Sudah Tahu 3 Jenis dan Harga Domba Paling Populer di Indonesia?

Memelihara domba untuk diternak merupakan salah satu pekerjaan yang banyak ditemui di Indonesia. Berbeda dari domba domba yang ada di luar negeri, domba yang umumnya diternak di Indonesia adalah jenis domba pedaging, yang bisa dijual terutama saat momen hari raya kurban atau Idul Adha. Jenis domba apa saja yang paling populer dan berapa harganya? Yuk simak harga domba yang paling banyak diminati berikut ini!

 

Harga 3 Jenis Domba  Yang Paling Unggul di Indonesia

 

  1. Domba Ekor Gemuk (DEG)

 

Domba Ekor Gemuk atau yang lebih dikenal dengan sebutan DEG ini, merupakan jenis domba lokal yang mempunyai ekor besar dan tebal. Domba yang juga disebut domba kibas ini banyak ditemukan di daerah Jawa Timur dan Sulawesi. Perawakannya sedikit lebih besar dibanding jenis lainnya, dengan warna bulu yang putih namun teksturnya sedikit kasar.

 

Domba jantan dan betina ekor gemuk pada umumnya tidak memiliki tanduk, atau ada pula jenis DEG yang bertanduk tapi ukuran tanduknya sangat kecil. Domba jenis ini bisa juga diternakkan di daerah yang cuacanya kering atau panas, karena daya tahan tubuhnya cukup kuat. Sebagaimana diberitakan oleh portal berita Harapan Rakyat, harga domba ekor gemuk yang beratnya sekitar 18 kg hingga 40 kg adalah Rp 1,7 juta hingga mencapai Rp 3 jutaan.

 

  1. Domba Garut

 

Domba bertanduk kuat ini sering ditemui pada pawai hias atau adu domba, terutama di daerah Garut Jawa Barat. Domba yang menjadi primadona priangan ini, lahir dari hasil kawin silang domba lokal, domba capstaad Afrika Selatan, dan domba merino Australia. Domba Garut yang perawakannya besar dan sehat, bisa dijual dengan harga yang fantastis mencapai 10 juta rupiah. Sedangkan harga jenis domba Garut yang termurah adalah sekitar Rp 2 jutaan tergantung berat tubuhnya.

 

  1. Domba Ekor Tipis

 

Berbeda dari jenis domba ekor gemuk yang ekornya tebal, domba ekor tipis berwarna putih dengan kantong mata hitam dan memiliki ekor yang kecil. Domba jenis ini paling banyak dikembangbiakkan di Jawa Barat dan Jawa Tengah, dan sangat mudah diternakkan. Harga domba ekor tipis yang spesies jantannya bertanduk melingkar ini, pada umumnya dijual dengan kisaran harga Rp 1,7 jutaan hingga Rp 3,5 jutaan tergantung besar bobot tubuhnya.

 

Jika anda ingin membudidayakan domba pedaging yang unggul, pilihlah satu dari ketiga rekomendasi tersebut karena sudah terbukti paling banyak diminati di Indonesia. Dengan menernakkan domba domba yang berkualitas, anda bisa meraup keuntungan yang fantastis terlebih jika memilih domba Garut yang paling kuat. Ketiga domba tersebut merupakan pilihan hewan kurban yang tepat untuk momen Idul Adha yang akan datang.

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *