4 Resep Sambel Mantap Pasti Nagih

Sambel merupakan salah satu pelengkap makanan masyarakat Indonesia. Sehingga, hampir setiap rumah selalu menyediakan makanan ini. Aneka macam sambel yang ada di Indonesia dipengarui oleh kekhasan masing-masing daerah. Setiap daerah memiliki sambel khas daerah tersebut. Rasa khas yang ada pada setiap sambel inilah yang membuat siapa saja yang mencicipinya akan ketagihan.

Rasa pedas yang khas pada sambel membuat sensasi pedas di mulut saat makan. Rasa pedas ini akan membuat kita tidak terasa sudah makan seberapa banyak. Selain itu, ketika makan dan tersedia sambel membuat makan kita menjadi lebih puas dibandingkan dengan tidak ada sambel. Kali ini tipsberbagi akan membagikan beberapa resep sambel khas Indonesia.

Resep Sambel Indonesia yang Menggugah Selera

  1. Sambel Petai

Petai merupakan tumbuhan yang tegolong dalam kacang-kacangan. Memiliki bau khas yang seringnya mengganggu orang lain. Namun, begitu banyak penggemar petai ini. untuk mengonsumsinya, petai dapat dimakan mentah sebagai lalapan, digoreng ataupun dibakar. Selain itu, petai juga dapat digunakan sebagai sambel yang menemani saat makan.

Cara membuatnya yaitu haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah. Tomat, terasi yang sudah digoreng, garam dan irisan gula merah hingga benar-benar halus. Kemudian bersihkan 2 hingga 3 tangkai bersih dan juga hilangkan kulit arinya. Tambahkan petai pada sambel dan aduk hingga rata. Sambel petai siap disajikan.

pexels.com
  1. Sambe Terasi

Sambel terasi merupakan salah satu sambel yang mudah sekali ditemukan di setiap rumah makan. Rasa khas dari aroma terasi udang inilah yang membangkitkan selera makan kita.

Cara membuatnya yang pertama adalah menyangrai terasi pada teflon atau wajan yang akan kita gunakan untuk menggoreng bahan-bahan sambel. Kemudian sisihkan terlebih dahulu. Potong-potong cabai merah dan cabe rawit kemudian goreng hingga setengah matang. Kemudian uleg kasar. Tambahkan terasi, gula dan garam sebagai sentuhan terakhir dan uleg hingga semua tercampur dengan rata.

  1. Sambel Tumpang

Sambel yang satu ini merupakan sambel khas kota Kediri. Dibuat dari tempe kemarin, sehingga akan menghasilkan aroma yang unik dibandingkan dengan kota yang kain. Sambel ini biasa dipadukan dengan nasi pecel yang dijual dipasaran.

Cara membuatnya yaitu kukus tempe hingga matang kemudian haluskan tempe yang sudah dikukus hingga benar-benar halus. Kemudian sisihkan. Selanjutnya yaitu menghaluskan bumbu-bumbu. Bumbu-bumbu yang digunakan pada sambel tumpang yaitu bawang putih, bawang merah, cabai besar merah, cabai rawit, kencur, kemiri. Gula dan garan. Sembari menghaluskan rebus air. Kemudian masukkan bumbu halus.

Bumbu halus yang sudah dimasukkan ke dalam air yang mendidih aduk hingga rata. Langkah berikutnya yaitu, tempe yang sudah dihaluskan dimasukkan ke dalam rebusan bumbu. Masukkan daun salam, kencur, jeruk dan lengkuas. Tambahkan santan, gula dan garam untuk mendapatkan rasa yang mantap. Masak pelan-pelan kemudian tutup pancinya hingga santan menyusut. Sambel siap disajikan.

unsplash.com
  1. Sambel Bajak

Sambel bajak merupakan sambel khas Jawa Timuran. Rasa khasnya yang ditambah dengan rempah-rempah khas Indonesia membuatnya semakin nagih. Sambel ini cocok untuk dipadukan dengan sayuran lalapan, ayam goreng, ikan goreng bahkan bebek goreng. Tidak hanya sensasi pedasnya yang bikin nikmat makanan, namun juga perpaduan manis, asin dan gurihnya yang membuat santap makan semakin lezat.

Resep sambel bajak dibedakan 2 macam, yaitu bahan utama dan bahan pelengkap. Bahan utama yaitu 7 butir bawang merah, 10 siung bawang putih, 25 buah cabai rawit, 6 buah cabe merah besar, 3 buah tomat yang berukuran sedang, 2 sdm terasi sangrai, 1 ruas jari lengkuas yang dimemarkan, gula meras 1 sdt dan garam.

Sedangkan untuk bahan pelengkap yaitu 5 butir bawang merah, 7 siung bawang putih, 1 sdm air asam, 1 batang serai dimemarkan dan 1 lembar daun salam. Cincang bawang merah dan bawang putih dalam bahan pelengkap dan sisihkan. Tumis bawang merah dan bawang putih cincang bersama dengan lengkuas dan serai hingga wangi. Kemudian bahan-bahan utama dihaluskan dan tambahkan ke tumisan. Aduk rata.

Tambahkan air asam, garam dan gula lalu adik hingga merata dan koreksi rasa. Jika kurang asin atau kurang manis bisa ditambahkan garam ataupun gula. Untuk penyuka masakan yang diberikan penyedap, bisa ditambahkan penyedap juga.

Itulah beberapa resep sambel mantap khas nusantara yang dapat dicoba di rumah untuk melengkapi menu makan Anda. Sambel-sambel tersebut pasti bikin makan Anda semakin semangat.

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *