Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga Secara Efektif

Saat telinga kemasukan air memang sangat menganggu aktifitas dan membuat mood turun drastis. Bahkan kebanyakan orang panik dan meluapkan emosinya karena suasana tidak nyaman telinga yang kemasukan air, padahal panik saat telinga kemasukan air membuat air sulit dikeluarkan. Usahakan tetap tenang saat anda maupun anak-anak telinganya kemasukan air.agar air mudah dikeluarkan.

Cara Cerdas Mengeluarkan Air Dari Telinga

Aktifitas air seperti berenang, keramas, berendam di bak mandi memang membuat pikiran rilkes. Saking nyamannya, anda tak sadar telinga kemasukan air dan membuat panik seketika, pasalnya telinga yang kemasukan air memicu infeksi dan gangguan telinga lainnya. Untuk itulah air harus dikeluarkan dari telinga, berikut ada cara yang dapat dipraktekan, diantaranya adalah:

  1. Goyangkan Telinga

Cara pertama adalah cara instan yang dapat dilakukan seketika saat telinga kemasukan air, caranya adalah goyangkan telinga dengan posisi telinga yang kemasukan air berada di bawah. Dengan begitu air di dalam telinga akan turun dan keluar dari telinga, usahakan tepuk-tepuk telinga yang dibagian atas sebagai dorongan agar air keluar sempurna. Hal tersebut ampuh karena dengan menggoyangkan telinga maka saluran telinga akan termanipulasi sehingga membantu air keluar.

  1. Kompres Hangat

Siapa sangka, lilin dapat mengeluarkan air dari telinga loh. Pasalnya panas dari kompres hangat lilin akan melelehkan beberapa zat lilin yang mengahalangi air. Dengan begitu zat lilin mengendur dan keluar dari telinga beserta mengeluarkan air di dalam telinga, pastinya cara tersebut dapat dilakukan dimana saja karena lilin juga mudah ditemukan.

  1. Menggunakan Obat Tetes Telinga

Sebagian orang yang ingin serba cepat menggunakan obat tetes telinga agar air di dalam telinga segera keluar. Biasanya hal tersebut dilakukan oleh orang tua yang tidak tega anaknya menangis karena telinganya kemasukan air, hal tersebut karena obat tetes tersebut mengandung alkohol sehingga air di dalam telinga akan menguap dan cepat keluar dari telinga.

Tetapi jangan sampai menggunakan tetes telinga jika telinga anda mengalami cidera atau gangguan lainnya karena memicu sakit yang baru.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *