Ini Loh, Rangkaian Bahasa Mata Kucing yang Harus Kamu Tahu!

Pernahkan terbesit dalam benakmu jika kucing mengajakmu berkomunikasi menggunakan mata? Sebenarnya ada banyak cara kucing dalam berkomunikasi atau menujukkan perasaannya, seperti dengan menggerakkan ekor atau gerakan menjilat. Namun, kucing juga tidak jarang memperlihatkan apa yang dia rasakan melalui tatapan mata. Lalu, bagaimana sih arti dari bahasa mata kucing? Buat kamu yang suka pelihara kucing pasti sering menemukan kondisi-kondisi ini. Berikut ini beberapa bahasa mata kucing. Apabila pupilnya berbentuk celah, artinya kucing peliharaanmu sedang mengalami emosi yang kuat. Hal-hal yang berkaitan dengan emosi tidak selalu buruk kok. Emosi yang kuat ini kemungkinan bisa berupa sangat senang, sangat marah atau bisa juga sangat takut. Mata ini bisa kamu lihat ketika kucing mendapatkan cat food semangkuk penuh, atau ketika kamu mengenalkannya dengan kucing baru.

Selanjutnya, ketika mata kucing melebar itu artinya ia mempercayaimu sebagai orang yang ia sayang. Seekor kucing akan melebarkan matanya terhadap orang yang ia percayai. Jika kucingmu melakukan hal ini padamu, itu artinya dia sudah merasa nyaman. Ketika seekor kucing menatap kucing lain tanpa berkedip, itu artinya ia tengah memberi peringatan. Tatapan tanpa kedip ini dilakukan dari jauh. Cukup pasang mata tanpa kedip, kucing bisa memperingati atau melarang kucing lain untuk tidak mendekati cat food dari mangkuknya atau menempati wilayah kekuasaannya. Tatkala kucing menyipitkan matanya, hal ini memiliki arti bahwa si kucing sedang melakukan perlindungan terhadap dirinya sendiri. Keadaan ini biasanya terjadi ketika si kucing tengah berkelahi dengan kucing lain. Dengan mata yang disipitkan begitu, bertujuan untuk melindungi diri dari cakar lawan.

Pernah tidak, mendapati anak kucing dengan kelopak mata yang sayu? Dan tahu tidak, apa arti di balik tatapan itu? Ternyata, dengan mata yang sayu ini, sebenarnya tersimpan perkataan cium aku. Wah, kucing juga manja ya! Nah, saat kamu mendapati dia bermata sayu, cium saja. Kemudian kedipkan matamu. Ketika mata si kucing juga berkedip, itu artinya dia sayang dan nyaman dengan kamu.

Published by