JPG Vs PNG, Mana Yang Mesti Dipilih?

Ada banyak sekali format gambar yang dikenal di dunia, beberapa yang paling terkenal yaitu JPG dan PNG. Jika dilihat sekilas, keduanya tidak memiliki perbedaan sama sekali. Namun jika Anda melihatnya lebih detail, dengan cara melihat informasi datanya, maka ada banyak perbedaan antara JPG dan PNG.

Meskipun keduanya berbeda, namun bukan berarti JPG itu lebih baik atau PNG lebih baik, karena keduanya didesain untuk tujuan yang berbeda. Ya betul sekali, baik itu JPG atau PNG bisa dibedakan berdasarkan kualitas gambar, ukuran file, proses editing, dan lainnya. Jadi agar Anda bisa menilai lebih jauh mengenai JPG dan PNG, berikut ini kami akan membahas JPG vS PNG, kira-kira mana yang lebih baik?

Apa Itu JPG? Berikut Ulasannya!

JPG bisa dibilang merupakan format gambar paling terkenal di dunia. Betapa tidak, JPG merupakan format gambar standar di banyak handset, misalnya seperti smartphone. Kebanyakan smartphone menjadikan JPG sebagai format standar gambar. Tak hanya itu, kami pastikan bahwa kebanyakan gambar yang ada di laptop Anda formatnya yaitu JPG.

pxhere.com

JPG merupakan format gambar yang dibuat dan dikembangkan oleh Joint Photographic Experts Group (JPEG). Joint Photographic Experts Group (JPEG) merupakan sekumpulan orang yang peduli terhadap format gambar. Mereka menganggap bahwa dengan diciptakannya JPG, orang-orang dapat lebih mudah membagikan gambar berkualitas dengan ukuran kecil.

Berbeda dengan PNG, jika Anda mengurangi ukuran JPG, maka kualitasnya sedikit berkurang. Mengapa? Karena JPG merupakan format gambar yang sifatnya lossy (mengurangi nilai), yang berarti ada informasi-informasi pada gambar yang terhapus secara permanen. Karena hal tersebut, Anda bisa menciptakan gambar berkualitas dengan ukuran rendah.

Pada dasarnya, JPG ini cocok digunakan untuk kondisi-kondisi dimana Anda membutuhkan file gambar berukuran kecil. JPG sangat cocok digunakan untuk website karena ukurannya yang kecil tidak memberatkan loading website. Mau itu bagus atau tidak jaringan internet, JPG tetap terlihat bagus di halaman website. Selain website, JPG juga sangat cocok digunakan untuk posting di media sosial. Dengan ukuran tidak lebih dari 1 MB, Anda bisa mem-posting gambar JPG dengan mudah, tanpa loading terlalu lama.

pxhere.com

Apa Itu PNG? Berikut Penjelasannya!

PNG atau biasa juga disebut dengan ‘ping’ pertama kali diciptakan pada tahun 1990 yang lalu. Nah PNG ini dibuat atas dasar untuk mengganti format gambar GIF. Ya betul sekali, GIF dianggap memiliki banyak keterbatasan, sehingga diciptakanlah PNG.

Kelebihan utama dari PNG yang membuat banyak orang menggunakannya yaitu adanya area transparan. Ya betul sekali, PNG pada umumnya hanya berisikan objek dan tidak memiliki latar alias transparan. Hal ini tentu memudahkan siapapun, khususnya desainer, dalam mendesain gambar tertentu. Itulah mengapa para desainer biasanya menggunakan PNG sebagai sumber elemen untuk karya desain. Selain objek gambar, biasanya PNG juga berisikan teks, grafik, dan ilustrasi. Jika Anda butuh gambar dengan latar transparan, tentu Anda membutuhkan PNG ini.

Berbeda dengan JPG yang sifatnya lossy, PNG ini sifatnya lossless alias kualitasnya tidak berkurang. Jadi nilai kompresinya sangat rendah, sehingga sangat bagus digunakan sebagai elemen desain. Meskipun Anda mengurangi ukurannya, tetap saja kualitasnya tidak berkurang. PNG juga sering digunakan jika ukuran gambar bukan suatu masalah, sehingga editing yang lumayan kompleks masih bisa dilakukan. Selain digunakan sebagai elemen karya desain (dalam format gambar apapun, termasuk JPG), PNG juga biasanya digunakan sebagai format gambar untuk logo, ikon, karikatur, ilustrasi, dan lainnya.

pxhere.com

JPG Vs PNG, Pilih Yang Mana Ya?

JPG vs PNG, mana yang terbaik? Tentu tidak ada jawaban yang pasti! Semuanya tergantung kebutuhan Anda. Jika Anda terbiasa mendesain gambar, maka format gambar yang Anda butuhkan yaitu PNG. Baik itu diperbesar atau diperkecil, kualitasnya tetap sama sehingga bagus untuk karya gambar berkualitas tinggi.

Jika Anda butuh gambar berukuran kecil namun tetap berkualitas, maka pilihlah JPG. JPG ini tidak memberatkan ruang penyimpanan laptop atau smartphone Anda. Anda mungkin sering mencari cara memperbesar ukuran file JPG online, tenang saja ada banyak situs yang menyediakan layanan tool resizer.

Nah itulah ulasan JPG vs PNG, bagaimana sudah jelas bukan? Masing-masing punya karakteristiknya sendiri-sendiri. Jadi Anda tidak bisa mengklaim bahwa JPG itu lebih baik, begitupun sebaliknya. Semoga artikel ini dapat membuka wawasan Anda mengenai format gambar ya!

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *