Inilah Manfaat Kurma Untuk Pengobatan

Buah kurma rasanya manis dan lezat sehingga banyak orang yang menyukainya. Selain itu, buah satu ini juga memiliki banyak sekali kandungan didalamnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung maupun diolah menjadi banyak kreasi makanan. Berikut ini berbagai kandungan didalam buah kurma dalam ukuran 100 gram.

Kandungan Kurma

Kandungan dalam kurma 100 gram :

  1. Air – 18. 27
  2. Energi – 251 kkal
  3. Vitamin B1 – 0. 046 mg
  4. Karbohidrat – 66. 78 g
  5. Vitamin A – 9 IU
  6. Protein – 2. 81 g
  7. Vitamin B5 – 0. 525 mg
  8. Total lemak – 0. 35 g
  9. Vitamin B2 – 0. 059 mg
  10. Serat – 7. 1 g
  11. Vitamin B3 – 1. 134 mg
  12. Gula – 56. 38 g
  13. Kolesterol – 0 mg
  14. Vitamin E – 0. 04 mg
  15. Vitamin K – 2. 4 mcg
  16. Kalsium – 35 mg
  17. Vitamin B6 – 0. 147 mg
  18. Lemak jenuh – 0. 0028 g
  19. Vitamin B9 – 17 mcg
  20. MUFA – 0. 0032 g
  21. Vitamin B12 – 0 mcg
  22. PUFA – 0. 017 g
  23. Vitamin C – 0. 4 mg
  24. Zat Besi – 0. 91 mg
  25. Likopen – 0 mcg
  26. Kalium – 484 mg
  27. Lutein dan zeaxantin – 67 mcg
  28. Beta karoten – 5 mcg
  29. Magnesium – 38 mg
  30. Fosfor
  31. Sodium – 2 mg

Seng – 0. 26 mg

Manfaat Kurma Untuk Pengobatan

pixabay.com

Nah itulah kandungan di dalam buah kurma. Sangat kaya bukan? Dengan berbagai kandungan yang ada, tentu saja memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat yang baik untuk tubuh. Buah kurma dapat membantu mengobati berbagai penyakit serta menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat buah kurma untuk pengobatan yang perlu diketahui.

1. Mengobati Sembelit

Mengonsumsi kurma, dapat mengobati sembelit. Ini karena kandungan serat larur dan asam amino pada kurma dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Tak hanya itu, buah kurma juga dapat menjaga metabolisme tubuh.

Cara menyajikan kurma untuk mengobati sembelit, pertama, siapkan beberapa buah kurma, rendam di air matang selama semalaman/24 jam. Keesokan harinya anda bisa mengonsumsinya, juga minum bersama rendaman air kurma.  Agar hasil maksimal konsumsilah secara rutin. Mengonsumsi kurma secara rutin, tak hanya memperlancar sistem pencernaan dan mengobati sembelit, tapi juga anda akan mendapatkan manfaat lainya.

2.  Memperlancar sistem pencernaan

Selain mengatasi sembelit, kurma juga bisa meningkatkan produksi bakteri baik dan melawan bakteri jahat pada sistem pencernaan, sehingga kinerja pencernaan lancar dan normal. Ini berkat kandungan serat di dalam buah satu ini sangat tinggi.

3.  Membantu Kesehatan Jantung

Buah kurma juga dapat membantu kesehatan jantung dengan meningkatkan kinerja jantung lemah, menjadi lebih baik berkat kandungan pitasium didalam kurma. Menurut beberapa riset, potasium bermanfaat untuk mengurangi risiko peningkatan kolesterol jahat didalam tubuh pemicu penyakit jantung. Potasium juga bermanfaat untuk  mengurangi risiko serangan stroke.

4. Mengobati dan Mencegah Infeksi pada Kulit Sensitif

Buah kurma dapat mengobati dan mencegah infeksi pada kulit sensitif. Ini berkat kandungan vitamin B6 dan protein didalamnya, yang dapat cegah iritasi pada kulit sensitif. Cara menggunakanya mudah, buatlah kurma menjadi krim lalu oleskan sebagai masker muka, diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. Selain mencegah infeksi, krim kurma juga bisa membuat kulit terlihat cerah  dan segar.

pixabay.com

5. Atasi Rambut bercabang dan Kering

Buah kurma mengandung asam pantotenat yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Mengonsumsi buah kurma secara teratur diklaim bisa mengatasi berbagai masalah pada rambut seperti masalah rambut bercabang dan kering. Serta mencegah rambut rontok dan menyehatkan rambut.

6. Cegah Diabetes

Buah kurma juga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes. Ini lantaran buah kurma memiliki banyak kandungan serat yang berguna bagi tubuh, terutama untuk cegah diabetes. Mengonsumsi kurma juga tidak akan berefek langsung terhadap meningkatnya kadar gula dalam darah.

7.Mencegah anemia

Mudah lelah dan kulit pucat, bisa jadi tanda anemia. Anemia bisa disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi. Buah kurma bisa mencegah penyakit ini berkat kandungan zat besi  terkandung didalamnya yang cukup tersedia. Jangan ragu mengonsumsi kurma untuk cegah anemia.

8. Menjaga kesehatan otak

Kandungan antioksidan flavonoid didalam buah kurma, dapat membantu menghambat peradangan interleukin pada otak, yang seringkali dihubungkan dengan penyakit alzheimer.

  1. Melancarkan persalinan

Buah kurma bisa melancarkan persalinan dan mempercepat kontraksi serta mempercepat persalinan tanpa induksi atau secara alami. Ibu hamil disarankan mengonsumsinya pada masa kehamilan akhir, namun harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah kurma.

Nah itulah manfaat buah kurma untuk pengobatan yang perlu diketahui. Anda bisa mengonsumsinya, selain rasanya lezat juga menyehatkan. Namun jangan sampai berlebihan dan jangan salah pilih sebelum membeli kurma ya. Karena dipasaran banyak produk yang tidak asli, sehingga Anda wajib mencari toko jual kurma yang terpercaya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *