Sejarah dan Susunan Pengurus Partai Aceh

Partai? Wah! Membaca satu kata yang bertuliskan ‘Partai’ saja membawa pikiran kita melalang buana tentang politik, ya. Belum lagi politiknya sangat berhubungan dengan kampanye, pemilihan pemimpin, pemerintahan, serta rencana suatu wilayah ke depan. Jadi, artikel kali ini adalah mengenai partai, terutama Partai Aceh yang ada di daerah Aceh. Nah! Tahukah kamu mengnai Partai Aceh? Adalah salah satu Partai lokal yang sengaja didirikan di daerah Aceh. Ingin tahu mengenai penjelasan Partai Aceh? Simak penjelasan singkatnya pada poin-poin berikut!

1. Asal Muasal

Pada tahun 2009, sebuah partai yang didirikan di daerah Aceh ini merupakan bernama Partai Aceh, biasa disebuut Aceh Partu. Pada tahun itu pula Partai Aceh ini ikut serta dalam pemilihan Umum Legislatif. Pada mulanya, partai ini bernama GAM yang merupakan singkatan dari Gerakan Aceh Merdeka, hingga berubah nama lagi menjadi Partai Aceh Mandiri. Karena oleh beberapa sebab yang mengharuskan berdirinya sebuah Partai inilah mampu menjadikan Aceh sebagai wilayah yang terstruktur dan demokratis hingga kini.

2. Susunan Pengurus Partai Aceh

Dalam pemerintahannya, terdapat struktur pengurus partai Aceh, seperti kepengurusan meliputi, Majelis Tuha Peut, Majelis Tuha Lapan, dan Ketua partai. Nah! Pada Ketua partai ini dibagi lagi ke dalam beberapa kepengurusan yang merupakan sebutan dari Dewan Pimpinan Aceh dan terdiri dari Ketua Umum, sekretaris jendral, wakil sekretaris jendral, dan bendahara umum. Selain kepengurusan tersebut juga terbagi kembali dalam kepengurusan Departemen-departemen. Ada juga keanggotaan tang menelisik tentang lamanya jabatan.

Pada masa ke masa, partai politik Aceh ini selalu mengalami beberapa pergantian kepemimpinan secara detail. Bahkan dari zaman masih adanya pahlawan kita yang bernama Sayuti Melik oun turut andil dalam partai politik lokal ini.

Nah! Itulah beberapa penjelasan singkat tentang Partai Aceh yang merupakan Partai Politik di wilayah Aceh sendiri. Semoga sedikitnya informasi ini bisa menambah pengetahuanmu tentang Partai Aceh ya. Apa pun partainya, kita adalah satu nusa, satu bangsa, satu bahasa kita, rukun dalam negara Indonesia.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *