Essential Oil untuk Bayi: Manfaat, Varian, dan Cara Penggunaan yang Tepat

 

Essential oil merupakan sejenis minyak yang mengandung ekstrak berbagai tumbuhan berwarna transparan. Penggunaan minyak essential diduga menghadirkan banyak manfaat sejak dahulu dan masih eksis hingga saat ini. Bahkan, sejumlah essential oil untuk bayi telah dihadirkan dengan beberapa sejumlah varian dan penggunaan yang tepat. Berikut selengkapnya.

Essential Oil untuk Bayi, Amankah?

Anda pasti sudah tahu bahwa bayi memiliki kondisi tubuh yang lebih sensitif dibandingkan orang dewasa. Pasalnya, pemberian essential oil untuk bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. American Association of Naturopathic Physicians tidak merekomendasikan minyak ini untuk bayi di bawah umur 3 bulan karena berbahaya.

Meski demikian, penggunaan essential oil untuk bayi berusia 6 bulan hingga 2-3 tahun nyatanya dapat menghadirkan manfaat besar. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih beberapa varian essential oil yang tepat. Begitu pula, pengaplikasian dengan benar perlu diperhatikan secara detail.

Manfaat Essential Oil untuk Bayi

Essential oil yang dihadirkan dalam bentuk minyak dengan harum semerbak memberikan aroma yang menenangkan. Hal ini dapat digunakan untuk memberikan efek tenang agar bayi cepat terlelap, menyehatkan saluran pernafasan, meningkatkan mood dan melancarkan pencernaan.

Tak hanya itu, penggunaan essential oil untuk bayi nyatanya bisa digunakan sebagai minyak pijat. Selain membantu proses pemijatan agar lebih mudah, essential oil dapat mendorong perkembangan tubuh bayi, mengurangi iritabilitas, memberikan kenyamanan dan mengurangi gangguan tidur.

Varian Essential Oil yang Aman bagi Bayi

Kondisi bayi yang sangat sensitif terhadap gangguan kesehatan membuat anda harus berhati-hati dalam memberikan proses perawatan. Pasalnya, beberapa varian essential oil seperti lavender, tea tree, eucalyptus, chamomile, sunflower, lemongrass dan mandarin sangat cocok untuk tubuh bayi.

Hal ini karena beberapa varian tersebut mampu menghadirkan harum yang lembut dan tidak terlalu menyengat. Tak ayal jika bayi yang menggunakan essential oil dengan varian yang cocok menjadi lebih sehat. Masalah kulit, masalah pernafasan dan masalah pencernaan dapat teratasi dengan sempurna.

Cara Penggunaan yang Tepat

Penggunaan essential oil untuk bayi pada dasarnya hampir memiliki kesamaan dengan penggunaan pada umumnya. Minyak ini dapat digunakan dengan cara dilarutkan maupun dihirup uapnya setelah diproses menggunakan diffuser. Meski demikian, penggunaan ini perlu dilakukan dengan hati-hati.

Umumnya, penggunaan minyak esensial yang dilarutkan diberikan pada bayi saat proses pemijatan maupun mandi. Penggunaan minyak untuk pijat dilakukan dengan cara meletakkan sedikit minyak di tangan, kemudian menggosokkan secara lembut ke tubuh bayi. Begitu pula, penggunaan minyak ini dapat diteteskan pada air mandi yang akan digunakan.

Tips Aman Menggunakan Essential Oil untuk Bayi

Dalam menggunakan essential oil yang aman, beberapa hal perlu diingat dan diperhatikan. Langkah utama yang harus dilakukan adalah memperhatikan usia bayi anda. Kemudian, anda perlu memeriksa label kemasan produk yang berkualitas. Penggunaan essential oil dengan campuran alkohol dan wewangian sintetis tidak direkomendasikan.

Jika anda sudah menemukan jenis essential oil yang sesuai dengan varian yang tepat, penggunaan minyak dapat dilakukan sesuai kebutuhan. Lazimnya, penggunaan untuk pijat perlu diencerkan terlebih dahulu. Anda sebaiknya mengoleskan minyak sedikit demi sedikit mulai dari bagian kaki dan lengan. Pastikan penggunaan essential oil untuk bayi tidak menimbulkan reaksi alergi.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui terkait essential oil untuk si kecil mulai dari manfaat, varian dan cara penggunaannya. Pasalnya, anda perlu memberikan perawatan secara hati-hati karena tubuh bayi sangat rentan terhadap gangguan Kesehatan. Anda bahkan bisa mengulik informasi terkait essential oil secara mendalam melalui laman web SenseYourDay.

Published by