Tips Pilih Baju Renang Syar’i Terbaik untuk Muslimah

Baju renang yang syar’i harus dikenakan oleh setiap muslimah jika ingin melakukan aktivitas berenang. Jadi meskipun berenang dilakukan di kolam renang khusus wanita, namun pakaian renang yang digunakan harus sesuai aturan agama.

Maksudnya pakaian tersebut benar-benar harus menutupi aurat sesuai yang dianjurkan agama Islam. Jadi bagaimana sih cara memilih baju renang yang syar’i itu? Yuk langsung saja disimak di bawah ini ulasannya.

Tips Pilih Baju Renang Syar’i Terbaik untuk Muslimah

pexels.com

Tidak Ketat

Tips pertama ketika memilih baju renang untuk muslimah adalah usahakan baju renang tersebut longgar dan tidak ketat. Baju renang yang longgar saja bisa mencetak tubuh, apalagi jika ketat.

Baju renang yang terlalu longgar memang tidak akan mencetak tubuh, namun masalahnya aktivitas berenang bisa saja kurang leluasa. Oleh karena itu, untuk kenyaman dan alasan syar’i maka disarankan untuk memilih baju renang yang tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

Bahan Baju

Tips pilih baju renang selanjutnya adalah memilih bahan yang nyaman sekaligus tidak transparan. Pemilihan bahan pakaian ini juga mempengaruhi kenyamanan dalam berenang. Jadi usahakan pilih baju renang dan ringan namun tidak tipis sehingga memperlihatkan bentuk tubuh.

Biasanya bahan yang paling cocok untuk baju renang syar’i adalah dari spandex nylon. Kenapa? Karena bahan ini sangat ringan sekaligus tidak transparan, jadi akan sesuai dengan syariat agama.

Kemudian hindari juga memilih baju renang dari bahan yang licin. Karena jika baju renang tersebut dari bahan yang licin, jatuhnya tetap akan mengikuti bentuk tubuh, jadi tidak akan syar’i lagi.

Model Baju

Ketika berbicara masalah baju renang, pasti ada banyak model baju renang yang menarik dipandang. Namun lupakan hal tersebut karena jika Anda muslimah satu-satunya yang harus Anda pikirkan adalah apakah baju tersebut menutupi aurat atau tidak.

Oleh karena itu, baju renang muslimah yang baik adalah yang panjang. Baju tersebut harus memanjang hingga menutupi bagian pantat. Kemudian sesuaikan juga baju renang tersebut dengan postur tubuh Anda, agar tidak terlalu kecil maupun terlalu besar.

Pemilihan Kerudung

Kerudung atau hijab merupakan hal esensial yang harus dikenakan oleh muslimah di tempat umum semisal kolam renang. Meskipun begitu kenyamanan dalam berenang juga harus tetap dipikirkan.

Daripada menggunakan jilbab lebar, lebih baik memadukan baju renang syar’i Anda dengan turban yang memang praktis. Sebelum menggunakan turban, pakailah inner ninja yang akan membuat aktivitas berenang semakin nyaman.

Selain turban, menggunakan jilbab instan juga bisa menjadi opsi atasan ketika berenang. Hindari menggunakan jilbab segi empat yang terkadang menggunakan jarum pentul karena selain tidak cocok juga berisiko.

Pilih Satu Stel

Jika Anda tidak mau ribet, bisa saja pilih baju renang syar’i satu set yang biasanya sudah termasuk jilbab. Selain jilbab, juga sudah disertakan celana renang yang sesuai. Jadi Anda tidak perlu khawatir padu padan jilbab dan celana yang bisa saja tidak matching sama sekali.

Hindari Celana Legging

Untuk muslimah sebisa mungkin menghindari menggunakan bawahan legging ketika berenang. Karena legging yang tentu ketat menampilkan bentuk kaki, jadi usahakan memakai celana longgar yang ujungnya terbuat dari karet. Celana dengan model tersebut tidak akan terangkat ketika berenang, jadi akan sangat nyaman dan leluasa.

Pilih Warna Gelap

Memilih warna baju renang syar’i juga penting untuk muslimah, untuk itu usahakan selalu pilih warna yang gelap. Karena warna yang gelap memang bisa menyamarkan bentuk tubuh, jadi aurat tetap tidak diperlihatkan. Memilih warna cerah juga tidak salah, dengan cetatan baju renang tersebut tidak ketat.

Rekomendasi Baju Renang untuk Muslimah

pxhere.com

Sporte SR-11

Bagi muslimah yang hobi berenang, baju renang syar’i ini wajib dimiliki karena kualitas bahannya yang premium. Selain itu produk ini tentu menutupi aurat dengan dan disertai rompi dada yang longgar dan tidak ketat. Ada juga penutup kepala senada yang bisa membungkus rambut dengan baik.

Edora EMP-002

Jika produk sebelumnya menggunakan rompi untuk menutupi dada, maka produk dari Edora ini menggunakan balero. Stelan baju renang ini longgar dan tidak ketat jadi jangan khawatir bentuk tubuh akan terekspos.

Tiento Black Pink Swimwear

Tiento Black Pink Swimwear bisa digunakan untuk berenang di kolam renang atau diving dan snorkeling di laut. Baju renang untuk muslimah ini didesain sporty dan casual, namun tidak melupakan fungsi aslinya yaitu untuk menutupi aurat wanita.

Demikianlah tips-tips memilih baju renang syar’i untuk muslimah yang nyaman namun tetap sesuai dengan syariat. Pastikan, ketika berenang Anda mengenakan pakaian yang syar’i karena anjuran agama tetap harus diutamakan. Produk baju renang muslim kini bisa dengan mudah Anda dapatkan dan menjadi andalan untuk outfit

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *