Inilah Ciri Orang Kecanduan Gadget

Berkembangnya teknologi mempengaruhi kehidupan sehari – hari. Salah satu bukti semakin majunya teknologi adalah adanya gadget. Gadget adalah sebuah alat untuk saling bertukar informasi. Seiring munculnya gadget kini semua orang bisa mengakses berbagai hal dengan sangat mudah. Tidak hanya sekedar bertukar informasi saja melainkan menggunakan gadget orang bisa menjalankan berbagai aplikasi seperti menggunakan media sosial dan bermain game. Semua hal bisa diakses melalui sebuah gadget.

Hal tersebut menyebabkan gadget menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki oleh semua orang. Keberadaan gadget memang dirasakan sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Semakin mudahnya orang mengakses berbagai hal menjadi salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dari adanya gadget ini. Namun disisi sangat menguntungkan, penggunaan gadget yang berlebihan juga bisa menyebabkan kecanduan. Kecanduan inilah yang cukup memprihatinkan.

pixabay.com

Ciri Umum Orang Kecanduan Gadget

Seseorang yang mengalami kecanduan gadget mungkin tidak akan sadar bahwa dirinya telah mengalami masalah kesehatan. Tidak semua orang tahu bahwa dampak dari kecanduan ini cukup menghawatirkan. Biasanya orang yang mengalami kecanduan ini akan mengalami gangguan emosi, terjadi nyeri leher, membuat sulit beraktivitas, tidur menjadi berkurang, dan bahkan bisa menyebabkan berbagai penyakit tertentu lainnya. Hal ini menyebabkan terjadinya kecanduan tidak bisa disepelekan.

Orang yang dikatakan kecanduan gadget biasanya erat kaitannya dengan adanya internet. Dengan adanya internet ini maka menyebabkan banyak hal bisa diakses melalui gadget. Seperti memainkan media sosial, bermain game, dan menikmati berbagai fitur yang ada di dalam gadget. Itulah yang menyebabkan orang semakin kecanduan untuk menggunakan gadget setiap harinya. Kecanduan ini juga bisa menyebabkan efek euforia yang mana sama seperti efek kecanduan pada umumnya. Adanya kecanduan ini lama kelamaan juga bisa mempengaruhi kondisi fisik, psikologis, dan juga bisa mempengaruhi perilaku seseorang. Sehingga sebisa mungkin kecanduan akan penggunaan gadget bisa dikurangi.

Orang yang mengalami kecanduan ini bisa biasanya ditandai dengan beberapa hal. Ciri – ciri orang yang mengalami kecanduan akan gadget adalah orang yang sebagian besar waktunya ia habiskan untuk mengakses gadget. Biasanya orang akan memainkan smartphone, tablet, portable gaming device, dan juga laptop. Orang – orang yang menghabiskan waktunya hanya untuk memainkan alat – alat tersebut bisa dikatakan telah kecanduan.

Ciri – ciri lainnya adalah biasanya orang yang kecanduan akan gadget kemana pun ia pergi ia akan merasa bahwa gadget adalah barang yang wajib dibawa. Bahkan jika gadget ketinggalan akan sangat memungkinkan untuk kembali mengambilnya. Hal ini menunjukan bahwa dirinya tidak bisa lepas dari gadget. Selain itu biasanya orang akan melakukan segala aktivitasnya melalui gadget tersebut. Itulah ciri – ciri orang yang mengalami gangguan kecanduan.

pixabay.com

Dampak dan Menganggulangi Kecanduan Gadget

Jika seseorang telah mengalami kecanduan gadget maka dirinya akan mengalami beberapa gangguan kesehatan. Biasanya bagian tubuh yang akan mengalami masalah adalah bagian mata. Kecanduan menggunakan gadget ini akan menyebabkan masalah pada mata. Mata adalah bagian tubuh yang selalu menatap layar gadget itulah yang menyebabkan mata bisa mengalami masalah.

Selain itu kecanduan ini akan menyebabkan beberapa bagian tubuh akan terasa nyeri. Para pengguna gadget yang berlebihan mungkin tidak akan sadar bahwa bagian leher dan bahu terasa sakit. Bagian jari – jari dan pergelangan tangan juga akan terasa lebih nyeri. Biasanya hal ini tidak akan disadari oleh penggunanya. Hal ini dianggap halnyang wajar. Tentu saja jika dibiarkan terlalu lama tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Penggunaan gadget yang berlebihan ini juga bisa menyebabkan seseorang menjadi kurang tidur. Merasa semua yang ada di dalam gadget sangat menarik untuk dilihat membuat orang tersebut kurang tidur. Tubuh yang kurang tidur tentu bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan muncul. Sehingga penggunaan gadget harus bisa diatur sebaik mungkin. Tidak hanya efek fisiknya saja melainkan penggunaan gadget berlebihan bisa menyebabkan orang mengalami gangguan psikologis seperti depresi, mudah emosi, orang tidak suka bersosialisasi, sangat susah untuk fokus, dan masih banyak dampak lainnya yang dimunculkan oleh kecanduan ini.

Jika ditarik kesimpulan adalah penggunaan gadget yang berlebihan sangat tidak baik untuk fisik dan psikologis seseorang. Sehingga sebagai pengguna gadget anda harus mulai bijaksana dalam menggunakannya. Cara menganggulangi kecanduan ini sebenarnya susah – susah gampang. Tergantung niat seseorang untuk bisa mengurangi penggunaan gadget yang berlebihan.

pixabay.com

Cara mengurangi kecanduan ini adalah mengurangi intensitas penggunaannya. Kurangi waktu penggunaan gadget untuk waktu tertentu. Semisal jika sedang ada dijalan jangan sampai anda memainkan gadget. Jangan memainkan gadget ketika sedang mengendarai kendaraan. Jika bisa berilah waktu untuk menggunakan gadget. Hal ini akan membiasakan diri anda untuk tidak terlalu bergantung dengan gadget.

Hindari penggunaan gadget diwaktu – waktu tertentu. Seperti ketika sedang makan jangan biasakan untuk bermain gadget. Gantilah waktu bermain gadet dengan hal – hal yang positif seperti berolahraga. Waktu luang yang anda miliki bisa diganti dengan aktivitas yang lebih bermanfaat. Itulah dampak dan cara menanggulangi kecanduan akan gadget, cari juga beberapa informasi lainnya di aptoide.co.id.

 

Published by