Cara Mengatasi Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

 

Menjaga kesehatan merupakan hal yang harus dilakukan oleh semua ibu hamil. Hal ini dilakukan agar masa kehamilan seperti apa yang diharapkan. Salah satu masalah yang banyak dialami oleh ibu hamil adalah menderita darah tinggi. Meskipun tidak selalu menimbulkan hal yang membahayakan, darah tinggi kemungkinan besar juga dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi ibu hamil yang tidak segera mengatasi masalah darah tingginya, resiko kehamilan seperti preeklampia dapat mereka alami. Untuk menghindari hal tersebut, ibu hamil dapat mengatasi tekanan darah dengan berbagai cara. Untuk mengetahui cara apa saja yang dapat mengatasi darah tinggi pada ibu hamil, simak ulasannya di bawah ini.

Untuk mengatasi darah tinggi, hal pertama yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan. Setiap bulan, ibu hamil harus melakukan pemeriksaan dokter secara rutin. Ibu hamil harus mengutarakan kondisinya dengan jelas dan meminta obat apa yang aman untuk dikonsumsi. Tanyakan pula pengaruh apa yang disebabkan oleh obat terhadap kesehatan janin. Ibu hamil juga harus selalu memantau kondisi tekanan darahnya dengan menggunakan alat bantu di rumah. Jika menemukan bahwa tekanan darah lebih tinggi daripada biasanya, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga berdampak pada tekanan darah yang dimilikinya. Setiap makanan yang diasup dapat meningkatkan tekanan darah tinggi jika tidak diperhatikan dengan seksama. Jika tidak ingin memiliki tekanan darah tinggi selama kehamilan, menghindari makanan yang mengandung garam tinggi menjadi hal penting yang perlu dilakukan. Tekanan darah tetap normal dapat terjadi dengan mengkonsumsi menu makanan yang sehat. Tekanan darah tinggi pada ibu hamil dapat dihindari dengan melakukan olahraga secara rutin. Perlu diketahui, ibu hamil yang tidak suka bergerak berkesempatan mengalami darah tinggi ketimbang ibu hamil yang gemar melakukan olahraga. Dengan berolahraga, sirkulasi darah berjalan dengan lancar sehingga stress dapat dihindari. Stress merupakan salah satu alasan yang membuat ibu hamil dapat menderita tekanan darah tinggi.

 

Published by