Kupas Tuntas Terkait Jurusan Akuntansi

Banyak sekali Orang beranggapan jika jurusan akuntansi ialah jurusan kuliah yang terlalu pasaran dan mainstream. Karena hampir semua pengangguran sarjana lulusan jurusan tersebut. Bagi seorang calon mahasiswa atau siswa siswi jurusan tersebut merupakan wadah penting bagi seseorang yang menyukai hitung-hitungan matematika. Bisa dikatakan jurusan tersebut ialah jurusan paling tepat bagi seseorang yang menyukai angka.

Misalnya ketika dari kecil suka menghitung bisa dipastikan daya ingat dan daya pikir pada bidang tersebut cukup baik. Selanjutnya terdapat beberapa cabang ilmu pada jurusan tersebut. Mulai dari akuntansi di bidang perpajakan, di bidang pendidikan dan keuangan, pemeriksaan, dan yang paling dicari ialah di bidang akuntansi manajemen. Lulusan dari jurusan tersebut memiliki efisiensi Tinggi karena paling sering dicari oleh perusahaan besar.

Potensi lain yang bisa didapatkan oleh mahasiswa jurusan tersebut adalah mengajarkan sikap tanggung jawab, karena prospek yang dinamis tentu akan membuat tuntutan kerja semakin berat. Selain itu karir yang cerah bisa anda capai lebih cepat ketika masuk pada jurusan tersebut. Namun ketika masuk pada dunia kerja jurusan tersebut bisa membuat anda lebih berpikir kreatif, cerdas, dan logis. Rata-rata  alumni jurusan tersebut bekerja di perusahaan besar atau pemerintahan.

Terdapat banyak sekali universitas yang memiliki kualitas baik khususnya pada bidang fakultas tersebut, antara lain Universitas Brawijaya Malang, universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin Makassar, dan masih banyak lainnya. Tetapi untuk masuk pada Universitas favorit dengan kualitas baik anda mengecek bersaing dengan banyak calon mahasiswa. Salah satu cara yang bisa di lakukan untuk lolos tahap seleksi ialah dengan mengerjakan simulasi soal SBMPTN soshum ataupun saintek

Itulah beberapa hal umum yang bisa anda ketahui terkait jurusan tersebut. Apakah anda tertarik untuk masuk jurusan ini? Temukan banyak informasi di bidang pendidikan maupun pekerjaan dengan mengakses edutore.com banyak sekali referensi untuk mempertimbangkan dalam bidang pendidikan nantinya.

pixabay.com

Lulusan Jurusan Akuntansi Bisa Menjadi Apa Saja?

Tentu banyak sekali orang yang belum tahu lulusan jurusan tersebut bisa menjadi apa saja ketika di dunia pekerjaan? Berikut akan diulas secara lengkap pada artikel ini. Sebagai lulusan dari jurusan tersebut mengejar karir sebagai seorang akuntan tentu salah satu target utama. Namun dikarenakan jurusan tersebut mencakup banyak sekali bidang studi seperti hukum bisnis, ilmu ekonomi, serta struktur bisnis. Maka jarang sekali lulusan ataupun alumni tersebut diterima di bidang pekerjaan manajemen.

Masih banyak sekali para lulusan jurusan tersebut yang bekerja pada organisasi non profit. Tetapi banyak sekali prospek kerja yang bisa anda dapatkan misalnya Akuntan publik, profesi tersebut wajib mendapatkan izin dari pihak menteri keuangan dalam membuka jasa angkutan layanan public. Tetapi kriteria dalam profesi tersebut minimal wajib ditempuh pada strata magister. Seorang akuntan publik berpeluang mendapatkan gaji hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Semakin Anda banyak memiliki pengalaman di bidang akuntan tentu gaji yang akan diterima juga akan semakin bertambah. Selain itu profesi yang cukup sering diperoleh ialah financial analysis. Profesi ini mempunyai tugas untuk menyusun sebuah informasi keuangan kemudian dijadikan dasar pengambilan sebuah keputusan pada perusahaan bisnis. Seorang profesi financial analyst pemula biasanya memperoleh gaji hingga mencapai 15 juta perbulan.

Cukup banyak bukan? Apakah anda tergiur untuk masuk jurusan tersebut? Tapi masih banyak prospek lainnya yang bisa ditempuh oleh lulusan jurusan tersebut semacam akuntansi pendidikan. Hal ini lebih kepada seseorang yang memiliki cita-cita pengajar misalnya guru SMA, ataupun seorang dosen pada Universitas tertentu. Tak jarang lulusan alumni tersebut bekerja di bidang pemerintahan seperti Lembaga Otoritas Jasa keuangan, kementerian keuangan ataupun perekonomian, dan masih banyak lagi opsi di bidang pemerintahan.

Menjadi Auditor internal profesi yang wajib kelulusan program studi tersebut. Gaji yang diterima bagi orang dengan profesi tersebut hingga mencapai puluhan juta rupiah. Semakin banyak lulusan akuntansi tentu semakin sedikit peluang kerja yang akan diperoleh. Jika anda tidak menyiapkan diri untuk bersaing maka hal ini bisa menenggelamkan anda. Untuk lebih memahami pada lanjutan artikel ini akan membahas tentang mata kuliah apa saja yang wajib di lalui.

pixabay.com

Mata Kuliah Wajib Yang Harus Ditempuh

Berikut beberapa mata kuliah yang wajib ditempuh bagi calon mahasiswa lulusan bidang studi tersebut. Pertama akuntansi sektor publik, jurusan tersebut akan dibimbing supaya membuat laporan keuangan terkait instansi pemerintah pusat maupun daerah. Jika anda tidak mempelajari secara menyeluruh maka akan sangat sulit memahami mata kuliah ini.

Selain itu Terus dapat manajemen keuangan, hal ini berpengaruh pada pengambilan keputusan atau menyusun sebuah rencana anggaran pada perusahaan besar. Setelah itu hukum bisnis juga merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh karena akan mempelajari aturan ataupun wewenang terkait bidang hukum khusus akuntansi.

Tidak hanya itu matematika bisnis menjadi salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh bagi mahasiswa jurusan akuntansi. Hal ini untuk memahami terkait dengan keuangan perusahaan ataupun menyusun rencana pembelajaran pada tahun berikutnya. Jangan salah dalam memilih sebuah jurusan pastikan anda mampu mengeluarkan potensi terbaik ketika masa perkuliahan.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *