Tips Mudah Menyulap Ruang Tamu Menyenangkan

Ruangan terpenting dari rumah selain kamar tidur adalah ruang tamu. Umumnya ruang tamu merupakan ruangan pertama ketika kita menginjakkan kaki di dalam rumah. Ruang tamu dapat menggambarkan karakter pemiliknya. Oleh karena itu, untuk menatanya pun tidak dapat dilakukan sembarangan. Harus ditata senyaman dan semenyenangkan mungkin. Sehingga, ketika tamu berkunjung akan merasa betah.

Banyak hal yang perlu diperhatikan, agar selain nyaman dan menyenangkan ruang tamu juga terkesan luas dan terlihat lapang. Misalnya dengan pemilihan warna cat tembok dan dekorasi interior yang tepat dan tidak terlalu banyak namun penting. Berikut merupakan beberapa tips mudah menyulap ruang tamu menyenangkan yang dapat Anda tiru.

Tips Menata Ruang Tamu Menyenangkan

pixabay.com

Pilih Sofa yang Sesuai dengan Ukuran Ruang Tamu

Saat membeli sofa untuk ditata di ruang tamu, utamakan ukuran sofa tersebut muat di ruang tamu. Pilihlah sofa-sofa yang minimalis yang memiliki bentuk sederhana. Selain itu, pilihlah warna yang pas dan padu padakan dengan meja dan lampu yang sederhana dan minimalis. Sehingga akan memberikan kesan yang luas dan terasa lapang.

Untuk memilih sofa sebagai tempat duduk, utamakan kenyamanan. Hal ini karena furnitur tidaklah digunakan sebagai pajangan saja. Namun juga akan dipergunakan dalam jangka waktu yang lama. Sofa yang nyaman akan membuat seseorang yang duduk menjadi nyaman dan betah. Sehingga, teman-teman Anda akan lebih tertarik untuk bermain ke rumah Anda.

Perabot yang Multifungsi

Perabot multifungsi merupakan solusi terbaik untuk menghias ruang tamu Anda. Misalnya pemilihan rak yang sekaligus dapat digunakan sebagai sekat ruang tamu Anda dengan ruang yang lain. Sehingga Anda tidak perlu membangun tembok atau triplek untuk menyekatnya. Pada rak ini Anda dapat menaruh hiasan-hiasan atau foto-foto keluarga Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tempat duduk yang didalamnya dapat difungsikan sebagai kotak untuk menyimpan berbagai peralatan. Atau dapat digunakan untuk menyimpan mainan anak-anak Anda. Kotak ini dapat digunakan sebagai pelengkap sofa atau bangku kaki. Sehingga dapat berfungsi ganda dan tentu saja akan menghemat tempat di ruang tamu Anda.

pixabay.com

Pemilihan Warna Cat Dinding

Pemilihan warna cat dinding juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Hindari warna-warna gelap karena akan terkesan suram dan tidak ceria. Sebaliknya pilihlah warna-warna yang terang dan netral. Misalnya warna putih, abu-abu muda, krem, kuning yang soft, pink baby, warna-warn pastel netral yang terang.

Untuk kombinasi warna, pilihlah warn-warna yang terang dan ceria sebagai aksen ruang tamu. Selain sebagai aksen juga akan menghilangkan kesan bosan karena hanya satu warna. Ruang tamu dengan warna yang cerah dan terkesan ceria akan memberikan kesan terang, nyaman dan menyenangkan.

Maksimalkan Fungsi Dinding

Untuk mendekorasi ruang tamu Anda, Anda juga dapat memaksimalkan fungsi dingin. Anda dapat memasang rak-rak layang minimali yang terkesan manis dan rapi pada sisi dinding ruang tamu Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan lampu dinding yang terbuat dari tembaga untuk kesan kemewahan. Untuk mendapatkan lampu dinding, sebaiknya belilah di tempat pengrajin tembaga, karena memiliki kesan unik.

And ajuga dapt menambahkan kotak display berpintu kaca untuk memajang koleksi buku atau majalah. Ataupun barang-barang unik Anda. Selain itu, Anda juga dapat memasang cermin pada sisi dinsing yang lain. Adanya cermin pada ruang tamu ini akan memberikan kesan luas dan lapang.

Menambah Karpet pada Lantai

Penambahan karpet pada lantai ruang tamu tidak hanya digunakan sebagai alas kaki saja. Namun penambahan karpet ini akan memberikan kesan lembut dan hangat di ruang tamu Anda. Selain itu, juga untuk melapisi lantai dari gesekan atau terjatuhnya benda-benda. Sehingga benda yang jatuh tidak mudah pecah dan juga tidak merusak lantai. Karpet ini juga dapat digunakan untuk duduk-duduk bersama di lantai.

Sehingga tidak langsung terkena lantai dan untuk mengurangi dingin yang langsung mengenai tubuh. Pilihlah lantai yang selaras dengan warna furnitur yang Anda gunakan dan cat dinding di ruang tamu Anda. Hal ini untuk memberikan kesan luas dan nyaman. Material karpet juga harus perlu diperhatikan. Pilihlah karpet yang lembut saat diinjak, sehingga membuat nyaman di kaki.

Untuk kesan alami pada ruang tamu Anda, Anda dapat menambahkan tanaman-tanaman hijau untuk mempermanis ruang tamu Anda. Selain itu Anda juga dapat menggunakan perabot berbahan alami. Penataan ruang tamu amat penting sebagai bagian dari rumah. Oleh karena itu, pilihlah material-material yang nyaman agar Anda pun merasa nyaman untuk duduk di ruang tamu Anda sendiri.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *