Yuk Kenali Jenis Jenis Produk Kosmetik yang Cocok Untuk Remaja

 

Masa remaja sering disebut juga sebagai masa perubahan, baik dilihat dari segi fisik maupun segi psikisnya. Di masa ini juga kerap kali seorang remaja memiliki keinginan yang tinggi untuk terlihat cantik di depan semua orang. Daripada melarangnya, ada baiknya untuk mengenal jenis jenis produk kosmetik yang bisa digunakan sehari hari. Berikut informasi lengkapnya.

Beragam Jenis Dari Produk Kosmetik yang Bisa Digunakan Remaja.

  1. Moisturizer

Moisturizer merupakan pelembab yang konsistensinya memiliki tekstur yang lebih kental seperti krim maupun gel.  Jenis produk yang satu ini bekerja untuk menahan kelembaban pada area wajah. Kandungan yang ada dalam moisturiser juga dapat mencegah agar kelembaban alami yang tersisa di kulit tidak hilang dan menguap begitu saja.

Jadi singkatnya moisturizer ini berguna untuk mempertahankan kelembaban alami pada kulit, bukan sebagai cara untuk menambah kadar airnya agar tetap lembab. Meskipun begitu, moisturizer tidak hanya bermanfaat untuk mereka yang memiliki kulit kering saja, tetapi juga bisa digunakan oleh orang orang yang memiliki tipe kulit lainnya.

Penggunaan moisturizer untuk remaja pun sangat dianjurkan, karena produk ini diklaim dapat menjaga kulit menjadi lebih awet muda. Alasannya, saat kulit lembab maka secara tidak langsung kulit akan menjadi lebih kenyal dan kencang. Dengan begitu, maka kulit yang lembab mampu memperlambat munculnya tanda tanda penuaan pada wajah.

Manfaat lain dari penggunaan jenis kosmetik yang satu ini, yaitu  untuk melindungi kulit dari dampak buruk lingkungan. Saat anda berada di cuaca dingin, secara tidak langsung kulit jadi lebih kering dan mengalami pecah pecah. Hal ini disebabkan karena saat suhu tubuh dingin, maka tubuh juga akan menciptakan panas.

Dari kondisi inilah yang nantinya akan membuat pembuluh darah menyempit, alhasil kulit pun tidak mendapatkan kelembaban yang dibutuhkan lalu berubah menjadi lebih kering. Itulah mengapa penggunaan moisturizer memiliki fungsi yang sangat penting untuk melembabkan saat anda berada di segala suhu ruangan, termasuk ruang dingin.

  1. Bedak

Penggunaan bedak kerap kali difungsikan sebagai kosmetik yang berguna untuk mempercantik muka ataupun sebagai obat kulit. Di samping  itu, bedak juga dapat membantu remaja untuk memberikan rona pada wajah dan juga percantik penampilannya. Beberapa bedak yang mengandung tabir surya pun diketahui mampu mengurangi terjadinya kerusakan kulit yang diakibatkan dari matahari.

Saat ini, bedak tidak hanya dikenal dalam satu jenis saja, melainkan terdiri dari berbagai macam bedak yang mana kegunaan masing masing jenis memiliki perbedaan dan ciri khasnya tersendiri. Salah satu macam bedak yang cocok digunakan oleh remaja yakni bedak tabur atau loose powder.

Alasannya karena bedak tabur memiliki tekstur yang cenderung lebih ringan dan biasanya juga dapat menampilkan hasil akhir yang terlihat natural. Khusus untuk anda yang memiliki kulit berminyak, menggunakan bedak tabur akan sangat dianjurkan. Sebab kehadiran bedak ini memiliki kelebihan untuk mudah menyerap minyak berlebih pada wajah serta menutupi pori pori wajah dengan optimal.

Jenis bedak lainnya yang mudah ditemukan di pasaran yakni bedak padat atau compact powder. Apabila dibandingkan dengan varian bedak tabur, jenis jenis produk kosmetik seperti compact powder terdapat partikel yang memiliki ukuran lebih kecil dan padat. Dengan begitu maka bedak akan mudah dibaurkan pada permukaan kulit wajah serta mampu menutupi pori pori dengan sempurna.

  1. Lip Balm

Pelembab bibir atau lip balm saat ini sudah banyak berkembang dan identik dengan industri kosmetik seperti Maklon kosmetik. Jenis kosmetik bibir ini menawarkan sedikit warna dengan cakupan tipis hingga sedang dan juga sentuhan satin yang didesain untuk menambahkan kelembaban pada area bibir.

Umumnya lip balm ini mengandung vitamin E dan juga shea butter yang mampu untuk melembabkan. Maka tidak heran apabila lip balm yang merupakan salah satu dari ini dapat membetnuk lapisan baru di atas permukaan kulit untuk melindungi bibir dan juga menjaga kelembapannya agar selalu sehat secara optimal.

Di samping itu, saat ini sudah banyak pula lip balm yang di dalamnya kaya akan kandungan SPF. Mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu memperdulikan kandungan yang satu ini. Namun faktanya, tidak hanya tubuh dan permukaan wajah saja yang perlu dilindungi dari sinar matahari, tetapi bibir juga berhak mendapatkan perawatan tersebut.

Memilih produk lip balm yang mengandung minyak alpukat atau avocado oil juga merupakan solusi yang tepat. Mengapa? Sebab kandungan itulah yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi bibir dari terpaan radikal bebas. Jadi tidak salah apabila anda memilih produk pelembab bibir dengan proteksi ekstra untuk kesehatan bibir.

Apakah bibir anda memiliki warna yang gelap? Jika iya, anda bisa menggunakan lip balm kosmetik yang mampu menolong kondisi tersebut. Selain mampu untuk menjaga kelembaban dan kelembutan bibir, rangkaian kandungan ekstra dari lip balm juga dapat membantu anda untuk mengembalikan warna asli bibir.

  1. Lipstik

Lipstik adalah warna perona bibir yang tidak boleh tertinggal dalam penggunaannya setiap hari. Terlebih anda yang memiliki wajah cenderung pucat, menggunakan lipstik adalah solusi yang bisa diterapkan agar penampilan lebih segar. Kosmetik yang satu ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk wanita dewasa saja, tetapi juga berlaku untuk para wanita remaja.

Penggunaan lipstik juga tidak melulu untuk digunakan saat menghadiri acara resmi saja, tetapi bisa pula untuk menemani anda bepergian. Contohnya saat pergi ke sekolah,hangout ke mall, ataupun juga ke cafe saat bersama dengan teman teman ataupun saat kumpul bersama keluarga.

Agar pewarna bibir ini terlihat cocok untuk diwajah dan tidak terlalu mencolok, ada baiknya untuk anda memahami beberapa tips yang bisa diterapkan saat hendak memilih warna lipstik. Pertama yaitu dengan memilih warna yang netral yang mampu membuat warna terkesan natural dan lebih mendekati kepada warna bibir asli.

Tips berikutnya yaitu memilih tekstur lipstik yang paling tepat. Untuk lipstik dengan tekstur matte, secara tidak langsung akan perjelas garis garis halus pada bibir, alhasil penampilan wajah menjadi terlihat kurang segar. Bagi remaja, disarankan untuk memilih lipstik dengan jenis glossy atau satin yang dapat membuat bibir terlihat segar dan kenyal.

Namun sayangnya kekurangan dari lipstik glossy adalah tidak transfer proof. Dengan kata lain, lipstik glossy dapat mentransferkan warna pada alat makan saat anda sedang makan atau minum. Bahkan saat berbicara pun, lipstik glossy bisa lebih cepat pudar. Jadi bagi anda yang kurang senang dengan karakteristik lipstik seperti ini, baiknya untuk mencari tipe lainnya.

Tidak hanya dilihat dari segi negatifnya saja, tetapi lipstik glossy juga memiliki nilai plus yang menjadi idola banyak orang. Dimana lipstik glossy yang merupakan salah satu dari jenis jenis produk kosmetik  bibir ini memiliki tekstur dan kandungan bahan yang cocok untuk digunakan oleh semua jenis kulit bibir, baik itu yang sensitif maupun yang normal.

  1. Blush On

Blush on menjadi jenis kosmetik yang tidak boleh tertinggal dalam perihal mempercantik wajah. Fungsi utama dari blush on ini sebagai perona pipi agar menjadikan wajah terlihat lebih cantik dan juga fresh. Jenis blush on pun diciptakan dengan ragam yang berbeda, salah satunya yakni powder blush yang disajikan dalam bentuk compact dan loose berbentuk seperti bedak.

Blush on jenis ini memiliki formula yang sederhana, dan dapat memberikan hasil finish yang terlihat cukup natural. Selain itu, blush on powder juga mudah untuk di blend serta mampu untuk mengontrol minyak dengan baik. Namun sayangnya, produk perona wajah ini tidak memiliki ketahanan yang cukup lama dan warnanya pun bisa berubah seiring produk tersebut menyerap minyak di kulit wajah.

Jenis blush on berikutnya yaitu liquid blush yang disajikan dalam berbagai macam tampilan yang lucu dan unik. Mulai dari tampilan bentuk cream dengan formula agak tebal, hingga pada produk yang dikemas dalam bentuk pouch kecil ataupun stik yang mampu menggoda siapapun yang melihatnya.

Berbeda dengan blush powder, liquid blush ini memiliki bentuk seperti cream yang mampu menjaga kulit tetap terhidrasi. Dengan begitu, penggunaan jenis perona pipi dengan liquid blush akan sangat cocok digunakan untuk anda yang memiliki tipe kulit wajah yang cenderung lebih kering.

  1. Pensil Alis

Pensil alis merupakan produk kosmetik yang digunakan untuk menata dan juga memberikan warna pada alis. Sesuai dengan namanya, pensil alis yang merupakan jenis produk kosmetik ini berbentuk seperti pensil yang mudah untuk digunakan dalam memberikan warna maupun menebalkan warna asli alis.

Khusus untuk remaja pemula yang ingin berkenalan dengan kosmetik, ada baiknya untuk mengetahui cara tepat untuk memilih pensil alis agar terlihat mempesona. Cara pertama yakni dengan menyesuaikan warna pensil alis dengan warna kulit. Bagi anda yang memiliki warna kulit cenderung cerah, pensil alis dengan warna coklat mudah bisa membuat penampilan menjadi lebih alami.

Sementara untuk anda yang memiliki warna kulit medium, menggunakan pensil alis dengan warna hitam dengan sedikit warna kecoklatan bisa dijadikan pilihan tepat agar warna lebih terlihat menyatu dengan warna asli kulit. Cobalah berbagai varian warna pensil alis dan carilah dengan cermat sesuai dengan warna yang telah direkomendasikan.

Bagi remaja yang memiliki kulit sawo matang, sebaiknya menghindari penggunaan warna dengan nuansa merah kecoklatan. Sebaliknya, anda bisa memilih pensil alis dengan warna abu abu tua agar wajah terlihat lebih cerah. Dengan begitu, penampilan wajah akan semakin cantik dan mempesona.

Apabila anda sudah mendapatkan produk pensil alis yang tekstur warnanya pas, ada satu hal lagi yang tidak boleh luput, yakni berkaitan dengan cara penggunaannya. Untuk tampilan alis yang natural, baiknya untuk gunakan pensil alis dengan gerakan perlahan serta tekanan yang ringan dan lembut.

Dengan melakukan cara tersebut, secara tidak langsung anda akan mencegah warna alis yang terlalu tebal dan susah untuk di blend. Sebaliknya, warna alis akan menampilkan sisi natural dan cocok sebagai jenis jenis produk kosmetik sehari hari maupun untuk menghadiri acara penting seperti pernikahan dan lainnya.

Demikian ulasan lengkap seputar macam produk kosmetik untuk remaja. Tidak hanya membuat wajah semakin berseri, tapi juga secara tidak langsung dapat menyehatkan kulit wajah anda. Namun saat memutuskan untuk membeli produk, perhatikan juga tips pemilihannya agar cocok disandingkan dengan warna kulit asli.

 

Published by