Kuliah Kenapa Harus IPDN?

Sekarang ini untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bukanlah hal yang sulit. Apalagi dengan banyaknya pilihan perguruan tinggi dan sekolah kedinasan yang tersedia saat ini. Tentunya para siswa lulusan baru ini dapat dengan mudah memilih pendidikan tinggi yang sesuai dengan minat mereka.

Berbicara tentang minat, tidak perlu diragukan jika sekolah kedinasan di Indonesia menjadi salah satu lembaga pendidikan unggulan. Hal ini ditambah dengan munculnya stigma dari masyarakat yang berpendapat jika lulusan sekolah kedinasan bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah karena akan dibantu oleh pihak institusi tersebut.

Selain itu, pada beberapa sekolah kedinasan juga menawarkan pendidikan yang gratis, seperti Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN. Bagi para pemburu sekolah kedinasan tentu sudah tidak asing lagi dengan IPDN ini. Sekolah kedinasan IPDN berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri.

pxhere.com

Keberadaan IPDN ini bertujuan untuk menyiapkan kader-kader baru untuk pemerintah, baik itu di tingkat daerah maupun pusat. Adapun lokasi IPDN ini berada di beberapa daerah, antara lain Jakarta, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua, Kalimantan Barat, dan juga Riau.

Jadi, bagi Anda bisa memilih kampus terdekat dari tempat tinggal Anda. Di IPDN ini terdapat dua fakultas dan beberapa prodi. Berikut ini adalah prodi yang ada di IPDN.

  1. Fakultas Politik Pemerintahan dengan prodi:
  2. Studi Kebijakan Pemerintahan
  3. Studi Politik Pemerintahan
  4. Fakultas Manajemen Pemerintahan dengan prodi:
  5. Studi Manajemen SDM
  6. Studi Manajemen Keuangan
  7. Studi Manajemen Pembangunan
  8. Studi Manajemen Pemerintahan

Secara tidak langsung, IPDN ini dikhususkan bagi Anda yang tertarik untuk terjun langsung dan bekerja di pemerintahan. Maka dari itu, fakultas dan prodi yang tersedia juga bersangkutan dengan pemerintahan. Bagi Anda yang ingin menjadi calon praja, maka sejak sekarang Anda sudah bisa mencari informasi terkait pendaftaran IPDN.

pxhere.com

Kenapa Harus IPDN?

Sebagian orang pasti banyak yang bertanya-tanya, kenapa harus IPDN? Padahal ada banyak pilihan sekolah kedinasan lainnya. Tentunya IPDN ini memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh lembaga lain sehingga mampu menarik perhatian banyak generasi muda. Di bawah ini adalah alasan Anda harus memilih IPDN sebagai pendidikan lanjutan.

  1. Memiliki Tenaga Pengajar Profesional Dibidangnya

Seluruh tenaga pengajar yang ada di IPDN, baik itu dosen, pelatih, hingga pengasuh merupakan orang-orang terpilih dari proses seleksi yang panjang untuk mengajar calon kader bangsa. Oleh karena itu, kualitas dari tenaga pengajar mereka sudah tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, akademisi yang memang berkompeten serta memiliki pengalaman mengajar di lapangan juga mempunyai kesempatan untuk menjadi pengajar di IPDN. Hal ini bertujuan untuk membentuk praja IPDN agar selalu siap sedia bekerja di lapangan dengan bekal pengalaman yang cukup.

  1. Perekrutan Praja

Perekrutan Praja IPDN pada setiap tahunnya dilakukan dengan sistem yang berbeda dan tergantung pada kebutuhan formasi CPNS di pusat. Jadi, proses perekrutan ini lebih mengarah pada seleksi CPNS yang bisa dilakukan oleh para praja yang sudah tamat pendidikan.

Akan tetapi, sebelumnya para praja harus menempuh serangkaian tes tertulis, tes kesehatan, dan tes kesmaptaan di kampus pusat. Setiap praja harus melakukan tes dengan maksimal karena ada banyak peserta yang mengikuti seleksi ini. Hal ini bertujuan supaya praja IPDN mempunyai kualitas yang mumpuni.

pxhere.com
  1. Beprestasi

Sampai sekarang ini, belum banyak media yang mengekspos hasil prestasi dari para praja IPDN. Padahal sebenarnya IPDN sudah banyak mencetak kejuaraan di berbagai perlombaan. Bahkan salah satunya pernah menjadi bagian dari International Conference yang dilaksanakan di berbagai negara.

Selain itu, IPDN merupakan sekolah kedinasan yang selalu menjadi juara umum selama tujuh tahun berturut-turut di Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan bagi sekolah kedinasan di seluruh Indonesia. Prestasi yang membanggakan, bukan?

Melihat penjelasan di atas, bukan tidak heran jika IPDN ini mendapat tempat di hati masyarakat dan banyak calon-calon praja yang berjuang dengan keras agar bisa menjadi bagian dari IPDN ini. Tidak jarang mereka telah belajar dan latihan fisik dari jauh-jauh hari untuk mempersiapkan ujian seleksi IPDN.

Bagi Anda yang memiliki ambisi untuk masuk ke IPDN, maka jangan pernah lelah untuk mempelajari materi serta soal-soal yang nanti akan diujikan ketika proses seleksi. Saat ini ada banyak contoh soal yang bisa Anda unduh di internet. Selain itu, Anda juga menemukan buku-buku tes seleksi IPDN di berbagai toko buku di Indonesia.

Namun, jika Anda merasa hal tersebut masih belum cukup, maka Anda dapat mendaftarkan diri ke tempat bimbel IPDN. Tujuannya adalah untuk mematangkan persiapan yang telah Anda lakukan selama ini. Kini Anda dapat menemukan bimbel IPDN dengan mudah di berbagai daerah.

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *