Jangan Salah Pilih, Ikuti tips Memilih Ornamen Masjid Berikut

Seperti yang diketahui bahwa dalam merancang sebuah masjid tidak boleh didesain dengan model yang sebarangan. Biasanya pra arsitek ataupun pelaksanaan pembangunan masjid harus tetap mengikuti hal-hal yang terkandung dalam Al-Qur’an dan hadis sebagai agama tauhid. Salah satu hal yang juga perlu diperhatikan yaitu terkait dengan hiasan atau ornamen masjid yang ada di dalamnya.

Saat ini sudah banyak dijumpai ornamen atau hiasan masjid mulai dari lukisan dinding, patung dan lain sebagainya. Beberapa pendapat menyarankan bahwa untuk hiasan atau ornamen sebaiknya untuk diletakkan pada dinding bagian luarnya saja. Ornamen masjid bagian luar yang dimaksud di sini seperti kubah atau menara masjid. Bagaimana cara memiliki ornamen masjid yang berkualitas?

Tips Memilih Ornamen Masjid yang Berkualitas

pixabay.com

Beli dari Produsen Berkualitas

Saat Anda berencana untuk membeli ornamen masjid yang berkualitas, maka hal pertama yang Anda harus lakukan adalah memilih produsen yang terpercaya. Dalam hal ini Anda perlu mencari supplier atau produsen yang benar-benar berkompeten atau berpengalaman dalam bidangnya. Untuk mengetahui bagaimana kualitas produk yang dihasilkan supplier tersebut, maka Anda bisa melihat dari portofolionya.

Portfolio merupakan salah satu project yang pernah dikerjakan sebelumnya. Jika memang dari portofolio Anda yakin hasilnya memuaskan, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan supplier atau produsen tersebut.

Compare Hasil Pekerjaan

Sebelum memesan produk ornamen yang Anda butuhkan, disarankan untuk melihat terlebih dahulu proyek-proyek yang pernah dikerjakan oleh produsen tersebut. Nah dalam hal ini Anda bisa membandingkan antara produk dari produsen satu dengan produsen lainnya. Jadi pilihlah produsen yang memang mampu menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan Mudah Percaya Foto di Website

Sebagai konsumen yang pintar, jangan pernah mudah percaya dengan foto yang dipasang di website pembeli. Sekarang ini banyak dijumpai produsen yang memasang portofolio yang buka hasil dari proyek yang pernah dikerjakannya. Bisa jadi  proyek tersebut merupakan pekerjaan yang dikerjakan oleh produsen lainnya. Jadi solusi yang paling tepat, sebaiknya untuk datang langsung ke tempatnya.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berkunjung langsung ke tempatnya. Salah satu keuntungannya yaitu Anda bisa memilih ornamen atau hiasan sesuai dengan bujet dan kebutuhan. Dengan berkunjung ke tokonya bisa meminimalisir terjadinya kecurangan atau persaingan tidak sportif antar pembeli.

Tanyakan Kualitas Bahan

Perlu diketahui bahwa semakin bagus bahan yang digunakan untuk ornamen atau hiasan masjid, maka harga yang ditawarkan juga cenderung lebih mahal. Nah, jika Anda menemukan produsen yang menawarkan barang yang berkualitas dengan harga yang murah pastikan untuk lebih berhati-hati. Sebaiknya untuk melakukan survey terhadap produk yang akan Anda beli.

Jangan lupa untuk menanyakan kualitas bahan atau material yang digunakan untuk pembuatan ornamen tersebut. Jika Anda yakin bahwa bahan benar-benar berkualitas, maka silahkan untuk membelinya.

Tips Cerdas Menata Interior Masjid

pixabay.com

Tentukan Arah Kiblat Secara Akurat

Hal pertama yang wajib untuk diperhatikan ketika ingin menata interior masjid yaitu tentukan arah kiblat secara akurat. Dalam hal ini arah kiblat sangatlah penting peranannya karena menjadi penentu arah solat yang benar dan juga mempengaruhi zonasi. Perlu diketahui, mengatur zonasi dengan baik harus dilakukan agar bisa mengelompokkan ruangan seperti tempat sholat, zona suci dan lain sebagainya.

Membangun Kamar Mandi dengan Tepat

Selanjutnya tips yang perlu diperhatikan ketika melakukan penataan interior masjid yaitu membangun kamar mandi yang tepat. Dalam pembangunan dan juga penataan kamar mandi perlu memperhatikan kaidah syariat secara benar. Perlu diketahui bahwa kita dilarang untuk membangun closet menghadap arah kiblat, sehingga desain kamar mandi sebaiknya dipertimbangkan secara matang.

Memilih Ornamen yang Tepat

Satu lagi tips yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin melakukan penataan interior masjid yaitu memilih ornamen yang tepat. Seperti yang diketahui sekarang ini ada banyak sekali produsen yang menjual beragam ornamen masjid yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Dalam melakukan penataan dengan menggunakan ornamen ini sebaiknya memberikan unsur pendukung yang cocok dengan kondisi masjid. Beberapa ornamen yang bisa Anda pilih seperti penempatan karpet masjid, kaligrafi, rak kitab dan lain sebagainya.

Demikian ulasan tentang cara memilih ornamen masjid yang berkualitas dan tips menatanya. Nah, salah satu kebutuhan masjid yang juga perlu diperhatikan adalah karpet. Untuk memilih karpet masjid pastikan untuk tidak sebarangan. Pastikan untuk membelinya di toko karpet masjid yang berkualitas dan terpercaya. Dengan karpet yang bagus dan nyaman ibadah menjadi khusuk’ dan tenang.

 

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *