Kapan Menggunakan Baju Batik Paling Tepat

Pakaian batik saat ini sedang banyak digemari para masyarakat, tidak hanya kalangan tua saja namun untuk kalangan dewasa dan anak muda pun juga banyak yang mengenakan pakaian batik.

Apabila batik dipadukan dengan fashion yang lainnya dengan gaya yang tepat tentu akan menghasilkan kesan yang keren dan stylish. Terlebih lagi batik yang ada di pasaran memiliki banyak pilihan yang sangat beragam.

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa model pakaian batik di zaman modern ini sangatlah beragam dengan gaya yang lebih modern dan mengikuti perkembangan zaman.

Hal ini dikarenakan pakaian batik tidak hanya dikenakan saat acara formal atau resmi saja, melainkan untuk beberapa acara non-formal sudah banyak yang menggunakan pakaian batik. Misalnya seperti dikenakan saat kuliah, saat jalan-jalan maupun lainnya.

Kapan Menggunakan Baju Batik

pixabay.com

Kapan menggunakan baju batik? Untuk mengenakan baju batik dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun, karena kostum batik dapat disesuaikan untuk menghadiri berbagai jenis acara asalkan Anda mengenakan dengan model yang tepat.

Namun kebanyakan pakaian batik digunakan saat menghadiri acara-acara resmi atau formal misalnya seperti menghadiri acara pernikahan, menghadiri rapat dan kegiatan yang lainnya.

Pada dasarnya untuk desain baju batik memiliki model yang hampir sama, namun hal lain yang membuat baju batik berbeda yaitu pada model batik, kualitas dan coraknya.

Batik tidak hanya banyak dikenakan oleh para pria saja, akan tetapi para wanita pun juga sudah banyak yang mengenakan batik karena mengingat bahwa model batik yang dijumpai di pasaran atau di pabrik batik sangat beragam.

Meskipun zaman dahulu batik memberikan kesan yang lebih tua, namun hal ini berbeda di zaman sekarang ini, karena batik menyuguhkan berbagai jenis model dan desain yang dapat dipilih untuk semua kalangan, terutama untuk kalangan anak muda yang selalu ingin tampil keren dan menawan.  Sebab itu batik dari tahun ke tahun semakin meningkat dan banyak diminati oleh masyarakat.

Keunggulan Batik dibanding Pakaian yang Lain

pixabay.com

Jika dibandingkan dengan jenis pakaian yang lainnya, baju batik memang menjadi salah satu jenis pakaian yang paling favorit. Hal ini bisa dibuktikan dari sekian banyaknya orang yang memiliki baju batik lebih dari 2 jenis.

Selain modelnya yang selalu berganti dari tahun ke tahun, ternyata batik juga dapat digunakan untuk berbagai acara. Ditambah lagi dengan perpaduan baju batik dengan kombinasi pakaian yang lainnya menjadi tampilannya semakin modern dan kekinian.

Namun ternyata tidak hanya itu saja, akan tetapi batik juga memiliki keunggulan lain yang menjadikan batik menjadi salah satu pakaian yang paling banyak diminati dibandingkan dengan jenis pakaian yang lainnya, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Memiliki banyak motif dan corak

Tentu Anda tahu bahwa batik memiliki keunggulan seperti pilihan corak dan motifnya yang sangat beragam. Dari sekian banyaknya pilihan motif dan corak inilah yang menjadikan baju batik tidak pernah terlihat basi.

Melalui banyaknya pilihan motif dan corak maka para masyarakat dapat melakukan pemilihan corak sesuai kebutuhan dan sesuai selera. Melihat hal ini maka menjadikan diri Anda dapat mengenakan pakaian batik kapanpun dan untuk segala jenis acara.

Mengingat bahwa batik merupakan warisan budaya negara Indonesia, dengan menghadirkan berbagai jenis motif dan corak batik menjadikan pakaian batik semakin banyak diminati. Hal ini berdampak batik tidak akan pernah punah di kehidupan masyarakat.

Terlebih lagi setiap daerah tentu mempunyai corak khas batik yang tidak sama. Sehingga Indonesia semakin kaya akan motif dan corak batik.

Memiliki nilai seni yang tinggi

Batik memiliki nilai seni yang sangat tinggi sehingga menjadikan batik sebagai salah satu jenis pakaian yang formal atau resmi. Tidak hanya itu saja, ternyata Anda juga akan menemukan banyak model pakaian batik casual yang bisa Anda kenakan ketika menghadiri acara non formal.

Melalui nilai seni yang dimiliki oleh batik tersebut membuat batik semakin banyak diincar oleh masyarakat, tidak hanya Indonesia saja melainkan para masyarakat mancanegara pun juga tertarik untuk memilikinya.

Cocok untuk segala usia

Pakaian batik dapat digunakan untuk segala jenis usia tanpa terkecuali baik itu untuk remaja, anak-anak bahkan hingga orang tua maupun dewasa sekalipun. Selain itu pakaian batik juga memiliki sifat unisex atau dapat dikenakan oleh wanita maupun pria.

Penggunaan pakaian batik juga mampu memberikan kesan yang sangat rapi dibandingkan dengan jenis pakaian yang lainnya. Sebab itu pakaian batik menjadi salah satu jenis pakaian yang paling banyak diminati.

Jika zaman dahulu batik memberikan kesan tua bagi siapa pun yang mengenakannya, namun sekarang batik memiliki model yang beragam sehingga tidak selalu memberikan kesan yang tua.

Terlebih lagi apabila Anda tepat dalam memadukan antara pakaian batik dengan kombinasi pakaian yang lainnya. Ditambah lagi dengan aksesoris yang tepat tentu akan memberikan kesan yang modern dan kekinian.

Batik menjadi budaya negara Indonesia yang harus dilestarikan sehingga hal ini membuat pakaian batik mengalami banyak perubahan dari tahun ke tahun. Lalu kapan menggunakan baju batik? Untuk penggunaan baju batik dapat dikenakan kapan pun dan untuk menghadiri acara apa pun.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *