Keindahan Bunga Aster dan Manfaatnya

Bunga aster merupakan jenis bunga yang masih serumpun dengan bunga krisan, sering disebut pula sebagai bunga seruni. Bunga ini banyak diburu oleh para penggemar tanaman hias karena memiliki warna yang menarik. Disamping itu, ternyata bunga ini juga memiliki manfaat dalam bidang kesehatan, sehingga tak heran jika banyak masyarakat yang mencoba untuk membeli bibit bunga tersebut. Sebagai tambahan informasi bagi Anda, berikut ini akan dibahas mengenai keindahan dari bunga aster beserta manfaatnya.

Nilai Lebih dari Bunga Aster

Selain keindahan fisiknya, ternyata ada nilai lebih dari bunga aster ini. Berikut adalah beberapa manfaat dari bunga aster dalam bidang kesehatan.

1. Anti Nyamuk

Manfaat pertama dari bunga ini adalah dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Cukup menanam bunga ini di halaman rumah maupun menaruhya beberapa tangkai di dalam rumah, dijamin nyamuk akan pergi dari rumah.

2. Penghancur Batuk Berdahak

Batuk berdahak memang cukup merepotkan karena harus mencari obat yang mengandung ekspektoran. Jika Anda mengalami hal demikian, Anda dapat membuat ramuan dari akar bunga aster untuk dijadikan sebagai obat batuk. Tak hanya batuk berdahak saja, ternyata akar bunga aster pun dapat berguna untuk mengobati batuk kering maupun batuk berdarah.

3. Penangkal Racun Terbaik

Semua bagian dari bunga aster memiliki manfaat yang berbeda-beda. Salah satunya adalah bagian bunganya yang dapat digunakan untuk menghilangkan pengaruh racun akibat gigitan ular dan serangga.

4. Obat Infeksi

Tanaman ini mempunyai fungsi lebih yang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat digunakan sebagai obat infeksi. Cara kerjanya yakni dapat memperkuat sistem imun dalam tubuh sehingga virus dalam tubuh yang luka dapat disembuhkan dengan cepat.

5. Obat Inflamasi

Apabila Anda mengalami peradangan pada sendi atau tubuh lainnya, kini Anda dapat menggunakan ekstrak bunga aster untuk dijadikan sebagai obat anti inflamasi. Anda dapat memanfaatkan bunganya untuk dijadikan salep atau krim yang dioleskan pada kulit yang meradang.

 

Selain menarik untuk dilihat, ternyata bunga aster juga mempunyai beragam manfaat lain bagi kesehatan. Melihat banyaknya manfaat yang terkandung didalamnya, kini Anda mulai bisa mencoba untuk membudidayakannya. Perbanyak informasi seputar budidaya bunga aster melalui berbagai media. Selamat mencoba.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *