Rumah, Pakaian dan Tarian Adat Kebudayaan Sumatera Barat

Sumatera barat adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang masuk dalam zona kepulauan sumatera. Provinsi Sumatera barat atau sumbar terkenal dengan kekayaan budaya yang harus kamu ketahui. Ada banyak sekali kebudayaan asli dari sumatera barat yang sayang sekali jika kamu lewati begitu saja.

Pada artikel kali ini kami akan mencoba mengulas secara detail mengenai kebudayaan yang ada di wilayah provinsi sumatera barat. Mulai dari kepercayaan, rumah adat, bahasa setempat dan masih ada banyak lagi yang lain. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang kebudayaan yang ada di wilayah provinsi sumatera barat. Simak ulasan dari artikel yang ada di bawah ini.

Kebudayaan Sumatera Barat

Negara kesatuan republik Indonesia berdiri diatas ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai dengan Merauke. Di antara ribuan pulau tersebut, terdapat 5 pulau utama dan sumatera menjadi salah satu pulau yang paling besar. Pulau sumatera di pecah lagi menjadi beberapa provinsi. Dan satu dari beberapa provinsi tersebut adalah Sumatera Barat.

Provinsi Sumatera Barat memiliki ibukota yang berada di kota Padang. Luas dari sumatera barat sendiri kurang lebih mencapai 42.297,3 km persegi. Provinsi sumatera barat berada di bagian pesisir barat dari pulau sumatera. Provinsi ini berbatasan dengan empat provinsi lain seperti Riau, Jambi, Sumatera Utara dan Bengkulu.

Mayoritas penduduk di provinsi sumatera barat adalah berasal dari etnis minangkabau. Jumlah penduduk dari provinsi ini kurang lebih ada sekitar 4.846.909 jiwa dengan hampir semua masyarakatnya menganut agama islam. Provinsi sumatera barat terbagi menjadi 12 kabupaten dengan 8 kota besar yang terkenal akan keragaman kebudayaan yang berbeda-beda.

Adapun ketika kita membicarakan mengenai kebudayaan di suatu daerah, maka hal tersebut tentu tidak sederhana. Di provinsi sumatera barat sendiri keragaman budaya yang ada menjadi kekayaan tersendiri yang harus terus lestari. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang kebudayaan di provinsi sumatera barat yang kami dapatkan sumber dari web Hidupsimpel.com.

pxhere.com

1. Rumah Adat Sumatera Barat

Yang pertama akan kami bahas mengenai kebudayaan di sumatera barat adalah mengenai Rumah Adat Sumatera Barat. Nama untuk rumah adat di provinsi sumatera barat adalah Rumah Gadang. Rumah Gadang memiliki karakteristik yang unik dan mudah untuk di ingat dari segi bentuk dan konstruksinya.

Salah satu ciri utama dari Rumah Gadang adalah pada bagian atap rumah di buat mengerucut ke atas. Hal tersebut di lakukan sebagai upaya menunjukan simbol diatas sana ada tuhan yang maha esa. Adapun untuk tonjolan tersebut di beri nama gojong dengan di setiap rumah memiliki gojong yang berjumlah sampai dengan 7 buah.

2. Pakaian Adat Sumatera Barat

Pakaian Adat Sumatera Barat ini terbagi untuk dua kategori yaitu laki-laki dan perempuan. Untuk Pakaian Adat Sumatera Barat bagi laki-laki terdiri atas beberapa macam semisal Pakaian Penghulu, Destar, Baju, Sarawa, Sasampiang atau Sesamping, Cawek atau Ikat Pinggang, Sandang, Keris dan juga Tungkek atau Tongkat.

Sedangkan untuk pakaian adat dari sumatera barat bagi perempuan minang terdiri atas beberapa macam seperti Pakaian Limpapeh Rumah Nan Gadang, Baju Batabue atau Baju Bertabur, Minsie, Tingkuluak atau Tengkuluk, Lambak atau Sarung, Salempang, Dukuah atau Kalung, Galang atau Gelang dan juga Palaminan.

pxhere.com

3. Tarian adat Sumatera Barat:

Setelah membahas mengenai pakaian adat, berikutnya adalah tentang beberapa tarian adat di provinsi sumatera barat. Ada banyak sekali Tarian adat Sumatera Barat dan kesemuanya memiliki keragaman dan ciri khas tersendiri.

Beberapa Tarian adat Sumatera Barat antara lain adalah Tari Alang Babega, Indang, Lilin, Pasambahan Minang, Piring, Payung, Rantak, dan Ambek-ambek Koto Anau.

Tentu yang telah terkenal adalah tari piring. Tari piring sendiri menggambarkan mengenai suasana gotong royong dari masyarakat sumatera barat tersebut. Atau bisa juga tentang ketika siang hari mereka bekerja di sawah dan saat malam tiba mereka makan malam bersama dengan suka cita.

Selain itu, ada beberapa tarian adat lain semisal Randai, Sabalah, Barabah, Gelombang, Kain Paisia Selatan, Indang Badindin dan juga Kiek Gadih Minang.

4. Senjata Tradisional Sumatera Barat

Ada beberapa senjata tradisional di provinsi sumatera barat seperti halnya senjata Kerambit, Karih, Kalewang, Ruduih dan juga Piarik. Dahulu semua senjata tersebut sangat berguna dan kebanyakan selalu digunakan ketika berpergian. Hal ini di karenakan pada zaman dahulu ada banyak ancaman yang mengintai.

5. Suku di Sumatera Barat

Suku di Sumatera Barat yang paling banyak adalah suku minangkabau. Dan suku minangkabau sendiri terdiri atas beberapa kubu yang antara lain adalah Suku Sakai, Talang Mamak, Kerinci dan Kubu. Sedangkan beberapa suku lain yang menghuni bumi sumatera barat antara lain adalah Suku Melayu, Suku Mentawai, dan juga Suku Bonai.

Kesimpulan

Nah itulah ulasan lengkap tentang kebudayaan yang ada di wilayah provinsi sumatera barat. Selain semua yang sudah di jelaskan pada artikel diatas, mungkin masih ada banyak lagi kebudayaan-kebudayaan lain di sumatera barat yang belum tersebutkan. Kamu bisa telisik sendiri dan cari referensi lebih lengkap jika kamu perlu melakukan hal tersebut. Sekian dan terima kasih.

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *