperkuat kekebalan tubuh. Ketika kekebalan tubuh terjaga, penyakit juga enggan untuk memasuki tubuh anda. Berdasarkan beberapa sumber terpercaya, mengkonsumsi tongkol akan menghindari dari penyakit kanker berbahaya.

Ikan tongkol juga dikenal memiliki kandungan antioksidan untuk memerangi radikal bebas, dimana mereka mampu merusak sel  dan memicu adanya sel kanker dalam tubuh. Namun ketika tubuh selalu prima, maka penyakit akan malas bersarang dalam tubuh. Khasiat ini memang tidak akan langsung dirasakan, namun di masa depan anda akan sangat berterima kasih dengan kandungan yang ada dalam ikan ini.

Rasa dari ikan memang tidak ada yang bisa mengelaknya lagi. Selain rasanya yang enak dan mampu disajikan dalam beberapa menu kuliner, ikan juga memiliki kandungan yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin.  Anda juga bisa mendapatkan daging ikan di toko terdekat dengan harga terjangkau. Kini, makan daging ikan menjadi lebih menyenangkan karena mengetahui khasiatnya.

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *