Belajar Teknik Kombinasi Warna Pada Desain Stiker

Pada saat desain stiker, kombinasi warna pada stiker sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya stiker merupakan media yang digunakan sebagai penjelas tentang nama, identitas, informasi, dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan bentuk dan ukuran stiker bisa berbeda-beda. Termasuk warna dan desain stiker itu sendiri. Hal ini berkaitan erat dengan tujuan fungsional dari stiker itu sendiri.

Kemudian dari segi penggunaannya, stiker umumnya digunakan untuk promosi, identitas kelompok atau organisasi tertentu, bahkan stiker dikatakan sebagai media kampanye politik paling efektif.

Artinya stiker ini bisa dikatakan sebagai salah satu media paling efektif untuk menyampaikan sebuah pesan. Apalagi bentuknya yang simpel dan menarik perhatian, bisa menjadi nilai tambah tersendiri untuk stiker.

Jadi tidak mengherankan jika di tengah kemajuan teknologi yang serba digital seperti sekarang ini, kebutuhan akan stiker masih terbilang cukup besar. Artinya masih banyak yang mengakui jika stiker adalah salah satu media promosi terbaik.

pexels.com

Mengenal Bentuk Stiker

Berbicara mengenai bentuk stiker, umumnya dibuat sesuai dengan pesanan. Bentuknya ada yang kotak, ada yang bulat, atau ada stiker yang dibuat dengan berbagai potongan yang hanya bisa dibuat dengan pisau pond.

Untuk saat ini, banyak sekali pengusaha cutting stiker. Artinya Anda bisa sesuka hati membuat stiker yang sesuai dengan keinginan. Selain itu dari segi bentuk pun banyak sekali pilihannya. Terkait dengan desain stiker pun bisa Anda pasrahkan ke sana.

Bahkan untuk tingkat teknologi yang sudah cangih, bentuk stiker bisa dibuat versi timbul. Dengan mengaplikasikan teknologi seperti ini, gambar yang dihasilkan akan tampak lebih nyata. Tapi memang secara harga menjadi lebih mahal.

Jenis Kertas Stiker Yang Biasa Digunakan

Jenis kertas stiker memiliki pengaruh besar terhadap kualitas stiker saat dicetak. Artinya semakin berkualitas jenis kertas yang digunakan, stiker yang dihasilkan akan semakin berkualitas. Kenapa demikian?

Hal ini dikarenakan pada setiap jenis kertas memiliki kegunaan, fungsi, dan kualitas yang berbeda-beda. Oleh sebab itu penting sekali untuk memperhatikannya secara lebih detail berkaitan dengan kebutuhan penggunaan dari stiker itu sendiri.

Berbicara mengenei jenis kertas yang digunakan untuk membuat stiker, beberapa kertas yang paling sering digunakan untuk membuat stiker adalah kertas vinyl, kertas yupo, kertas gold foil, kertas chrome, kertas bontax, kertas HVS, kertas orocal, dan kertas scotchlite.

pexels.com

Bermain Warna pada Desain Stiker

Bagaimana cara Anda saat memadu-padankan warna pada saat desain stiker. Artinya agar warna tersebut bisa serasi dan mampu menghasilkan stiker yang menarik. Berikut ini ada beberapa trik yang bisa Anda coba.

  1. Mengkombinasikan Tiga Warna Yang Bersebelahan

Teknik yang pertama ini lebih sering dikenal dengan istilah analogus. Dalam hal ini Anda diharuskan untuk memilih tiga warna pada roda warna yang saling bersebelahan.

Ternyata jika dikombinasikan dengan tepat, mampu menghasilkan efek harmonis yang enak dipandang mata. Misalnya saja hijau muda bisa dikombinasikan dengan oranye dan kuning.

  1. Mengkombinasikan Warna-Warna Yang Saling Berseberangan

Ternyata mengkombinasikan warna-warna yang saling berseberangan justru bisa menghasilkan tampilan stiker yang sangat menarik. Misalnya saja orange yellow dengan blue violet, kuning dengan ungu, dan lain sebagainya.

  1. Membentuk Sudut Siku 90 Derajat Pada Roda Warna

Artinya Anda mengkombinasikan warna-warna yang membentuk sudut siku 90 derajat pada roda warna. Misalnya saja seperti mengkombinasikan warna hijau dengan orange atau biru, biru tua dengan ungu tua atau violet red, dan lain sebagainya.

  1. Membentuk Tanda Plus (+) Pada Roda Warna

Cara selanjutnya adalah dengan mengkombinasikan warna yang membentuk tanda plus (+) pada roda warna. Permainan empat warna seperti ini mampu memperkaya kombinasi dan lebih meriah. Meskipun demikian, tidak ada warna yang terkesan paling menonjol. Misalnya saja mengkombinasikan warna blue violet dengan red, gren, dan orenge yellow.

pexels.com

Desain Stiker untuk Bisnis

Coba Anda perhatikan, kenapa stiker untuk bisnis kini sering mengangkat tema blue aesthetic?. Tentunya ini bukan kebetulan. Ada arti tersendiri kenapa kebanyakan memilih warna itu. Atau paling tidak ada unsur warna blue aesthetic pada stikernya.

Secara filosofis, warna biru malambangkan ketenangan, kepercayaan, keyakinan, dan keseriusan. Oleh sebab itu, biru dirasa warna yang paling terkait dengan bisnis. Pasalnya secara arti mampu membangkitkan rasa keseimbangan dan kecerdasan yang tenang.

Inilah kenapa warna biru cenderung menghiasi stiker atau logo sebuah perusahaan. Artinya tahu arti warna secara filosofis menjadi bagian yang sangat penting pada saat Anda ingin desain stiker.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *