Manfaat Air Putih Hangat yang Diminum Tiap Hari

Air putih memiliki banyak kegunaan bagi tubuh, khusunya manfaat air putih hangat yang dikonsumsi setiap hari. Rutin mengkonsumsi air hangat akan sangat baik untuk kesehatan dibanding dengan air dingin.

Banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengkonsumsi ari hangat setiap hari, baik di pagi hari maupun di malam hari. Manfaat air hangat juga dapat digunakan untuk meredakan sakit.

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai berbagai manfaat air putih hangat yang dikonsumsi secara rutin. Berikut adalah beberapan manfaat yang didapatkan bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan

pxhere.com
  1. Meredakan Hidung Tersumbat

Saat sedang flu, mengkonsumsi air hangat merupakan pilihan yan tepat. Uap panas dari air hangat akan membantu melegakan hidung yang tersumbat dan sakit kepala. Tidak hanya itu, mengkonsumsi air hangat juga dapat membantu mencegah terbentuknya mukosa yang menyebabkan hidung tersumbat.

Hidung tersumbar selalu dibarengi dengan radang yang terjadi pada tenggorokan. Oleh karena itu, mengkonsumsi air hangat dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi di tenggorokan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi air hangat dapat membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh. Suhu air hangat dapat dengan mudah menghilangkan lemak membandel dalam tubuh. Air hangat akan membuat suhu bagian dalam tubuh menurun dan metabolisme menjadi lebih lancar.

Untuk mendapat khasiat yang lebih baik, tambahkan perasaan air lemon pada air hangat yang hendak dikonsumsi. Perasan lemon akan membantu proses pembakaran lemak karena mengandung vitamin C yang tinggi.

  1. Meredakan Sakit Saat Menstruasi

Saat sedang haid atau menstruasi perut akan merasa kram akibat peluruhan darah pada rahim. Mengkonsumsi air hangat akan memberikan efek menenangkan dan melegakan, sehingga otot perut tidak menjadi kaku.

Selain diminum, air hangat juga bisa digunakan untuk mengkompres perut yang kaku akibat menstruasi. Cara ini terbukti ampuh untuk meredakan nyeri perut saat haid.

pixabay.com
  1. Mencegah Penuaan Dini

Tanpa disadari dengan membiasakan diri untuk mengkonsumsi air putih hangat setiap hari dapat mencegah penuaan dini. Penuaan dini terjadi akibat menumpuknya racun dan radikal bebas pada tubuh. Air hangat akan membantu tubuh untuk merangsang proses detoksifikasi.

Manfaat air putih hangat lainnya untuk kulit adalah memperbaiki sel kulit yang rusak karena penggunaan berbagai kosmetik. Air hangat akan membantu menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit sehingga lebih sehat.

  1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Mengkonsumsi air hangat akan membantu tubuh menjadi lebih rileks dan menenangkan saraf. Tubuh yang rileks akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Fungsi saraf yang optimal akan membantu sistem saraf pada tubuh bekerja lebih optimal, sehingga tubuh dapat beristirahat dengan tenang.

Air hangat yang membantu tubuh beristirahat lebih tenang akan membuat tubuh menjadi segar ketika bangun. Aktivitas di pagi hari juga dapat berjalan dengan lancar karena istirahat yang cukup.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Air hangat jauh lebih optimal dalam dalam membantu organ tubuh untuk mengalirkan sirkulasi darah. Hal ini karena air hangat akan membantu meluruhkan lemak di aliran darah, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Air putih hangat juga membuat fungsi saraf lebih lancar dalam mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh.

pxhere.com

Menjagan Kesehatan Rambut

Berbagai masalah yang terjadi pada rambut nyatanya bisa diminimalisir dengan rutin mengkonsumsi air hangat. Air hangat akan membantu mencegah timbulnya ketombe dan rambut rontok. Hal tersebut terjadi karena air hangat akan membantu mengaktifkan akar-akar rambut aagar rambut menjadi lebih lebat dan sehat.

Hal yang Perlu Dihindari Saat Mengkonsumsi Air Hangat

Manfaat air putih hangat sangatlah baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun perlu diketahui ada beberapa hal yang harus dihindari saat mengkonsumsi air hangat. Salah satunya adalah wadah penyimpanan. Tak sedikit orang yang menyimpan air hangat di botol plastik.

Padahal air putih dengan kondisi hangat akan membuat zat berbahaya yang terkandung di dalam botol ikut tercampur. Hal ini tentunya akan membahayakan bagi tubuh. Banyak ahli kesehatan yang menyebutkan bahwa air hangat yang disimpan dalam botol plastik bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Namun, saat ini sudah banyak jual botol plastik yang dapat digunakan untuk menyimpan air hangat. Pastikan menggunakan botol yang telah lulus uji laboratorium sehingga bisa menahan suhu panas pada air dan tentunya bebas dari kandungan BPA.

Itulah beberapa manfaat air putih hangat yang bisa didapatkan apabila rutin dikonsumsi setiap hari. Tidak hanya baik untuk kesehatan air hangat juga baik untuk kecantikan.

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *