Cara Agar Toilet Nyaman Dan Bersih Dari Jamur

Toilet atau kamar mandi merupakan tempat di dalam rumah yang mempunyai tingkat kekotoran dan kelembapan tertinggi dibanding ruangan lain. Biasanya apabila jamur sudah berkembang biak di dalam toilet atau kamar mandi, pada saat kita memasuki ruangan tersebut akan merasakan bau yang kurang sedap dan menjadikan kita tidak betah berlama-lama di dalam toilet atau kamar mandi. Jamur merupakan salah satu dari berbagai gangguan yang menyebabkan ketidaknyamanan kita saat berada di dalam toilet. Untuk itu kita harus bisa membuat toilet kita nyaman dan bersih dari gangguan jamur.

Jenis Jamur Di Tolilet

Ada beberapa jenis jamur yang biasanya menempel di dinding toilet atau bak air yang berada di kamar mandi kita. Beberapa diantaranya adalah

Jamur Tembok Cladosporium

Jamur ini sangat mudah untuk di deteksi karena warnanya yang hijau dan juga sering tumbuh pada tembok dan juga bisa tumbuh di bawah karpet atau kain yang sudah tua, namun kita biasa melihatnya di tembok dengan kelembapan tinggi. Jamur ini sering muncul apabila kita masih menggunakan sumur, dan biasanya jamur ini akan ada di sekitar bagian bawah dari sumur kita.

Jamur dinding Pink Mold

Jamur pink mold sering tumbuh di sekitar kamar mandi, bentuknya berbintik-bintik dan menempel pada dinding atau keramik dinding kamar mandi. Sebenarnya ini bukan merupakan sejenis jamur namun ini merupakan bakteri yang memiliki nama Serratia Marcescens. Timbulnya bakteri ini biasanya karena adanya sisa-sisa sabun atau sampo yang ada di kamar mandi. Bahaya dari bakteri ini adalah bisa menyebabkan infeksi pernafasan.

pixabay.com

Cara Mencegah Jamur Berkembang Di Toilet

Oleh karena itu kita harus tahu cara kita membersihkannya dan juga menjaga agar toilet kita bisa menjadi tempat yang nyaman dan bersih. Kita bisa melakukan beberapa langkah mudah agar kita memiliki ruangan toilet yang nyaman dan bersih.

Kosongkan tempat sampah

Biasanya didalam kamar mandi atau toilet, kita menaruh tempat sampah untuk mempermudah membuang sampah yang kita pakai di dalam toilet. Apabila sampah sudah mulai menumpuk alangkah baiknya untuk segera membuang sampah yang ada didalamnya dan membersihkannya. Lebih baik lagi apabila secara rutin kita membersihkan tempat sampah tersebut walau sampah yang ada didalamnya belum penuh. Karena jika dibiarkan jamur akan dengan mudah berkembang biak didalam tempat sampah dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Sediakan sirkulasi udara

Sediakanlah ventilasi udara di dalam toilet agar sirkulasi udara didalam ruangan bisa berganti dengan baik, karena dengan adanya ventilasi udara membuat kelembapan didalam toilet bisa berkurang untuk mengurangi kemungkinan jamur berkembang biak.

Genteng tembus sinar

Apabila kita mempunyai toilet didalam ruangan, lebih baik apabila salah satu dari genteng yang berada di atas diganti dengan genteng yang bisa ditembus oleh sinar matahari, karena dengan adanya sinar matahari yang langsung masuk ke dalam toilet maka jamur tidak akan bisa berkembang biak, karena jamur tidak suka dengan cahaya matahari.

pixabay.com

Bersihkan toilet secara teratur

Kebersihan toilet menjadi kunci utama apabila kita menginginkan toilet yang nyaman dan bersih, dengan kita membersihkan toilet secara rutin maka jamur atau spora jamur tidak akan mudah untuk menempel pada dinding atau di daerah toilet.

Penggunaan exhaust fan

Kita harus bisa menjaga kelembapan dari toilet kita. Kita bisa menggunakan exhaust fan untuk membuat kelembapan dari toilet kita berkurang. Dengan berkurangnya kelembapan maka daerah makanan bagi jamur menjadi hamoir tidak ada.

Bersihkan bak air secara berkala

Apabila toilet atau kamar mandi kita mempunyai bak air, maka kita harus bisa secara rutin membersihkannya, kita bisa membersihkannya dengan cara menguras air yang ada didalam bak air dan membersihkannya denga cara digosok menggunakan cairan pembersih.

Bersihkan peralatan kebersihan

Selain dari kebersihan ruangan yang harus kita utamakan, kita juga harus segera membersihkan peralatan kebersihan kita setelah kita menggunakannya, karena bisa jadi spora atau jamur yang tersisa di peralatan kita malah akan berkembang di daerah atau ruangan lain dirumah kita.

pixabay.com

Menggunakan pewangi ruangan

Setelah kita membersihkan toilet, kita bisa menambahkan pengharum ruangan agar kita semakin nyaman berada di toilet atau kamar mandi.

Untuk membersihkan jamur yang sudah terlanjur berkembang kita bisa menggunakan beberapa bahan yang sudah tersedia di rumah kita seperti cuka, baking soda, atau pun bisa menggunakan bubuk kopi yang ditaruh didalam cawan kecil dan diletakan didalam toilet untuk menjaga kelembapan di dalam ruangan toilet.

Apabila toilet yang ada didalam rumah kita terserang jamur dan tidak segera kita bersihkan maka efek jangka panjangnya adalah tembok dari toilet akan menjadi cepat rapuh dan cat dinding akan mudah terkelupas. Selain dari fisik toilet yang bisa diserang kesehatan anggota keluarga kita juga bisa menjadi korban serangan jamur yang mengakibatkan infeksi saluran pernafasan, tentu saja kita tidak mau semuanya terjadi di rumah dan di keluarga kita.

Maka dari itu kita bisa melakukan langkah-langkah dia tas untuk mencegah timbulnya jamur dan membuat kita akan merasa nyaman ketika berada di dalam toilet atau kamar mandi.

Published by