Biaya Kuliah di Australia

Australia merupakan negara berbahasa Inggris dengan lokasi yang paling dekat dengan Indonesia. Lebih dari 2,5 juta mahasiswa internasional melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Australia. Setelah menamatkan studi di Australia, biasanya mereka pulang ke negaranya dan melanjutkan untuk membangun negaranya berbekal ilmu yang sudah mereka dapatkan selama mengenyam pendidikan di Australia. Artinya, Australia memiliki kualitas pendidikan yang memadai dan tidak kalah saing dengan negara Amerika maupun Inggris.

 

Sebagai seorang mahasiswa Indonesia yang akan pergi studi ke Australia, sebaiknya kalian kenali dulu biaya kuliah sekaligus biaya hidup di sana. Terlebih bagi kalian yang pergi melanjutkan studi ke Negara Kanguru dengan biaya sendiri. Tapi melihat banyaknya mahasiswa dari berbagai penjuru dunia yang melanjutkan kuliah di sana. Ini membuktikan bahwa tidaklah sulit untuk tinggal dan hidup di negara tersebut.

 

Sebelum melanjut ke bangku universitas, di sana terdapat bangku pra universitas yang merupakan program studi persiapan intensif sebagai bekal untuk lebih siap menghadapi bangku perkuliahan. Lama durasi menempuh bangku pra universitas ini yaitu antara 6 sampai 12 bulan. Adapun biaya yang dibutuhkan yaitu sekitar AUD 20.000-AUD 33.000 per tahun.

 

Memasuki studi di perguruan tinggi, Australia sendiri memili 43 universitas yang terakreditasi, terdiri dari 40 universitas internasional dan satu universitas internasional dan satu universitas swasta. Berbeda dengan di Indonesia,  perguruan tinggi di Australia mayoritas menawarkan kombinasi dari berbagai bidang studi, sehingga setiap mahasiswa bisa mendapatkan lebih dari satu kualifikasi dalam waktu yang bersamaan (Double Degree). Bahkan saat tahun terakhir di program sarjana, bagi sarjana yang berprestasi akan ditawarkan untuk menambah 1 tahun studi untuk mendapatkan gelar kehormatan (Honours). Jika lulus dengan nilai memuaskan (First Calss Honours), pelajar tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan ke program Doktoral, sehingga waktu studi pun menjadi lebih singkat.

 

Berbicara mengenai biaya kuliah, untuk mata kuliah berbasis non riset laboratorium (Non-Lab Degree – Arts, Business, Economics dan Law) antara AUD 25.000-AUD 38.000 per tahun. Adapun untuk Lab Degree (Science and Engineering) sekitar AUD 23.000-AUD 35.000 per tahun. Khusus untuk program Medicine biaya kuliah sekitar AUD 55.000-AUD 66.000.

 

Program Pascasarjana sendiri terdiri dari beberapa program, yaitu Graduate Certificate (6 bulan), Graduate Diploma (1 tahun), Master Degree (1-2 tahun), dan Doctoral Degree (3-4 tahun). Adapun biaya kuliah untuk program Pascasarjana (Graduate Certificate, Graduate Diploma dan Master) sekitar AUD 25.000-AUD 34.000 per tahun.

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *