Profil Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor merupakan daerah yang berapada di provinsi Jawa Barat. Kabupaten Bogor memiliki pusat pemerintahan di kecamatan Cibinong yang terletak disebelah utara Kota Bogr. Daerah ini berbatasan dengan kabupaten Tangerang dan juga Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi, dan Kota Depok, serta Kabupaten Bekasi , Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, serta Kabupaten Lebak. Kabupaten Bogor memiliki 40 kecamatan yang dibagi menjadi beberapa desa dan kelurahan.

Profil Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor memiliki luas sebesar 2.071,21 Km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 5.715.009 jiwa pada tahun 2017 lalu. Kabupaten Bogor memiliki beberapa suku yang menempati daerah tersebut yang diantaranya adalah suku Sunda, Suku Melayu, dan Suku Betawi.  Dalam hal agama, terdapat beberapa agama yang dipeluk oleh masyarakat Bogor diantaranya Islam, Kristen, Hindhu, Budha, Katolik, Kong Hu Cu, sertra beberapa aliran kepercayaan. Adapun beberapa bahasa yan digunakan oleh masyarakat Bogor meliputi bahasa Indonesia, Bahasa Sunda, Bahasa Betawi.  Kabupaten Bogor memiliki 40 kecamatan, 410 desa, 16 kelurahan, dan 1896 dusun.

Sejarah Kabupaten Bogor

Pada sekitar tahun 1700 an, masyarakat Bogor terdiri dari sembilan kelompok pemukiman yang kemudian digabungkan oleh Gubernur Baron Van Inhof menjadi sebuauh kesatuan masyarakat Kabupaten Bogor. Saat itu Bupati Demang Wartawangsa melakukan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas dari lingkungan hidup dan kesejahteraan rakyat yang berbasis pertanian yakni dengan menggali terusan sungai ciliwung ke cimahpar serta dari Naggewer hingga Kalibaru.

Tentang nama Bogor sendiri, terdapat beberapa pendapat yang menjadi latar belakang munculnya Kota Bogor yakni berasal dari Bahai atau Baqar yang artinya adalah sapi. Hal tersebut dikarenakan adanya bukti berupa patung sapi yang terletak di kebun raya Bogor. Sementara pendapat yang lain mengungkapkan bahwa Kata Bogor berasal dari kata Bokor yang memiliki arti tunggul pohon enau Hal tersebut didasarkan  pada alasan tersendiri yang telah diyakin kebenaran oleh setiap ahli. Sedangkan berdasarkan catatan sejarah, dijelaskan bahwa Bogor berasal dari sebuah dokumen yang di dalamnya tertulis Hoofd Van de Negorij Bogor yang artinya kepala kampung Bogor.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *