Concern OHSAS 18001:2007 Perihal Keselamatan Bekerja

OHSAS 18001:2007 adalah suatu standar internasional yang bisa menjamin dan mengatur Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Sebuah organisasi yang baik harus bersertifikat OHSAS 18001:2007 untuk melindungi segenap karyawan yang bernaung di bawahnya. Profit dan kelangsungan organisasi memang penting, namun kesehatan dan keselamatan karyawan juga tidak kalah penting.

Standar OHSAS 18001:2007 diterbitkan pada tahun 2007 dan merupakan sebuah revisi dari versi sebelumnya yaitu pada tahun 1999. Tentu saja dengan menambahkan poin-poin perbaikan. Simak ulasan tentang OHSAS 18001:2007 selengkapnya di bawah ini!

OHSAS 18001:2007 untuk Keselamatan Bekerja

pexels.com

OHSAS 18001:2007 merupakan revisi dari OHSAS 18001:1999 untuk mengelola segala hal yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja. Ya, setiap organisasi memang harus memiliki sertifikat berstandar internasional ini untuk melindungi semua pihak yang ada pada organisasi tersebut.

Perlindungan ini terkait dengan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja. Setiap karyawan berhak mendapatkan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja karena mereka rela mencurahkan segala daya, tenaga dan pikiran demi kelangsungan sebuah organisasi.

Manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3) juga menjadi tolak ukur kredibilitas dari sebuah organisasi. Organisasi yang benar-benar kredibel sangat memperhatikan hal ini karena bagi organisasi tersebut karyawan adalah aset berharga yang harus dijaga kesehatan dan keselamatannya.

Semua pekerjaan memang ada risiko, sekecil apapun risiko tersebut. Oleh karena itu, dengan mengimplementasikan standar ini maka sedikit banyak organisasi bisa membuat segenap pihak bisa melakukan tugasnya dengan nyaman karena merasa dilindungi. Mereka juga akan merasa bahwa pengorbanan yang diberikan kepada organisai layak karena adanya manajemen kesehatan dan keselamatan kerja yang baik.

Di dalam Standar OHSAS 18001:2007 memang terdapat kerangka yang akan membuat kinerja sistem manajeman kesehatan dan keselamatan kerja efektif. Kerangka tersebut juga akan sesuai dengan perundang-undangan yang bisa diterapkan pada semua aktivitas. Kerangka dalam standar ini juga bisa dengan mudah mengenali segala macam marabahaya yang berpotensi muncul.

Jadi standar ini memang disarankan untuk diterapkan pada semua jenis organisasi. Khususnya organisasi-organisasi yang ingin menghapuskan sama sekali atau meminimalisir segala risiko terkait kesehatan dan keselamatan kerja pada semua karyawan. Ya, organisasi yang peduli dengan kelangsungannya memang harus peduli dengan kesehatan dan keselamatan kerja semua pihak dalam organisasi.

Karena jika tidak, yang akan merugi malah organisasi tersebut. Sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja yang buruk bisa saja membuat karyawan mengendurkan etos kerja dan moril berkorban mereka. Dengan etos kerja yang buruk, maka akan berdampak pada organisasi tersebut. Misalnya saja berkurangnya profesionalisme karyawan dan hilangnya pelanggan setia.

Selain itu organisasi yang menerapkan standar internasional ini akan memiliki struktur manajemen yang rapi khususnya terkait dengan K3. Misalnya saja wewenang dan tanggung jawab yang tegas, target perbaikan yang jelas pencapaian yang bisa diukur dengan pendekatan terstruktur dan penilaian risiko.

Manfaat OHSAS 18001:2007

 

Bukti Komitmen

Manfaat dengan menerapkan OHSAS 18001:2007 pada sebuah organisasi adalah sebagai bukti komitmen untuk memperhatikan K3. Bukti komitmen ini sangat penting karena akan sangat mempengaruhi segala aspek dalam organisasi. Khususnya pihak karyawan, yang akan bersinggungan secara langsung yang berpotensi mempengaruhi kesehatan dan keselamatannya.

OHSAS 18001:2007 memang diterbitkan untuk menjamin sistem manajemen kesehatan dan

pixabay.com

keselamatan kerja yang baik. Semua kerangka yang disusun dalam standar ini sudah sangat sesuai dengan cita kesehatan dan keselamatan kerja yang semestinya.

Mekanisme Pengelolaan

Manfaat selanjutnya dengan diterapkannya OHSAS 18001:2007 adalah untuk memberikan mekanisme pengelolaan dan jaminan. Maksudnya adalah pengelolaan dan jaminan yang ditingkatkan secara kontinyu atau berkelanjutan. Ini penting bagi organisasi karena mereka memiliki pedoman bagaimana mengelola sistem manajemen K3 dengan baik.

Bukti Kepatuhan

Sebuah organisasi yang menerapkan Standar OHSAS 18001:2007 berarti juga membuktikan bahwa organisasi tersebut patuh terhadap peraturan yang berlaku. Hal ini memang penting, karena semua hal ada aturannya termasuk manajemen kesehatan dan keselamatan kerja.

Jika sebuah organisasi menyeleweng dari peraturan dan perundang-undangan yang berlaku maka akan membuat organisasi tersebut merugi. Kerugian yang utama tentu saja terkait dengan karyawan dan pihak lain yang berkepentingan yang akan terdampak kesehatan dan keselamatan kerjanya.

Sebuah organisasi yang menerapkan standar ini maka citranya akan ditingkatkan di mata nasional maupun internasional. Dengan citra perusahaan yang baik, maka bukan sebuah kemustahilan visi dan misi perusahaan bisa dicapai dengan maksimal.

Demikianlah pembahasan tentang OHSAS 18001:2007 yang menjamin sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Untuk Anda yang ingin mendapatkan sertifkat standar ini atau sekedar berkonsultasi tentangnya secara resmi maka bisa menghubungi Badan Sertifikasi ISO tentunya.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *