Wajib Tahu, Sukses Jualan Mainan Anak Dimulai Dari Sini!

Jualan mainan anak tidak lekang oleh waktu. Bisnis ini masih sangat menjanjikan. Bahkan bisnis ini akan terus dicari untuk beberapa tahun kedepannya.

Mainan tidak bisa dilepaskan dari anak-anak. Anak-anak memiliki kecenderungan untuk bermain di masa kecilnya. Dan alat atau permainan sudah menjadi sarana yang biasanya dimanfaatkan untuk mengawal tumbuh kembangnya.

Namun harus dipahami bahwa trend mainan ini akan berbeda setiap masanya. Permainan baru akan selalu muncul. Dan ini harus dipahami supaya Anda tidak salah menentukan jenis mainan yang akan dijual nantinya.

Ketika Anda ingin menekuni bisnis ini, ada hal yang sebaiknya dipertimbangkan. Pertimbangan inilah yang akan memandu dalam meraih kesuksesan kedepannya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

pixabay.com

Menentukan Jenis Mainan

Jauh sebelum memutuskan untuk membuka usaha, riset pangsa pasar sangatlah menentukan. Riset ini akan berpengaruh pada dampak penjualan mainan itu sendiri. Yakni apakah akan mengalami penjualan yang pesat atau tidak.

Sebagai pebisnis, tentu saja Anda tidak ingin membuka usaha dengan hasil yang sia-sia. Minimal, Anda tidak ingin melihat bisnis berjalan sangat lambat. Karena ini akan mempengaruhi kinerja seperti munculnya rasa malas di tengah-tengah usaha.

Tidak mau mengalami kendala tersebut, langkah terbaik yang bisa Anda mulai adalah menentukan jenis mainan anak yang populer saat itu. Di sini, usahakan untuk riset dan mengelompokkannya ke dalam beberapa kategori.

Contohnya adalah memisahkannya ke dalam kategori mainan anak untuk usia tertentu. Kemudian, pisahkan jenis mainan yang edukatif, menunjang tumbuh kembang dan lain sebagainya.

Risetnya bisa dilakukan dengan terjun ke lapangan. Coba perhatikan prilaku pelanggan di toko mainan. Atau yang paling mudah adalah riset melalui platform yang ada di internet. Dari sini, Anda punya segudang informasi yang berguna untuk memahami kebutuhan pelanggan di sekitar.

Kalau sudah, putuskan saat itu juga. Kemudian jangan lupa untuk membuat laporan sederhana. Laporan ini dibuat terlebih dahulu agar Anda bisa langsung mengeksekusinya di lapangan. Bagi yang tidak mau ribet membuatnya, cukup manfaatkan aplikasi penjualan.

pixabay.com

Jualan Mainan Offline Dan Online

Setelah memperoleh jenis mainan, kini saatnya Anda take action. Lakukan pemasaran kepada pelanggan. Untuk medianya sendiri, Anda bisa melakukannya dengan dua cara. Yakni memasarkannya secara offline dan online.

Untuk jualan mainan anak secara offline, Anda masih bisa melakukannya meskipun tanpa toko fisik. Anda bisa mencobanya dengan berkeliling ke tempat-tempat yang ramai dengan anak-anak. Contohnya dekat dengan sekolahan, atau di pasar malam dan lain sebagainya.

Tetapi jika memiliki modal besar, usahakan untuk menyewa tempat atau membangunnya sendiri. Hanya saja, pastikan untuk memilih tempat yang strategis. Karena strategisnya tempat sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis.

Lalu bagaimana jika tidak memiliki modal dan tidak ingin berkeliling? Cara termudah adalah menjualnya secara online. Penjualan seperti ini terbilang sangat menjanjikan di era seperti sekarang.

Hampir seluruh masyarakat sudah melek dengan teknologi. Bahkan masyarakat tanah air sudah memiliki kebiasaan untuk transaksi secara online. Dengan kata lain, ada kesempatan lebih baik untuk mewujudkan bisnis mainan anak tersebut.

Untuk memasarkannya secara online, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform. Mulai dari media sosial, blog, sampai marketplace. Tinggal daftarkan diri Anda di masing-masing platform, upload barang dan tunggulah sampai pelanggan menawar atau membelinya.

Ketika jualan online sudah berjalan baik, saatnya Anda membuat toko fisik. Pembuatannya ini mencirikan adanya kemajuan. Dan ini akan menjadi titik balik dimana Anda mulai terbuka jalannya untuk meraih kesuksesan yang lebih besar.

pixabay.com

Variasikan Teknik Penjualan

Dalam bisnis jualan, usahakan agar Anda tidak monoton dalam menjual produk. Anda butuh inovasi ataupun metode yang bisa membuat pelanggan tertarik. Metode ini sudah banyak dilakukan, dan Anda cukup mengikutinya.

Beberapa metode penjualan yang bisa dicoba adalah penjualan secara kredit. Metode ini nyatanya tidak hanya digunakan oleh penjual barang dagangan dengan harga jual tinggi saja. Tapi beberapa produk dengan biaya kecil kadang mulai dijual dengan cara demikian.

Selain itu, ada juga metode diskon. Diskon ini nyatanya menjadi cara yang paling bagus untuk menarik minat pembeli. Kisaran harga jual yang lebih rendah dibanding hari-hari sebelumnya bisa membuat pembeli semakin termotivasi untuk membelinya. Bahkan pelanggan memiliki kecenderungan untuk menunggu momen tersebut.

Yang perlu diperhatikan, usahakan potongan harga tersebut lebih masuk akal. Maksudnya, diskon tersebut tidak berdampak pada kerugian.

Kesimpulannya, bisnis jualan akan berhasil jika dimulai dengan perencanaan yang baik. Ini bisa dimulai dari survey pasar, diakhiri dengan eksekusi dengan menggunakan metode penjualan yang bagus. Jadi, sudah siapkah Anda untuk jualan mainan anak saat ini?

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *