Begini Tips Stek Batang Ketela Pohon

Budidaya ketela pohon tergolong lebih mudah dibandingkan dengan tanaman yang lain. Meskipun begitu, jika tidak tepat dalam teknik budidayanya, hasil yang didapatkan pun tidak maksimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan cara penanaman yang tepat. Salah satu cara budidaya ketela pohon yang diterapkan adalah dengan cara melakukan stek pada batangnya. Berikut tips stek batang ketela pohon agar tumbuh baik.

Tips Stek Batang Ketela Pohon

  1. Pemilihan Bibit

Sebelum melakukan budidaya dengan cara stek ini, lakukan pemilihan bibit yang berkualitas. Untuk bibit yang berkualitas, pilihlah batang tanaman ketela pohon yang memiliki umur 10-12 tahun. Memiliki batang yang berukuran besar, memiliki mata tunas yang rapat dan terbebesa dari penyakit. Gunakan batang yang bagian tengah. Kemudian potong-potonglah dengan ukuran 20-30 cm dengan bagian bawah miring.

  1. Teknik Penanaman

Untuk mendapatkan tanaman dan hasil yang optimal, mulailah menanam pada saat musim hujan akan tiba. Jika terpaksa dan musim hujan tidak kunjung datang, maka rajin-rajinlah untuk menyiram. Karena bibit ketela yang baru ditanam mudah mati. Untuk menanamnya, masukkan batang sepanjang 1/3 bagian pohon dengan mata tunas menghadap ke atas. Kemudian padatkan tanah perlahan dan siram secara konsisten.

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *