Mengenal Doordash, Aplikasi Pemesanan Makanan Online

Generasi milenial zaman sekarang sangat dekat dengan istilah mager atau malas gerak yang membuat mereka lebih senang sesuatu yang praktis. Kebiasaan ini membuat layanan jasa online menjadi semakin berkembang. Kita pasti sudah sering melihat sendiri bagaimana antrean di resto penuh dengan pengemudi dari aplikasi jasa online. Mereka sedang memesankan makanan orderan para konsumen.

Bagi beberapa orang memesan makanan secara online melalui aplikasi jauh lebih mudah dan praktis. Orang tidak harus stres menahan lapar di jalan karena terhalang macet pada jam tertentu. Tinggal ambil ponsel, buka aplikasi, pesan makanan dan tinggal duduk manis menunggu orderan datang. Tidak perlu capek di jalan, tidak perlu antri panjang. Menu dan resto yang tersedia juga beragam pilihan.

Di Indonesia sendiri kita mengenal setidaknya 2  perusahaan startup di bidang jasa tersebut yang terkenal. Padahal sebenarnya masih ada food delivery blog berupa aplikasi pemesanan makanan yang tidak kalah bagus pelayanannya. Salah satunya adalah DoorDash.

Berikut ini akan kita bahas lebih rinci tentang aplikasi pemesanan makanan bernama DoorDash tersebut.

Tentang Aplikasi Pemesanan Makanan DoorDash

Pendiri, Kantor Pusat dan Operasional

Aplikasi pemesanan makanan secara online DoorDash ini dibuat dan dikembangkan oleh 4 orang pada bulan Juni 2013. Keempat orang tersebut bernama Evan Moore, Stanley Tang, Tony Xu dan Andy Fang. Aplikasi jasa order makanan online tersebut berkantor pusat di kota San Francisco, California, Amerika Serikat. Hingga saat ini DoorDash telah mempunyai 7.549 orang karyawan dan sejumlah anak perusahaan.

DoorDash telah mengoperasikan layanan pemesanan makanan online di banyak kota Amerika Serikat. Total kota yang bisa dilayani DoorDash jumlahnya lebih dari 300 sekaligus memiliki jaringan restoran terluas di seluruh wilayah operasionalnya. Wilayah operasional DoorDash paling besar memang di Amerika Serikat dan Kanada.

Prinsip Kualitas dan Ketepatan Waktu

Semakin banyaknya startup yang bergerak di bidang sejenis membuat DoorDash terus berusaha menjadi pemenang di hati konsumen. Caranya adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan menjamin ketepatan waktu pengantaran makanan yang dipesan. DoorDash bahkan bisa melayani pemesanan makanan dengan alamat pengantaran di ruang publik seperti taman dan sejenisnya.

Fitur Pada Aplikasi DoorDash

Untuk memudahkan dalam melayani pengguna dan konsumennya DoorDash menyediakan fitur unggulan pada aplikasinya. Semua fitur tersebut bertujuan untuk memuaskan para penggunanya sehingga mau merekomendasikan pada kerabat atau sahabatnya. Sehingga nantinya bisa meraih jumlah pengguna yang semakin banyak.

Beberapa fitur andalan yang bisa ditemukan dalam aplikasi DoorDash adalah :

  • Pengantaran makanan tidak terbatas pada rumah atau kantor saja tetapi bisa juga di ruang terbuka publik. Contohnya seperti taman, alun-alun dan tempat sejenisnya.
  • Menyediakan layanan bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui pemesanan makanan.
  • Terhubung dengan program donasi Feeding America Charity.
  • Membantu pemilik usaha makanan skala kecil menengah untuk memasarkan produknya dengan biaya yang terjangkau.

Bukan hanya itu saja fakta menarik tentang layanan pemesanan makanan DoorDash. Beberapa fakta yang lainnya tidak kalah mengejutkan, yaitu sebagai berikut.

Fakta Menarik Lain Tentang DoorDash

Menerima Sumbangan Makanan dari Restoran

Salah satu perbedaan dari DoorDash dengan layanan serupa adalah proyek yang dinamakan DASH. Yaitu DoorDash Acts for Sustainability and Hunger yaitu semacam gerakan amal yang bekerjasama dengan Feeding America Charity. Program ini membantu restoran untuk menyalurkan makanan yang tidak terjual untuk disumbangkan pada mereka yang membutuhkan.

Restoran yang ingin ikut dalam proyek atau program ini harus melakukan beberapa hal. Restoran harus memfoto makanan yang akan disumbangkan terlebih dahulu lewat aplikasi MealConnect Feeding America. Lalu makanan akan dikumpulkan di semacam rumah singgah kemudian akan dibagikan oleh DoorDash.

Beragam Moda Transportasi Digunakan

Demi memenuhi permintaan dan melayani pelanggan dengan baik, DoorDash tidak hanya mengandalkan alat transportasi tertentu saja. Agar order makanan yang dipesan bisa lebih cepat sampai ke tangan konsumen DoorDash menggunakan beragam transportasi.

Pengantar DoorDash bisa memakai sepeda pancal, sepeda motor ataupun mobil untuk mengantarkan makanan kepada pemesannya. Semua model transportasi yang dipergunakan sifatnya fleksibel disesuaikan dengan kondisi dan alamat pengantaran. Ini yang membuat pengantaran makanan DoorDash bisa tepat waktu.

Membantu Pengembangan Usaha Lokal

Kelebihan DoorDash yang lainnya adalah kesediaannya menggandeng usaha kuliner lokal skala kecil dan menengah. Mereka bisa menggunakan website atau aplikasi DoorDash untuk mengenalkan makanannya dengan biaya yang terjangkau. Ini tentu saja merupakan sebuah media promosi yang cukup efektif.

 

 

 

 

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *