Menjadi Fakta Sains, Yuk Mengenal Senjata Mematikan Pada Hewan Liar

Makhluk yang Tuhan ciptakan memang selalu menarik untuk diamati atau dilakukan penelitian. Begitu juga yang terjadi terhadap hewan yang ada di bumi. Selain dibekali dengan kelebihan, para hewan juga dibekali dengan senjata untuk bertahan dari serangan musuh. Berikut beberapa hewan yang dibekali dengan senjata mematikan pada hewan liar. Untuk lebih lengkapnya simak ulasannya berikut.

Senjata Pada Hewan Liar Yang Mematikan Untuk Tambah Wawasan

Tidak semua binatang dibekali dengan senjata yang terlihat mencolok di tubuhnya. Ada beberapa hewan yang justru tak terlihat bahaya namun ternyata mematikan. Tentunya hal ini berguna untuk mempertahankan diri dikerasnya hidup di alam bebas. Masing masing senjata juga memiliki fungsi khusus untuk membela dirinya. Seperti halnya senjata pada hewan hewan berikut ini.

  1. Burung Pithou Bertudung Dengan Bulunya yang Beracun

pexels.com

Spesies burung yang berasal dari Indonesia bagian timur yakni Papua ini memang terlihat indah dan mengemaskan. Sayangnya dilansir dari sumber harapan rakyat.com, burung  ini memiliki banyak racun yang berada di bulu bulunya dan juga kulitnya. Dimana bulu dan kulitnya ini tentu bisa mengenai tangan ketika seseorang memegangnya. Apabila racun ini mengenai mulut atau wajah maka akan menimbulkan sensasi terbakar.

Bahkan jika jumlahnya cukup banyak bisa hingga mati rasa pada bagian yang terkena racun. Fakta menarik pada burung ini pertama ditemukan oleh Jack Dumbacher. Dimana Jack merupakan seorang kuratir di Ornitology anda Mamalogy Departement di California Academy of Science. Dumbacher menemukan senjata mematikan pada hewan liar ini pada tahun 1990an. Bahkan ia juga merasakan efek dari senjata ini.

Burung cantik ini memanfaatkan senjatanya seperti halnya katak panah. Sehingga ketika menyentuh burung ini maka bisa mengalami gejala seperti alergi. Diperkirakan jika racun ini diperoleh dari kumbang mylerid yang beracun. Karena burung pithou Bertudung memangsa kumbang yang beracun ini sebagai makanannya.

  1. Ikan Batu Yang Memiliki Pisau Lipat

Ikan batu ini juga dikenal sebagai ikan yang paling pintar dalam berkamuflase. Karena ketika ikan batu ini menempel pada bebatuan maka tidak bisa dibedakan dengan mudah. Ikan yang hidup di Indo Pasifik ini juga menjadi salah satu hewan yang memiliki racun di lautan. Hanya saja racun yang dimiliki hewan ini tidaklah seberapa. Karena rupanya ikan batu juga memiliki senjata rahasia yang digunakan untuk melindungi dirinya dari predator.

Dikutip dari sumber harapan rakyat.com, ikan batu memiliki senjata rahasia berupa pisau lipat. Pisau tersebut tersimpan di bagian wajah ikan batu. Bukan seperti pisau lipat yang kerap kita temui, melainkan senjata mematikan pada hewan liar ini berupa tonjolan tulang yang letaknya tepat di bawah matanya. Keunikan senjata ini juga bisa dimunculkan seperti pisau lipat dan mengacungkan ke musuh yang menyerangnya. Bahkan ia juga dapat menahan pisau tersebut.

  1. Siput Kerucut Punya Harpun Yang Mematikan

Mengetahui fakta sains seperti ini, tak hanya bisa digunakan untuk menambah wawasan saja. Sebab anda juga bisa menghindarkan diri dari senjata senjata yang bisa mematikan tersebut. Apalagi beberapa hewan ini terlihat lucu dan tidak terlihat mengancam. Seperti halnya hewan imut dan terlihat lucu ini yaitu siput kerucut. Namun dibalik kelucuan dan keimutannya siput kerucut ini ternyata memiliki senjata berupa racun yang mematikan.

Hewan satu ini memiliki semacam selang yang terlihat seperti belalai gajah. Dimana selang ini berfungsi untuk menyedot makanan guna bertahan hidup. Sementara untuk harpun yang dimiliki hewan ini bentuknya seperti jarum. Nah, dari harpun inilah Senjata Mematikan Pada Hewan Liar ini nantinya akan dikeluarkan atau ditembakkan ke arah musuh. Apalagi kecepatan dari racun ini lebih cepat dari yang bisa dikenali oleh mata.

Fakta menariknya, siput ini akan melumpuhkan mangsa atau musuhnya dengan racun dari harpun tersebut. Apabila nanti sang lawan telah tidak berdaya, maka siput kerucut akan menjadikannya sebagai mangsa. Meskipun bentuknya kecil dan terlihat lucu, namun siput kerucut juga bisa memangsa hewan yang lebih besar. Bahkan hewan yang ukurannya lebih besar dari ukuran tubuh siput kerucut sendiri. Terdengar menyeramkan bukan?

  1. Ular Stiletto Dengan Gigitan Samping

pexels.com

Ular juga menjadi hewan yang banyak ditakuti karena memiliki bisa yang mematikan. Meskipun tetap ada ikan yang tidak mematikan sekalipun di gigit. Apalagi ular menjadi hewan yang bisa kapan saja ditemui dan muncul dengan tiba tiba. Ular sekelas cobra sudah akan membuat orang menjauh atau ketakutan. Ular jenis ini mungkin akan membuat anda akan semakin bergidik dan merasakan kengerian yang luar biasa.

Ular ini bernama Ular Stiletto ini dilansri dari harian rakyat.com merupakan ular yang hidup di daerah Afrika Timur dan juga di kawasan Timur Tengah. Dari segi bentuk tubuhnya ular ini tidak jauh berbeda dengan ular yang biasanya ditemui. Perbedaannya justru terletak pada senjata mematikan pada hewan liar satu ini. Bagaimana tidak ular ini akan membuka mulutnya dengan lebar ketika akan menggigit mangsanya ataupun musuhnya.

Selain itu ular stiletto juga memiliki sendi peluru yang berada di rahangnya. Dimana taring yang dimilikinya bisa berputar ke luar tanpa harus membuka mulutnya. Dengan taring ini tentunya melukai atau merobek mungsuhnya bukanlah hal yang sulit. Kemampuan ini berpeluang kuat untuk bisa membunung manusia. Untuk menangkapnya juga butuh cara khsusus agar tidak terluka atau menjadi korban dari keganasan ular ini.

Semakin hari semakin banyaknya penelitian dan penjelajahan, menjadi salah satu cara untuk mengetahui jika ular satu ini memiliki banyak spesies yang banyak. Ular stiletto mempunyai kebiasaan meringkuk dan menyembunyikan kepalanya di balik tubuhnya. Namun jika ia merasa terancam maka ia akan tetap mengeluarkan taring sampingnya. Inilah yang menjadikan ular stiletto menjadi hewan dengan senjata mematikan pada hewan liar.

Dengan mengetahui hewan hewan yang memiliki senjata mematiakn ini, tentu saja membuat kita menjadi lebih mawas diri. Terutama pada hewan yang terlihat tidak berbahaya ternyata mampu dan bisa untuk membunuh kita. Jika ingin mendapatkan fakta menarik seputar sains, anda bisa mengunjungi https://www.harapanrakyat.com/. Akan ada rubik khusus sains yang membahas banyak hal menarik lainnya.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *