Yuk Intip Hal Yang Membuat Pernikahan Mahal

Sebuah pesta pernikahan, akan selalu dikenang sepanjang masa oleh kedua insan yang tengah dimabuk cinta. Ketika mendengar kata menikah, umumnya tidak jauh dari membayangkan sebuah acara mewah di sebuah gedung dengan dekorasi cantik nan menawan. Tanpa disadari, justru hal yang membuat pernikahan mahal tersebut banyak dikeluhkan. Tak perlu gengsi, berikut pemikiran yang bisa menyelamatkan isi kantong.

Mengubah Pemikiran Dasar  Tentang Menikah

  1. Inti Menikah Terletak Pada Akad

Terkadang sebagian orang melupakan bahwa, inti dari pernikahan itu sendiri terletak pada akadnya. Bermimpi menikah seperti di dalam imajinasinya, membuatnya terfokus untuk mikirkan bagaimana resepsi akan berjalan. Semakin meriah acara tersebut, diharapkan bisa menjadi momen yang tak terlupakan selamanya. Perlu diketahui bahwa, antara mewah dan spesial merupakan hal yang berbeda.

Menikah tentu saja menjadi momen yang spesial, lantaran menyatukan dua hati saling cinta untuk memulai bahtera rumah tangga. Namun acara spesial tersebut, tidak selalu dilaksanakan secara mewah. Sulit untuk membedakan keduanya, membuat sebagian orang terjebak di dalamnya. Masih banyak faktor yang bisa dikenang, meskipun momen membahagiakan tersebut diselenggarakan dengan sederhana.

Tanpa disadari,  menikah bukanlah sekedar menjadi hari yang ditunggu untuk menyatukan mempelai saja. Terdapat makna yang sangat mendalam, sehingga menjadikannya sebagai momen yang begitu mewah. Tahukah anda bila, kehadiran pasangan halal sudah menjadi bagian spesial di dalam hidupmu? Dengan pemikiran tersebut, hal yang membuat pernikahan mahal terbuang jauh dari otak anda.

  1. Diselenggarakan Secara Sederhana

Sekali dalam seumur hidup, menjadikannya patokan untuk menyelenggarakan nikahan secara mewah. Dengan alasan tersebut, sebagian dari mereka secara sukarela menguras dompet lebih dalam agar sesuai keinginannya. Bahkan tidak jarang diantaranya, meminta tambahan dana akibat terlalu banyaknya pengeluaran. Selain dianggap tidak mandiri, hal tersebut akan memberatkan orang lain.

Tidak ada salahnya untuk meminta pendapat dari kerabat yang telah menikah, mengenai pesta yang diselenggarakan secara mewah. Apakah mereka mendapatkan tambahan dari orang tua, ataukah dari upayanya sendiri. Sebab momen spesial tersebut akan semakin terkenang, ketika dana yang dikumpulkan dari hasil keringat sendiiri. Tidak tergantung kepada orang tua, anda sudah termasuk anak yang dianggap telah siap menikah secara finansial.

Terdapat kebanggan tersendiri, ketika berhasil mencukupi segala dana untuk menikah dari hasil sendiri. Meski diselenggarakan secara sederhana, anda akan tetap bahagia dengan segala proses yang dijalani. Bahkan dari beberapa kasus, pasangan baru diketahui telah menabung dari jauh hari demi hari yang ditunggu. Tanpa membebankan orang lain, mereka telah berhasil menunjukkan sisi mandiri sejak sebelum memulai lembaran baru bersama.

pxhere.com
  1. Tidak Terpaku Dengan Gengsi

Hal yang membuat pernikahan mahal, kemungkinan besar muncul dari rasa gengsi dengan keluarga ataupun kerabat terdekat. Miliki nasib yang berbeda, anda tidak bisa menyama ratakan acara anda dengan orang lain. Terasa kurang bijak dilakukan, menandakan anda kurang memahami makna dari menikah yang sesungguhnya. Memaksakan serupa dengan acara milik orang lain, justru akan menyakiti diri sendiri.

Mungkin terbesit rasa iri, ketika melihat teman anda menyelenggarannya di sebuah gedung mewah dengan gaun yang cantik. Namun tidak ada salanya untuk menyelenggarakannya, dengan sederhana namun tetap terlihat istimewa. Tak perlu memaksakan diri untuk melakukannya, menandakan sisi kedewasaan menanggapi celetuk orang lain. Jadikan acara sederhana tersebut, nampak istimewa untuk dikenang selamanya.

  1. Setiap Orang yang Diundang Akan Tetap Datang

Menikah dengan acara yang sederhana, tidak jarang membuat anda menjadi minder. Perasaan malu yang dipendam, membuat anda merasa kebingungan untuk mengundang kerabat terdekat sekalipun. Memikirkan bagaimana pendapat mereka akan pesta yang diselenggarakan, hanya menjadi hal yang membuat pernikahan mahal sekaligus menambah beban pikiran saja. Justru mereka yang diundang, tidak akan terlalu peduli dengan semua itu.

Coba pikirkan kembali, alasan kenapa anda ingin mengundang mereka dalam acara anda. Ingin saling berbagi kebahagiaan di hari spesial, merupakan alasan kuat untuk tidak memikirkan pendapat mereka. Anda masih bisa saling membagi kebahagiaan, meski dengan acara yang mungkin jauh dari kata mewah. Sebagai teman yang baik, mereka akan memenuhi undangan anda tanpa melihat dimana acara akan berlangsung.

pxhere.com
  1. Gunakan Dana Lebih Untuk Membeli Rumah

Hanya berfokus pada hari menikah saja, menjadi sebuah kesalahan yang cukup fatal di beberapa kasus pasangan baru. Kurangnya memikirkan bagaimana nasib keduanya di masa depan, hanya menjadi penghambat kebahagiaan usai hari istimewa berlangsung. Sebab segala dana yang dimiliki, hanya dicurahkan pada acara resepsi tanpa menyisakan sedikitpun lembaran  untuk hidup di kemudian hari.

Pernakah anda dan pasangan memikirkan bahwa, investasi dalam bentuk rumah merupakan alternatif terbaik ? Sebab jika diperhitungkan kembali, semua dana yang dikumpulkan mulai dari acara pra nikah hingga acara resepsi mungkin sangat cukup untuk DP rumah bagi keluarga kecilnya kelak. Sehingga usai acara tersebut, anda sudah memiliki tempat tinggal layak bersama dengan pasangan tercinta. Dengan begitu, tidak ada hal yang membuat pernikahan mahal di pikiran.

  1. Investasikan Untuk Honeymoon

Perasaan kedua pasangan masih terasa manis manisnya, pada awal usai dinyatakan sah menikah. Itu sebabnya honeymoon, bisa menjadi momen istimewa lainnya yang bisa dilakukan berdua saja. Tidak terganggu dengan orang lain, seakan dunia telah dimiliki keduanya saja. Dengan honeymoon yang layak, berpengaruh besar untuk memfasitasi gairah cinta yang tengah meluap luap.

Berikan kenangan indah saat berdua, akan menjadi momen yang tersimpan sepanjang hayat. Ketika membicarakan momen indah tersebut, ada kalanya pasangan akan kembali tersipu dan mengenangnya kembali dalam ingatan masa masa indah. Tentu saja setiap pasangan ingin mendapatkan memori indah selama hidup bukan ? Untuk bisa mewujudkannya, tidak ada salahnya membagi dana lebih untuk honeymoon.

pxhere.com
  1. Alikan Anggaran Untuk Membeli Kebutuhan Masa Depan

Memulai lembaran baru, tidak selalu manis seperti yang dibayangkan selama ini. Anda harus benar benar mempersiapkannya dengan matang, untuk setiap kebutuhan masa depan agar lebih cerah. Meskipun terllihat masih lama dibutuhkan, namun seiring waktu hari tersebut akan datang juga tanpa dirasa. Kemampuan membagi anggaran, menjadi hal yang membuat pernikahan mahal tidak lagi terfikirkan.

Menyatukan dua insan saling cinta, menjadi momen bahagia untuk selalu dikenang. Ingin miliki acara spesial, tidak harus diselenggarakan secara mewah dengan dekorasi cantik di sebuah gedung megah. Hilangkan rasa gengsi, sangat membantu anda mengolah dana yang dimiliki untuk berbagai kebutuhan. Menyikapi dengan sikap dewasa, tidak akan ada lagi keluhan bila menikah membutuhkan biaya yang tinggi.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *