Lebih Bahagia, Cari Tahu Tips Hidup Sederhana

Memang kebagiaan setiap orang berbeda, ada yang bahagia ketika hidup bermewah mewah ada juga yang memilih sederhana. Kesederhaan bukan berarti kita pelit terhadap diri kita, namun hidup apa adanya. Banyak sekali tokoh tokoh di Indonesia yang bergelimang harta namun memilih hidup sederhana dan lebih bahagia. Salah satunya adalah Alm. yoyoh yusroh yang memilih hidup dengan sederhana dan bermanfaat bagi oranglain. Berikut tips untuk hidup lebih sederhana dan bahagia.

Tips Hidup Dengan Sederhana Yang Harus Anda Tahu

  1. Bersyukur Atas Apa Yang Diberikan Tuhan

Bersyukur ini memang sebuah kata yang mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Ada saja hal hal yang kadang masih dikeluhkan atas apa saja yang terjadi di hidup kita. Padahal jika ingin hidup denagn sederhana dan bisa bahagia, bersyukur menjadi kunci awalnya. Dengan mensyukuri apa yang telah dimiliki akan membuat diri kita bisa menahan keinginan dan juga tidak akan memaksakan sesuatu yang memang tidak bisa diraih.

Bersyukur juga akan membuat kita mengutamakan Tuhan di atas semua kepentingan diri dan juga urusan kita. Hal ini tentunya akan membuat kita bisa lebih tenang baik di hati maupun di pikiran dalam menjalani hidup, ataupun hal lainnya. Inilah yang membuat bersyukur jika ingin hidup sederhana dan bisa meraih kebahagian. Selalu memandang ke bawah agar bisa sadar jika tidak semua orang bisa ada di posisi kita saaat ini.

pxhere.com
  1. Tidak Bersikap Maupun Bertindak Berlebihan

Jika ingin terbiasa untuk hidup dengan sederhana, maka seseorang juga harus mengetahui bagaimana mereka harusnya bersikap. Orang yang sederhana akan melakukan sesuatu atau memiliki sesuatu dengan tidak berlebihan. Orang sederhana tidak memikirkan kuantitas namun kualitas di dalam hidupnya. Mereke tidak berlebihan ketika mengeluarkan hartanya dan bisa mengatur keuangan dengan sangat baik. Mengetahui dengan pasti kapan membeli barang.

Yang pastinya barangnya harus sesuai dengan kebutuhan dan memberikan kualitas yang baik untuk mereka. Untuk mendapatkan barang yang berkualitas orang sederhana tidak akan segan untuk menabung terlebih dahulu. Sehingga dengan menahan diri dana bisa dialokasikan kepada hal yang lebih penting di dalam prioritas mereka. Mereka tidak akan dengan mudah mengeluarkan dana untuk barang yang tidak masuk dalam prioritasnya.

  1. Hidup Dengan Apa Adanya

Cara untuk bisa hidup dengan sederhana selanjutnya adalah hidup dengan apa adanya. Tidak melebih lebihkan sesuatu yang memang tidak dimilki. Bisa dikatakan jika orang yang hidup sederhana akan hidup sesuai dengan salary mereka. Tidak bergaya hidup mewah padahal tidak sesuai dengan pendapatan dan kehiduapannya yang sesungguhnya. Mereka juga akan menerima semua yang terjadi dikehidupannya dengan tidak terlalu sering mengeluh.

Mereka cenderung kembali menyusun rencana rencana untuk membuat perubahan yang baik pada kehidupannya. Hal ini merupakan ciri dari orang yang apa adanya karena ia mampu untuk merenungkan semua kegagalan yang terjadi. Perubahannya juga tak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga diharapkan berguna untuk orang lain. Maka jika ingin mendapatkan kebahagiaan dari kehidupan yang sederhana juga harus dibarengi dengan sikap apa adanya.

pxhere.com
  1. Giat Dalam Bekerja dan Juga Menjalankan Rencana

Orang yang hidup dengan sederhana dan meraih bahagia umumnya adalah mereka yang selalu rajin bekerja yang sesuai dengan apa yang telah disusunnya. Meskipun dalam keadaan yang mendesak orang yang sederhana akan mengetahui apa yang harus dilakukan. Hal tersebut didapatkan karena mereka selalu membuat perencanaan yang detail pada setiap hal yang ia lakukan. Orang yang hidup sederhana juga memiliki panduan yang jelas.

  1. Memiliki Tabungan

Orang orang yang terbiasa hidup dengan sederhan akan bisa menahan keinginan mereka dan tabungan merupakan kewajiban. Dengan menganggarkan uang yang kita dapatkan untuk ditabung, maka kita bisa hidup dengan sederhana. Orang yang hidup dengan sederhana juga akan siap menghadapi apapun masalah ekonomi dalam kehidupan mereka. Dengan menabung barang keinginan juga bisa didapatkan sehingga bisa bahagia.

  1. Mampu Untuk Mengendalikan Diri

Untuk bisa hidup dengan sederhana namun tetap bahagia maka yang harus dilakukan adalah mampu untuk mengendalikan dan menguasai diri sendiri. Dengan mengetahui diri kita lebih dari siapapun maka akan lebih mudah untuk menahan diri. Orang yang terbiasa hidup dengan sederhana mereka akan sadar bahwa setiap keputusan yang diambil harus dipikirkan dengan sebaik baiknya.Inilah mengapa kehidupannya lebih bahagia dan tenang.

pexels.com
  1. Membuat Perencanaan Yang Matang

Jika ingin hidup dengan sederhana namun tetap bahagia maka sebaiknya membuat perencanaan dalam hidup secara matang. Karena orang yang hidup sederhana tidak gegabah ketika ia mengambil keputusan di dalam hidupnya. Sehingga sebaiknya menerapkan setiap perencanaan yang dimiliki sehingga bisa hidup dengan tertata sehingga bisa tetap bahagia meskipun kehidupannya sederhana dan jauh dari kemewahan.

Perencanaan yang terburu buru juga akan membuat tujuan hidup yang ingin dituju mengarah kegagalan. Sementara jika tak membuat perencanaan akan menimbulkan banyak spekulasi dan hasil yang tidak jelas. Dengan begitu hidup dengan sederhana berarti mampu untuk merencanakan segala sesuatu dalam kehidupan secara mendetail dan matang. Mereka juga bisa membuat langkah langkah jika usahanya mengalami kegagalan.

  1. Terus Belajar serta Mengembangkan Diri

Untuk bisa meraih kehidupan yang sederhana namun tetap bahagia maka seeorang harus terus berusaha dan belajar untuk mengembangkan dirinya. Kualitas dan juga kapasitas diri orang sederhan selalu diasah secara terus menerus. Sebab mereka sadar perubahan dalam hidup pasti terjadi dan siapapun tidak bisa menolaknya. Orang sederhana tidak ingin dirinya digilas oleh perubahan yang kemudian membuat dirinya tertinggal dari perubahan tersebut.

Mengembangkan diri dalam hidup sederhana juga bisa menjadi bekal untuk mengatasi segala kemungkinan yang tidak bisa diprekdisikan. Mereka akan menjadi pribadi tangguh dalam menghadapi berbagai zaman yang akan mereka lalui. Karena kemampuan dan pengetahuan yang mereka miliki dari hasil terus mengembangkan diri.

Sebenarnya hidup dengan sederhana menjadi keputusan masing masing individu. Karena takaran kebahagiaan setiap manusia selalu berbeda porsinya. Namun hidup dengan sederhana akan membantu kita untuk lebih banyak bersyukur atas apa yang Tuhan berikan. Menjadi manusia yang pandai dalam memanfaatkan segala keterbatasan dan menyerah jika ada masalah. Karena mereka tahu bahwa Tuhan yang memegang kendali dalam hidupnya.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *