Ilmu Dasar Cara Menanam Kunyit

Kunyit merupakan tanaman obat keluarga sekaligus rempah-rempah yang berasal dari kawasan Asia. Memiliki warna kuning yang khas, kunyit memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, kecantikan dan untuk menambah cita rasa suatu masakan. Banyaknya manfaat positif tersebut menjadikan tanaman kunyit banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Berikut adalah beberapa hal yang berkaitan dengan cara menanam kunyit yang wajib Anda ketahui.

Syarat Tumbuh Tanaman Kunyit

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menanam kunyit, ada baiknya Anda menyimak apa saja syarat tumbuh tanaman kunyit seperti penjelasan berikut.

1. Media Tanam

Hal yang harus diperhatikan pertama adalah media tanam. Perhatikan unsur kesuburan tanah untuk menghasilkan umbi yang melimpah. Usahakan sebelum menanam, cangkul terlebih dahulu media tersebut agar gembur.

2. Ketinggian Tempat

Pada dasarnya kunyit dapat tumbuh di dataran tinggi dan rendah. Namun, produksi akan melimpah ketika tanaman tersebut berada pada ketinggial 45 mdpl.

3. Iklim

Tanaman ini dapat tumbuh pada intensitas cahaya yang cukup. Untuk itu, perhatikan dengan baik kapasitas cahaya yang tersedia.

Cara Menanam Kunyit yang Wajib Diketahui Oleh Pemula

Berikut terdapat beberapa cara yang dapat Anda praktikkan untuk menanam tanaman kunyit.

1. Persiapan Bibit Tanaman Kunyit

Pertama Anda harus menyiapkan bibit dengan teliti. Pastikan umbi yang Anda pilih berkualitas agar tanaman mudah untuk tumbuh.

2. Penyediaan Media Tanam

Setelah itu, sediakan media tanam yang baik. Perhatikan beberapa syarat tumbuh dari tanaman kunyit yang sudah dijelaskan di muka.

3. Penyemaian Benih

Perlu Anda ketahui benih atau bibit dari tanaman kunyit berasal dari rizome atau rimpang. Jadi, pada tahapan ini Anda dapat menyemai benih di media tanam yang tersedia dengan cara mengubur rimpang tersebut. Anda dapat menaruh beberapa ruas dalam satu media yang tersedia.

4. Pemeliharaan Tanaman

Jika Anda sudah melewati setiap tahapan tersebut, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemeliharaan tanaman. Hal yang harus Anda lakukan adalah memeriksa syarat tumbuh tanaman dengan baik, serta melakukan penyiraman dan penyiangan. Lakukan setiap hari agar hasil panen Anda optimal.

 

Itu dia penjelasan rinci mengenai cara menanam kunyit yang wajib Anda ketahui. Setelah menyimak penjelasan tersebut, semoga Anda dapat memahami dan mempraktikkannya secara langsung untuk memperoleh pemahaman secara paripurna.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *