4 Ciri-ciri Kelinci Hamil Muda

Pada saat ternak kelinci akan melewati tahap mengawinkan antara jantan dan betina. Usia yang ideal untuk proses ini adalah 6-8 bulan. Setelah itu, hewan ini akan hamil. Untuk mengetahui hamil atau tidak perlu mengetahui ciri-ciri kelinci hamil itu seperti apa, simak ulasannya.

Seputar Produktivitas Kelinci

Perlu diketahui jika kelinci merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki tingkat produksi cukup tinggi. Sehingga memberikan peluang besar untuk dijadikan ternak. Bahkan satu kali hamil bisa melahirkan sebanyak 5 hingga 15 anak kelinci.

Ciri-Ciri Kelinci Hamil Muda

  1. Menjadi Lebih Galak

Kelinci betina yang sedang hamil akan lebih sensitif dan menjadi sangat galak dari biasanya. Bahkan lebih agresif dibandingkan kelinci jantan. Maka dari itu perlu dipisahkan dengan yang jantan.

  1. Suka Menggali Tanah

Ketika kelinci betina sedang hamil sering kali terlihat merusak kandangnya sendiri. Setelah itu akan menggali tanah saat dikeluarkan dari dalam kandang. Kejadian ini merupakan bentuk alamiah untuk mempersiapkan kelahirannya.

  1. Perut Terlihat Buncit

Namanya juga sedang hamil berarti perutnya pasti akan terlihat menjadi buncit. Ketika diraba-raba perutnya akan terlihat semakin buncit ketika kehamilan berusia 17 hari.

  1. Mudah Merasa Lapar

Sama seperti manusia ketika sedang hamil kelinci juga mudah merasa lapar. Untuk itu pemilik harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Tujuannya supaya induk kelinci dan janinnya mendapatkan asupan nutrisi cukup sehingga berkembang biak dengan baik.

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *