Semur Ayam Pedas

Semur ayam menjadi olahan favorit bagi banyak orang karena cita rasa bumbu yang sangat melekat pada lidah. Semur ayam sendiri merupakah salah satu olahan daging ayam yang dimodifikasi menjadi varian baru. Semur ayam juga memiliki banyak macam, dan salah satunya adalah semur ayam pedas yang menggunakan bahan utama cabe dalam jumlah yang sangat banyak. Perpaduan antara kecap manis dan bumbu kental yang meresap kedalam tiap daging menjadi ciri khas dari masakan semur ayam. Karena ciri khas inilah yang membuat masakan semur ayam menjadi terkenal di berbagai daerah di Indonesia.

Bagaimana Sejarah Semur Ayam Bisa Masuk ke Indonesia?

Dulunya semur ayam adalah makanan yang berasal dari negara Belanda. Di negara Belanda masakan ini lebih sering disebut sebagai smoor, dan akhirnya setelah sampai ke Indonesia memiliki sebutan baru, yakni semur. Smoor merupakan sebuah kata yang memiliki arti dari teknik perebusan makanan dengan menggunakan nyala api kecil untuk waktu yang cukup lama untuk bisa menghasilkan daging yang bertekstur lembut.  Jadi kemungkinan masakan ini sudah ada sejak Belanda menjajah Indonesia pada abad ke-17.

Adanya pengaruh interaksi masyarakat Belanda dengan masyarakat Indonesia menjadi kunci utama dalam masuknya jenis masakan ini ke negara Indonesia. Makanan semur ayam ini dulunya adalah sajian makanan menu utama untuk perjamuan. Dan akhirnya kini semur ayam menjadi resep masakan turun-temurun di Indonesia.

Sering kita jumpai di Indonesia bahwa makanan ini dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya seperti jamur, wortel, tomat, kentang, jengkol, terong, kubis, dan lain sebagainya. Bahan tambahan seperti ini ditambahkan pada masakan semur ayam agar rasanya lebih enak dan lezat di lidah orang yang memakannya.

pexels.com

Bahan Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Bisa Membuat Semur Ayam Pedas?

Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatannya, bisa dengan click here sarahjanebedwell.com/ untuk info lebih lengkap.

  • Ayam yang sudah dipotong bagian paha atas dan bawah sekitar 4 potong, 2 potong untuk bagian paha dan 2 potong lainnya untuk bagian bawah paha,
  • Minyak goreng secukupnya,
  • Garam setengah sendok teh,
  • Cengkeh 2 butir,
  • Bubuk Pala ¼ sendok teh,
  • Kayu manis berukuran 2 cm,
  • Tomat 2 buah dipotong-potong sesuai selera,
  • Kecap manis secukupnya,
  • Bawang goreng tabur satu sendok makan,
  • Santan 500 ml,
  • Mie Kaca/ suun sekitar 25 gr yang sudah direndam dalam air panas,
  • Cabe rawit utuh yang disesuaikan dengan selera. Mungkin bagi kamu yang menyukai sensai pedas bisa menambahkan cabe rawit sekitar 15-20 buah.
  • Bumbu halus yang terdiri dari 6 butir bawang merah, 2 butir kemiri yang sudah disangrai terlebih dahulu, jahe berukuran sekitar 1 cm, bawang putih sekitar 2 siung, dan garam ¼ sendok makan. Semua bumbu tersebut dicampurkan dan dihaluskan bersamaan sehingga bisa menjadi bumbu yang lezat untuk membuat semur ayam pedas.
pexels.com

Bagaimana Cara Membuat Semur Ayam Pedas?

  • Langkah awal untuk membuat semur ayam pedas adalah dengan mengolesi paha ayam yan sudah dipotong sebelumnya dengan menggunakan garam. Selanjutnya menunggu sekitar 30 menit agar garam yang telah diolesi tersebut dapat meresap dengan sempurna. Sembari menunggu garam tersebut bisa meresap dengan sempurna, maka kamu bisa mulai memanaskan wajan untuk memasak dengan suhu yang cukup panas.
  • Langkah kedua adalah dengan memasukkan paha ayam yang sudah diolesi dengan garam tadi kedalam wajan yang sudah panas dan menggorengnya hingga matang dan berwarna kecoklatan emas. Namun, ketika menggorengnya jangan sampai terlalu matang karena ketika daging yang dimasak terlalu matang maka hal ini akan berpengaruh pada kualitas daging semur yang akan dibuat nanti. Setelah itu menumis bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya dan menambahkan bubuk pala, kayu manis, serta cengkih. Paha ayam yang sudah digoreng setengah matang mulai diaduk hingga rata dan bumbu-bumbu yang dimasukkan kedalam wajan bisa meresap dengan sempurna dan memunculkan aroma yang sedap.
  • Langkah yang ketiga adalah dengan memberikan cairan santan serta menambahkan kecap manis secukupnya, dan tomat serta cabai rawit. Setelahnya masak lagi hingga mendidih dan segera tambahkan mie kaca atau suun untuk penambahan bahan masakan pada semur ayam yang telah dimasak. Setelah mendidih dan benar-benar matang maka sajikan semur ayam pedas tersebut kedalam sebuah wadah yang cukup besar dan dapat menahan panas untuk cukup lama, lalu tambahkan taburan bawang goreng agar tambah lezat dan nikmat ketika dimakan bersama dengan keluarga atau pun teman. Sebisa mungkin sajikan masakan semur ayam pedas ketika masih panas.
  • Langkah yang terakhir adalah dengan menambahi bahan isian tambahan pada sajian masakan agar menambah kelengkapan. Mungkin kamu bisa menambahkan bahan-bahan lainnya seperti kentang, wortel, paprika, tomat, bawang bombay, atau pun bahan makanan yang disukai. Dan jika ada bahan utama yang tidak disukai seperti ayam, maka kamu bisa menggantinya dengan bahan lainnya yang juga merupakan daging, yakni daging sapi, daging kambing, atau pun ati ampela ayam, ikan laut seperti salmon atau pun tuna.

Bagi kamu yang ingin membuat varian berbeda dalam membuat semur ayam maka bisa dengab menggunakan bahan lainnya serta bumbu yang berbeda sesuai dengan modifikasi resep yang akan dibuat. Kandungan gizi fosfor yang ada pada ayam dapat menjadi solusi alternatif untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu yang memiliki anak bisa membuat menu makanan dengan olahan ayam dan salah satunya dengan menyajikan semur ayam.

Published by