Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Lebih Baik

 Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat ekskresi untuk mengeluarkan racun melalui produksi urine. Ginjal terletak di daerah dekat pinggang dengan jumlah sepasang. Berat ginjal sendiri sekitar lebih dari 200 gram dengan panjang 10 cm per satu organ ginjal. Karena ginjal merupakan organ yang sangat penting dalam kelangsungan hidup setiap manusia maka anda tidak boleh abai untuk merawatnya. Berikut cara menjaga kesehatan ginjal:

  1. Banyak minum air putih

Mengkonsumsi banyak air putih merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal. Minumlah air putih minimal 8 sampai 12 gelas per hari. Dengan memberikan asupan carian yang cukup pada tubuh maka aliran darah yang menuju ke ginjal akan baik. Tetapi jika kurang maka lama kelamaan akan membuat fungsi ginjal menurun. Selain itu dengan mencukupi cairan tubuh akan terhindar dari penyakit infeksi saluran kencing.

  1. Mengatur pola maka

Agar ginjal berfungsi dengan baik anda bisa mengkonsumsi makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan ikan atau daging yang putih tanpa lemak. Jauhilah makanan yang siap saji dan kadar garam yang berlebih. Terlalu banyak mengkonsumsi garam akan mengakibatkan miner dalam darah akan terganggu. Hal ini mengakibatkan anda kembung dan mudah haus serta urine yang keluar lebih sedikit.

  1. Menghindari konsumsi rokok dan alkohol

Aktivitas merokok dan juga meminum alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan juga paru-paru. Oleh karena itu hindarilah melakukan aktivitas ini agar ginjal anda tidak rusak.

  1. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan agar tetap ideal juga merupakan cara merawat ginjal. Obesitas atau kelebihan berat badan akan mempengaruhi keadaan emosional sehingga sistem kerja organ tubuh menjadi lebih berat, termasuk ginjal. Sehingga lama-kelamaan kinerja ginjal akan melemah.

  1. Aktif berolahraga

melakukan aktivitas fisik secara rutin seperti olahraga teratur minimal 20 menit per hari akan membantu menjaga kesehatan ginjal. Anda jangan bermalas-malasan untuk bergerak karena dengan aktif bergerak ginjal anda akan bekerja secara optimal.

Dengan melakukan cara merawat kesehatan ginjal yang tepat tentu anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang akan mengancam ginjal anda.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *