Keunggulan Mesin Disel

Deskripsi

Di Indonesia mesin disel memang kurang populer. Padahal di berbagai belahan dunia mesin disel telah terbukti ketangguhannya.

Artikel

Sejak tahun 2007 dunia otomotif semakin lengkap dengan berbagai jenis dan desain yang menarik. Sedangkan di Indonesia mobil tipe hatchback masih menjadi primadonanya. Tapi belakangan ini menjamur mobil-mobil SUV di setiap jalanan Indonesia.

Mobil SUV ialah tipe mobil yang memiliki bodi besar dan ukurannya tinggi dari permukaan tanah. Pastinya mobil SUV ini dapat digunakan dalam kondisi jalan seperti apapun. Ternyata desain mobil SUV ini menggunakan mesin disel yang mempunyai kekuatan lebih besar daripada mobil dengan bahan bakar bensin.

Keunggulan Mesin Disel

Lalu apa saja keunggulan mesin disel sehingga sekarang mesin ini menjamur di Indonesia? Nah berikut keunggulan-keunggulan mesin disel yang harus Anda ketahui:

  1. Anti Kena Overheat

Mobil dengan bahan bakar biasanya lebih rawan terkena overheat, sebab adanya uap yang dikeluarkan oleh konsumsi bahan bakar. Nah keunggulan mesin disel adalah tidak mengeluarkan uap sehingga potensi overheat dan kebakaran jauh lebih kecil.

Maka dari itu mobi yang menggunakan mesin disel akan lebih aman ketika melaju di jalan raya yang sibuk serta rentan bersuhu panas tinggi.

  1. Mesin Disel Memiliki Torsi Maksimum pada RPM Rendah

Mobil dengan mesin disel menghasilkan torsi yang rendah sehingga konsumsi bahan bakarnya pun menjadi lebih efisien. Jadi meskipun konsumsi bahan bakarnya sedikit tapi tenaganya sangat luar biasa. Dan pastinya akan sangat menghemat pengeluaran bahan bakar dong.

  1. Pengapian otomatis

Maksud dari pengapian otomatis yaitu mobil disel tidak memakai kawat dan busi sehingga akan menguntungkan pemeliharaan yang lebih efisien. Mesin disel hanya menggunakan sedikit komponen ketika beroperasi. Maka pengapian otomatis akan lebih menguntungkan sebab biaya pemeliharaan mobil lebih murah.

  1. Mobil disel Lebih Tahan Lama

Mobil disel tidak memerlukan pengapian yang tinggi sehingga resiko kerusakan mesin pun kecil. Maka dari itu mobil dengan mesin disel akan jauh lebih tahan lama dibandingkan mesin bensin.

Itu dia keunggulan-keunggulan dari mesin disel yang tentunya akan membuat Anda lebih hemat. Jadi bagaimana apakah Anda tertarik menggunakan mesin disel?

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *