Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh Dialog Interaktif

Setiap pemilihan kepala daerah maupun presiden beberapa stasiun televisi selalu menghadirkan dialog interaktif. Barangkali Anda masih belum jelas apa itu dialog dengan metode interaktif. Pada dasarnya dialog ini kerap dilangsungkan pada acara televisi maupun radio atau forum umum yang melibatkan hadirin. Nah, para hadirin nantinya akan ikut menanggapi dan menanyakan seputar tema dari pembicaraan dialog tersebut.

Itulah mengapa banyak dialog saat penjabaran visi dan misi bakal calon presiden selalu dihadiri banyak orang. Dengan demikian tema yang sedang dibahas akan mendalam dan tajam. Dialog penting untuk diikuti berdasarkan dengan topik yang tengah diperbincangkan. Dengan mengikuti dialog interaktif maka Anda tidak akan tertinggal informasi perihal banyak hal, apalagi masalah yang sedang hangat dibicarakan masyarakat.

Adapun ciri dialog metode interaktif yang membedakan dengan dialog lainnya, antara lain:

  • Dalam dialog ada tanya-jawab antara pewawancara dengan narasumber supaya dialog berjalan lancar bagi hadirin di lokasi maupun di rumah.
  • Seringkali dialog dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung.
  • Dalam berdialog melibatkan hadirin dalam jumlah banyak, tidak bisa dilakukan hanya dua atau tiga orang, tetapi pelaku yang terlibat di dalam dialog tersebut bisa langsung maupun tidak.
  • Seringkali dialog ini ditayangkan pada acara televisi, radio, maupun beberapa forum.

Fungsi Dialog

Beralih ke fungsi. Dialog ini berfungsi untuk mengupas suatu masalah dengan tujuan memperoleh hasil atau solusi dari masalah tersebut. Dengan mendengarkannya atau ikut terlibat dalam dialog maka Anda tidak akan tertinggal informasi terbaru mengenai berbagai macam masalah yang sedang dibicarakan oleh masyarakat.

Di dalam dialog ini menghadirkan unsur pembangun, yaitu 5W + 1H (What, Who, When, Where, Why + How). Unsur tersebut berisikan pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.

Pertanyaan seperti ini sangat penting dalam memahami poin penting dari dialog dan kewajiban. Saat menyaksikan acara dialog seperti ini maka Anda akan menjumpai beberapa pertanyaan, seperti berikut:

  • What yang maksudnya dialog wajib mempunyai tema atau hal penting perihal apa saja sebagai topik pembahasan.
  • Who, maksudnya harus ada siapa saja narasumber yang akan terlibat di dalam dialog tersebut. Tidak hanya itu, unsur Who ini berperan dalam menunjukkan cara memilih narasumber yang akan diajak berdialog agar sesuai dengan tema maupun mampu menyelesaikan permasalahan tertentu.
  • When, maksudnya kapan dialog akan dilaksanakan, meliputi waktu/jam, tanggal, dan tempat dialog akan dijadwalkan.
  • Where, maksudnya adalah tempat diadakannya dialog.
  • Why, maksudnya mengapa dialog dirasa penting untuk diagendakan.
  • How, maksudnya proses dan hasil yang diharapkan dari adanya dialog sudah terancang secara mendetail.

Contoh Dialog Interaktif

Untuk mempermudah pemahaman Anda, berikut sudah kami tuliskan contoh dialog interaktif yang kerap ditampilkan melalui televisi, radio, maupun Youtube.

Nama Acara: Ngobam, Ngobrol Musisi

Siaran: Youtube Gofar Hilman

Narasumber: Danto—Sisir Tanah

Tema: Musik sebagai Media untuk Mengangkat Isu Lingkungan

Dialog:

Gofar: Halo, Mas Danto!

Danto: Halo, Mas!

Gofar: Belakangan ini dunia musik Indonesia mengalami gejolak yang cukup apik, khususnya musik indie. Pendapatmu tentang musik indie yang kini mendapatkan tempat khusus bagi masyarakt Indonesia, gimana, Mas?!

Danto: Sebenarnya musik indie kalau dipikir lebih baik, aku pikir, iya! Beberapa tahun kemarin musik indie cakupannya hanya lingkaran-liingkaran tertentu, khususnya mereka yang sudah bosan atau muak terhadap industri musik mainstream. Konten musik mainstream sekadar membicarakan cinta, patah hati, dan hal-hal melankolis sentimental.

Gofar: Oke. Bisa disebut kehadiran musik indie adalah bentuk kebosanan terhadap musik mainstream.

Danto: Di samping bosan, musik indie cenderung membicarakan apa yang benar-benar dirasakan oleh pemusiknya tanpa mempertimbangkan laku atau tidak di pasaran.

Gofar: Ngomong-ngomong, permasalahan yang ada di negara ini tidak jauh-jauh dari isu lingkungan. Nah, peran seorang musisi gimana, sih, Mas?!

Danto: Ya, lewat musik indie aku dan beberapa musisi lainnya lebih mudah dalam menyuarakan permasalahan lingkungan. Kasus pembakaran hutan di beberapa tempat untuk membuka lahan sawit, buang sampah, dan kasus-kasus lain mudah disampaikan melalui musik. Bisa dikatakan kalau musik merupakan media paling efektif mengingat manusia tidak bisa lepas dari musik. Hampir setiap hari kita selalu mendengarkan musik, entah sebagai sarana hiburan atau membuang bosan saja. Melalui musik, kami mampu menyampaikan permasalahan ke anak-anak muda, khususnya.

Gofar: Ha-ha-ha! Memang benar sih kalau musik adalah kebutuhan manusia. Kalau boleh tahu, ya, proses berkarya dari belum terkenal hingga terkenal gimana?!

Danto: Aduh! Bukan masalah terkenal atau nggak-nya. Aku bisa seperti ini bukan semata-mata karena kemampuanku saja, melainkan dari karya-karya yang sampai ke masyarakat umum. Aku beranggapan bahwa manusia hidup sementara, seni abadi. Soal terkenal atau nggak aku sama sekali nggak memikirkannya.

Gofar: Bener juga, sih! Chairil Anwar mengatakan kalau “Aku ingin hidup 1.000 tahun lagi.” Bisa berarti Chairil Anwar dalam bentuk karya yang mampu sampai ke beberapa generasi. Oke, itu saja. Sampai ketemu lain waktu, Mas. Semoga terus berjuang!

Itulah pembahasan yang sudah kami sampaikan perihal pengertian, ciri, fungsi, struktur, dan contoh dari https://titikdua.net/. Semoga bermanfaat.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *