Persiapan Awal Membuat Kebun Jagung

Jagung adalah tanaman palawija yang bisa tumbuh dan di budidayakan pada perkebunan. Umumnya perkebunan jagung tersebut bisa memiliki luas beberapa hektar dan terdiri dari jagung dengan satu varietas saja. Bagi kamu yang memiliki minat dan keinginan untuk membuat kebun jagung dan membudidayakannya, kamu tak perlu bingung memikirkan bagaimana caranya.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara sekilas mengenai perkebunan jagung dan cara membudidayakan jagung tersebut secara umum. Mulai dari apa saja yang harus kamu persiapkan tahap demi tahapnya. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang kebun jagung sebagai pengetahuan.

1. Bibit jagung

Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah mencari terlebih dahulu bibit jagung dengan kualitas yang unggul. Kamu bisa mencari bibit jagung yang berkualitas dan bermutu tinggi tersebut di toko-toko pertanian terdekat yang ada di daerah mu.

2. Lahan perkebunan

Setelah kamu mendapatkan bibit jagung dengan kualitas terbaik, tentu kamu harus segera menyiapkan lahan perkebunan untuk menanam bibit jagung tersebut. Tanah yang di perlukan untuk menanam jagung adalah tanah yang subur dan kaya akan zat hara. Jenis tanah apapun semisal tanah andosol, latosol atau grumosol dan yang lain, semua bisa digunakan untuk perkebunan jagung.

Adapun untuk Ph tanah yang dibutuhkan untuk kebun jagung adalah tanah yang memiliki unsur 5,6 – 7,5 Ph. Ketika kamu baru pertama kali membuka lahan, maka kamu pupuk tanah tersebut agar unsur hara dan ph dari tanah dapat terpenuhi.

3. Menanam Jagung

Setelah tanah kamu siapkan, selanjutnya adalah kamu mulai tanam bibit jagung tersebut. Kamu siapkan jarak untuk menanam jagung antara satu lubang dengan lubang lain sekitar 100 cm x 40 cm dan memiliki kedalamam lubang sampai dengan 5 cm. Lubang tersebut kamu isi dengan dua biji dari bibit jagung. Setelah di tanam, kamu rutin memberikan pupuk agar kebutuhan dari jagung tersebut terpenuhi.

4. Panen Jagung

Tahapan terakhir adalah memanen jagung tersebut. Usia jagung yang siap panen berbeda-beda satu dengan yang lain. Kamu bisa menentukan sendiri usia panen dari tanaman jagung tersebut.

Nah itulah ulasan lengkap tentang cara perkebunan jagung. Sekian dan terima kasih.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *