Cara Menambah Berat Badan yang Efektif

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, ada banyak orang yang secara mati-matian ingin menurunkan berat badan. Tidak hanya menurunkan berat badan, ada pula sebagian orang yang ingin menambah berat badannya agar tidak terlihat kurus dan kurang nutrisi. Banyak anggapan yang menilai bahwa meningkatkan berat badan dapat dilakukan dengan mudah.

Hanya dengan mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak, berat badan dapat bertambah dengan sendirinya. Anggapan tersebut tidaklah salah. Meskipun demikian, tidak semua orang dapat gemuk dengan mudah selama mengkonsumsi banyak makanan. Ada pula yang memiliki tubuh kurus meskipun telah makan dalam porsi besar.

Cara Sehat Menambah Berat Badan

pixabay.com

Untuk meningkatkan berat badan, cara sehat menjadi cara paling efektif yang dapat kita lakukan. Tidak hanya akan menimbulkan dampak yang diinginkan, cara sehat dapat meningkatkan massa tubuh juga tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan. Hal serupa juga dijelaskan pada laman profesordiet.com yang menyebutkan bahwa cara alami menjadi cara paling efektif untuk meningkatkan massa tubuh.

Makan dalam intensitas yang sering menjadi cara sehat pertama yang dapat dilakukan untuk menambah berat badan. Jika biasanya kita makan tiga kali dalam sehari, kita dapat meningkatkan intensitas makan setiap harinya. Intensitas makan yang sering dapat menambah jumlah kalori pada tubuh tanpa harus merasa kekeyangan yang berlebih.

Berat badan juga akan bertambah selama kita mengkonsumsi sumber makanan yang tepat. Sumber makanan yang tepat adalah makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Hindari mengkonsumsi junk food karena makanan tersebut tidak dapat meningkatkan massa tubuh. Makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi mampu memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Untuk mendapatkan jenis makanan yang kaya akan nutrisi, kita dapat memilih sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan dan makanan hasil olahan susu. Selama mengkonsumsi sumber makanan tersebut, keinginan untuk memiliki berat badan yang meningkat dapat dipenuhi dengan baik.

Berat badan akan bertambah jika kita mengkonsumsi makanan yang padat akan kalori. Makanan padat kalori dapat kita peroleh dari kacang-kacangan dan buah-buahan. Makanan dengan jumlah kalori yang padat memungkinkan kita untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Hanya mengkonsumsi beberapa, kebutuhan kalori dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Buah mangga dan buah alpukat menjadi beberapa jenis makanan padat kalori yang direkomendasikan. Semakin sering mengkonsumsi kedua buah tersebut, semakin besar kesempatan kita untuk bertambah berat badan.

Cara sehat lainnya yang dapat membuat tubuh terlihat lebih gemuk adalah dengan memperbanyak cemilan. Mengemil dapat dilakukan pada waktu-waktu yang kita inginkan. Untuk jenis cemilannya sendiri, pastikan jika bahan makanan yang kita santap memiliki kandungan gizi yang baik.

Buah-buahan roti, keju dan kacang-kacangan menjadi cemilan sehat yang dapat dikonsumsi. Hindari makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi namun memiliki nilai gizi yang rendah. Selain dijadikan makanan cemilan, makanan kaya akan gizi dapat pula kita gunakan sebagai pencuci mulut setelah makan.

Asupan Penambah Berat Badan

pixabay.com

Agar dapat menambah berat badan, kita juga harus memperhatikan jenis makanan yang kita asup. Nasi yang merupakan makanan pokok menjadi jenis asupan yang dipercaya dapat meningkatkan berat badan.

Selain mampu membuat tubuh menjadi lebih berat, nasi juga dapat meningkatkan tenaga bagi para penikmatnya. Berat badan dapat bertambah bagi mereka yang mengkonsumsi nasi karena bahan makanan ini memiliki kandungan kalori yang besar.

Selain nasi, pisang menjadi jenis asupan lainnya yang dipercaya dapat membuat tubuh terlihat lebih gemuk. Sama halnya dengan nasi, pisang juga mengandung kalori yang besar. Dengan kandungan kalori di dalamnya, pisang sangat baik dijadikan bahan makanan utama bagi mereka yang ingin bertambah gemuk secara alami.

Kita juga dapat mengkonsumsi roti gandum agar dapat memiliki berat badan yang bertambah. Roti yang terbuat dari gandum ini merupakan jenis makanan yang kaya akan serat dan baik dijadikan asupan penambah berat badan. Roti gandum juga menjadi sumber karbohidrat alami yang sama dengan nasi.

Jenis asupan lainnya yang dapat dijadikan sebagai bahan penambah berat badan adalah kentang. Tidak hanya mudah untuk dijumpai, kentang sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang ingin menaikkan berat badan secara alami.

Kandungan kalori dan karbohidrat yang dimiliki oleh kentang mampu meningkatkan jumlah glikogen pada otot. Jika ingin mendapatkan kalori dalam jumlah besar, kita dapat menggunakan proses penggorengan pada kentang. Jika direbus, jumlah kalori pada kentang tidak dapat ditingkatkan dan kita akan kesulitan untuk menggemukkan badan nantinya.

Daging merah menjadi pilihan asupan lain yang mampu menaikkan berat badan. Lemak yang berada pada daging merah memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Sama halnya dengan kentang, cara pengolahan daging merah juga mempengaruhi jumlah kalori di dalamnya. Penggorengan menjadi cara terbaik yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan kalori pada daging merah.

Daging kambing dan daging sapi menjadi jenis daging merah yang dapat dikonsumsi untuk mendapatkan kalori yang dibutuhkan. Buah yang baik dijadikan pilihan penambah berat badan adalah alpukat. Alpukat menjadi buah yang mudah untuk dicerna oleh tubuh dan mengandung lemak baik. Untuk mendapatkan manfaat dari alpukat, buah dapat dikonsumsi secara langsung atau dijadikan jus.

Published by